Latest News

7 Tata Cara Menanam Bawang Daun Dan Perawatan Harian

Tata cara menanam bawang daun dan perawatan ini lanjutan dari cara pembibitan dan menyiapkan benih. Pekerjaan ini mayoritas oleh menyiapkan lahan tanam. Lahan untuk menanam bawang tergantung ketersediaan masing-masing petani, termasuk ukuran dan lokasi.

Perlu diketahui menanam bawang daun merupakan untuk memenuhi kebutuhan sayuran rumah tangga. Syarat tumbuh bawang daun sangat gampang sanggup pada tempat dataran tinggi maupun dataran rendah. Bawang sanggup tumbuh di hampir semua jenis tanah, yaitu pada tanah andosol, aluvial, latosol, regosol. Tumbuh pada lahan pertanian dengan ketinggian 250 hingga 1.500 m dpl. Syarat lain yaitu suhu udara antara 18 hingga 25 ºC, dengan PH tanah antara 6.5 - 7.5.

Lokasi tanam untuk bawang daun boleh ditutup plastik atau tidak. Tapi jikalau memungkinkan tutup dengan plastik biar lebih gampang dalam perawatan dan tidak gampang terkena serangan hama penyakit.

Bibit bawang daun sanggup didapat melalui tunas setek atau melalui tabur benih. Agar lebih terperinci dari mana bibit bawang didapat lihat goresan pena sebelumnya yang ini

baca juga: Cara Pembibitan Bawang Daun dan Persiapan Benih

Setelah itu lanjutkan dengan menanam di lahan yang sudah disiapkan, lebih tepatnya kurang lebih ibarat berikut.

Tata cara menanam bawang daun dan perawatan ini lanjutan dari  7 Tata Cara Menanam Bawang Daun dan Perawatan Harian

Cara Menanam Bawang Daun


  1. Persiapkan lahan dengan mencangkul seluruh area kurang lebih sedalam 30 cm.
  2. Setelah itu buat bedeng lebar 1 m, tinggi 30 cm, panjang boleh bebas sesuai kondisi area. Jarak antara bedeng 30 cm.
  3. Campur tanah bedeng dengan pupuk sangkar dengan perbandingan sebagai berikut, lahan 10 m x 10 m diberi pupuk sangkar 1 kuintal yang sudah kering. Untuk lokasi yang lebih luas dikalikan saja.
  4. Tutup seluruh area bedeng dengan plastik. Setelah itu lubangi plastik memakai kaleng bulat yang telah dipanaskan dengan jarak sesuai jarak tanam. Jarak tanam 20 cm x 25 cm. Catatan jikalau lahan tidak ditutup plastik juga tidak masalah.
  5. Tanam bawang daun pada setiap lubang dengan bibit yang telah disiapkan. Usahakan menanam bibit tegak lurus dengan dan padatkan dengan uruggan tanah.
  6. Jika memakai bibit setek tunas potong daun yang kepanjangan biar mengurangi penguapan.
  7. Setelah itu lakukan penyiraman.


catatan: menanam bawang daun memakai polyback juga sanggup dilakukan

Setelah akibat ditanam langkah penting selanjutnya ialah perawatan setiap hari, lihat berikut ini.

Perawatan Bawang Daun

Perawatan bawang daun harus dilakukan sehabis tanam, mencakup penyiraman, menyiang rumput, pendangiran dan di bumbun.

Penyiraman bawang daun sanggup dilakukan setiap hari sambil melihat kondisi. Jika kondisi normal tidak hujan penyiraman dilakukan pagi dan sore. Penyiraman pagi hari sebelum jam 10.00, penyiraman sore sehabis jam 16.00. Penyiraman dilakukan secara merata ke seluruh tanaman bawang hingga basah.

Penyiangan dilakukan dengan mencangkul bedeng sehabis tanaman tumbuh. Setelah itu dilakukan mendangir tanah dan pembubunan tanah. Pekerjaan ini sanggup dilakukan bersamaan. Waktu mencangkul, rumput ikut terangkat, jikalau ada yang tersisa dicabut memakai tangan. Menggemburkan tanah penting untuk dilakukan sambil membuang rumput. Membuang rumput mempunyai kegunaan untuk menghilangkan tanaman yang penghalang sekaligus membuang hama penyakit. Tambahkan tanah gembur ke pangkal tanaman biar bawang tumbuh lebih subur.

Demikian cara menanam bawang daun serta perawatan harian. Beri pupuk sehabis tanaman berumur tiga minggu. Dengan demikian mudah-mudahan akan sanggup panen maksimal.

0 Response to "7 Tata Cara Menanam Bawang Daun Dan Perawatan Harian"

Total Pageviews