Latest News

Cara Sempurna Menghasilkan Belibis Potong Seragam

Cara menghasilkan angsa potong seragam pada ketika panen sangat terkait dengan bagaimana cara beternak angsa jantan yang tepat, sehingga dicapai berat dan bentuk diinginkan. Memperhatikan berat dan bentuk keseragaman itik akan gampang dari segi pemeliharaan dan pemasaran.

Hal demikian bisa didapat dimulai dari pembelian DOD atau pemilihan kalau di tetas sendiri.

Cara menghasilkan angsa potong seragam pada ketika panen sangat terkait dengan bagaimana car Cara Tepat Menghasilkan Bebek Potong Seragam

Petunjuk Mudah Menghasilkan Bebek Potong Seragam Saat Panen:


1. Tips membeli DOD seragam
Beli DOD berat dan bentuk tubuh seragam. Salah satu caranya dengan menjalin kerjasama dengan produsen DOD  terpercaya. Apabila membeli DOD jauh dari lokasi ternak maka perlu memperhatikan penanganan DOD ketika akan dikirim dan awal kedatangan dikandang kita.

Produsen bibit Bebek biasanya memberi perhiasan kecambah dalam box sebagai ganti minum selama perjalanan. Kecambah ialah sayuran yang banyak mengandung air dan tidak mengandung pestisida sehingga kondusif dikonsumsi anak itik. Segera sehabis DOD hingga di kandang, DOD diberi minuman ber-energi tinggi dan ber-elektrolit. Pemberian minum dilakukan dengan segera bertujuan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, sehingga kehilangan berat tubuh sanggup dicegah, sedangkan minuman ber-energi sebagai sumber tenaga baru.

Jika hal ini dilakukan, maka kehilangan berat tubuh sanggup dicegah dan DOD akan memiliki kesehatan  normal kembali. Terlambat penanganan ketika gres tiba sanggup terlihat dari berat DOD tidak seragam nantinya.

2. Pilih jenis angsa kelamin jantan
Secara umum dan sudah terbukti baik secara teori maupun praktek bahwa laju pertumbuhan Bebek jantan lebih cepat dari pada itik betina sehingga berat tubuh final pada umur panen akan berbeda. Oleh lantaran itu memelihara DOD untuk tujuan potong sebaiknya pilih satu jenis kelamin saja yaitu jantan. Hal ini tidak sulit lantaran produsen DOD itik telah menjual secara terpisah antara jantan dan betina. Memilih angsa jantan lebih menguntungkan lantaran harga DOD jantan lebih murah dari DOD betina.

3. Jumlah kawasan pakan dan minum memadai
Tidak bisa dipungkiri bahwa jumlah kawasan pakan dan minum ialah salah satu faktor pendukung menghasilkan Bebek potong seragam. Jumlah kawasan pakan dan kawasan air minum terlalu sedikit akan membuat itik saling berebut dalam memperoleh pakan dan minum. Ternak yang mayoritas akan dengan gampang menerima pakan dan minum sedang ternak yang kalah akan kesulitan. Biasanya peternak memberi kawasan pakan sebanyak 3-4 buah untuk 50 ekor. Begitu juga kebutuhan kawasan minum tidak jauh beda dengan jumlah kebutuhan kawasan pakan

4. Kepadatan sangkar yang baik
Kepadatan sangkar juga sanggup mempengaruhi keseragaman berat badan. Kandang terlalu padat mengakibatkan Itik tidak menerima pakan dan minum secara serentak. Kepadatan sangkar terlalu tinggi sanggup muncul stress dan prilaku dominasi pada sekelompok itik. Kepadatan sangkar 10-15 ekor/m2 untuk itik umur 5-6 ahad dianggap baik.

5. Pilih Bentuk pakan Itik Seragam
Selain duduk perkara kualitas dan kuantitas pakan,  keseragaman bentuk pakan mungkin sering terlupakan oleh peternak. Perlu diketahui bahwa pakan yang tercampur secara tidak merata sanggup mengakibatkan tidak seragam berat final angsa potong. Ada angsa kelebihan dalam mendapatkan zat gizi dan ada angsa kurang menerima  zat gizi. Karena mencampur pakan mungkin ada serpihan kaya akan zat gizi atau sebagian tidak. Untuk menghindari hal ini, lakukan pencampuran materi pakan secara merata.

6. Abnormalitas dan penyakit
Abnomalitas bibit bisa disebabkan oleh kelainan metabolik menyerupai defisiensi atau kelebihan zat gizi. Kelainan metabolisme sanggup mempengaruhi tingkat efisiensi dalam penggunaan pakan sehingga kuat pula pada laju pertumbuhan.

Abnormalitas menyerupai Itik yang mengalami kelainan kaki (pengkor), ia akan sulit mendapa pakan dan minum dan kekurangan zat gizi, sehingga pertumbuhan terhambat.

Kalau Itik terkena penyakit secara umum berakibat nafsu makan menurun sehingga terang akan kuat pada pertumbuhan. Kalau demikian maka langkah sempurna ialah variasi cara memperlakukan individu. Ternak yang terkena gangguan keganjilan atau penyakit pada sangkar tersendiri. Cara ini semoga kelak menerima itik potong seragam.

7. Pencahayaan merata
Ternak yang menerima tingkat cahaya berbeda akan berbeda pula tingkat pertumbuhannya. Tingkat pencahayaan berbeda akan kuat pada stimulasi pada glandula pituitari sehingga sanggup penyebab sebagian ternak mencapai remaja kelamin lebih awal atau lambat. Untuk mengatasi apabila pencahayaan kurang, cuaca mendung atau hujan maka sanggup dilakukan penambahan cahaya secara buatan.

8. Suhu sangkar merata
Suhu mempengaruhi pertumbuhan ternak. Pada ketika anak itik masih umur DOD maka anak itik masih memerlukan panas tambahan.  Maka perlu derma suhu pemanas buatan yang sempurna semoga bisa membuat suhu sangkar ideal. Sebagai pola anak itik yang menerima panas berlebihan, nafsu makan akan menjadi menurun sedangkan nafsu minum akan meningkat begitu pula sebaliknya. Demikian pula duduk perkara letak posisi kandang, serpihan sangkar terkena sinar matahari tidak gampang lembab.

Demikian cara jalan keluar dan penyebab tidak seragam angsa pada ketika umur potong. Sebagian besar penyebab berasal dari administrasi pemeliharaan, berujung pada berkurangnya laba atau menjadi salah satu lantaran kerugian, tapi kalau ini teratasi akan menerima laba berlipat.

baca juga: Untung Besar dari Usaha Budidaya Bebek.

Semoga sanggup membantu.

0 Response to "Cara Sempurna Menghasilkan Belibis Potong Seragam"

Total Pageviews