Latest News

Persiapan Mengolah Lahan Bunga Melati Untuk Budidaya

Persiapan mengolah lahan bunga melati untuk budidaya sangat disarankan. Pekerjaan persiapan lahan ini mesti dilakukan sehabis pembibitan stek melati atau sebelum  penanaman bibit melati. Adapun tahap pekerjaan yang harus dilalui yaitu sebagai berikut:

 Pekerjaan persiapan lahan ini mesti dilakukan sehabis  Persiapan Mengolah Lahan Bunga Melati untuk Budidaya

Pembukaan Lahan Bunga Melati


  1. Bersihkan lokasi kebun melati dari rumput liar atau gulma, pohon dan pohon yang tidak mempunyai kegunaan disingkirkan dari lokasi
  2. Olah tanah dengan cara di cangkul atau dibajak sedalam 30-40 cm sampai gembur, kemudian biarkan kering angin selama 15 hari
  3. Membuat bedengan selebar 100-120 cm, tinggi 30-40 cm dengan jarak antara bedeng 40–60 cm dan panjang diubahsuaikan dengan kondisi lahan.


Pengapuran lahan


Tanah dengan pH-nya masam sanggup diperbaiki melalui pengapuran, contohnya dengan kapur kalsit (CaCO3) dolomit {CaMg (CO3)2}, kapur bakar (Quick lime, CaO)/kapur hidrat (Slakked lime,{Ca(OH)2}. Fungsi/kegunaan pengapuran tanah masam yaitu untuk menaikkan pH tanah, serta untuk menambah unsur Ca dan Mg.


Pemupukan Lahan


Sebarkan pupuk sangkar di atas permukaan tanah, kemudian campur secara merata dengan lapisan tanah atas. Pupuk sangkar dimasukkan pada tiap lubang tanam sebanyak 1-3 kg. Dosis pupuk sangkar berkisar antara 10-30 ton/hektar. Lubang tanam dibentuk ukuran 40 x 40 x 40 cm dengan jarak antar lubang 100-150 cm. Penyiapan lahan sebaiknya dilakukan pada demam isu kemarau 1-2 bulan sebelum demam isu hujan.

Itulah langkah-langkah persiapan lahan budidaya bunga melati yang mesti dilakukan sebelum memulai penanaman hasil bibit stek yang sudah disiapkan sebelumnya.

0 Response to "Persiapan Mengolah Lahan Bunga Melati Untuk Budidaya"

Total Pageviews