Latest News

Cara Mengawetkan Telur Itik Pasca Panen

Kegiatan pasca panen telur itik yakni bagaiman cara mengawetkan. Dengan pengawetan maka nilai irit telur itik akan lebih usang dibanding kalau tidak melaksanakan pengawetan. Telur yang tidak diberi pengawetan hanya sanggup tahan selama 14 hari kalau disimpan pada temperatur ruangan bahkan akan segera membusuk.

 Dengan pengawetan maka nilai irit telur itik akan lebih usang dibanding kalau tidak mel Cara Mengawetkan Telur Itik Pasca Panen

Cara mengawetkan telur terdiri dari :


1. Pengawetan telur dengan air hangat. Pengawetan dengan air hangat merupakan pengawetan telur itik paling sederhana. Dengan cara ini telur sanggup bertahan selama 20 hari.

2. Pengawetan telur dengan daun jambu biji. Merendam telur dengan daun jambu biji sanggup mempertahankan mutu telur selama kurang lebih 1 bulan. Telur yang telah direndam akan berubah warna menjadi kecoklatan ibarat telur pindang.

3. Pengawetan telur dengan minyak kelapa. Pengawetan ini merupakan pengawetan praktis. Dengan cara ini warna kulit telur dan rasa tidak berubah.

4. Pengawetan telur dengan natrium silikat. Bahan pengawetan natrium silikat merupkan cairan kental, tidak berwarna, jernih, dan tidak berbau. Natirum silikat sanggup menutupi pori kulit telur sehingga telur kekal dan tahan usang sampai 1,5 bulan. Caranya yakni dengan merendam telur dalam larutan natrium silikat 10% selama satu bulan.

5 Pengawetan telur dengan garam dapur. Telur direndam dalam larutan garam dapur (NaCl) dengan konsentrasi 25-40% selama 3 minggu.

Demikian tadi tips mengawetkan telur, dengan demikian perjuangan budidaya Itik Petelur semakin baik dan berhasil, somoga sukses  

Bambang Suharno, Ir. dan Khairul Amri. Beternak itik secara intensif. Penerbit Penebar Swadaya. Tahun 1998 Redaksi Trubus. Beternak Itik CV. 2000-INA. Penerbit Penebar Swadaya. Tahun 1999 Prawoto; Peternak ternak itik. Desa Sitemu Kec. Taman Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah 52361 Proyek Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pedesaan – BAPPENAS Jl.Sunda Kelapa No. 7 Jakarta, Tel. 021 390 9829 , Fax. 021 390 9829 Kantor Menteri Negara Riset dan Teknologi, Deputi Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Iptek, Gedung II BPPT Lantai 6, Jl. M.H.Thamrin No. 8, Jakarta 10340, Indonesia, Tel. +62 21 316 9166 69, Fax. +62 21 310 1952, Situs Web: http://www.ristek.go.id
Sumber : Proyek Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pedesaan

0 Response to "Cara Mengawetkan Telur Itik Pasca Panen"

Total Pageviews