Latest News

Cara Panen Ikan Mas Biar Sanggup Hasil Maksimal

Agar panen ikan mas maksimal perlu mencermati dan menggetahui langkah langkah yang harus di kerjakan. Mulai dari persiapan panen hingga pada melaksanakan kemasan dan pemasaran. Panen ikan mas sanggup dibedakan menjadi 2 bab yakni panen benih ikan mas ini tentu saja sanggup dilakukan sehabis pemijahan, yang kedua panen ikan mas sehabis pembesaran.

Cara Panen Benih Ikan Mas

Benih ikan mas sanggup dipanen sehabis dipelihara selama 21 hari. Perkiraan panen sanggup mencapai 70-80% dengan ukuran benih antara 8-12 cm.

1. Persiapan panen benih ikan mas.
Sebelum melaksanakan panen benih ikan mas terlebih dahulu siapkan alat tangkap dan sarana lainnya. Beberapa alat tangkap dan sarana yang perlu disiapkan yakni keramba, baskom biasa, baskom lebar, seser halus, jaring atau hapa untuk penyimpanan benih sementara, saringan yang akan dipakai untuk mengeluarkan air dari kolam semoga benih ikan tidak terbawa arus juga kolam penampung berisi air higienis untuk menyimpan benih hasil panen.

2. Mulai Panen
Panen benih ikan mulai pagi hari antara jam 04.00–05.00, sebaiknya simpulan tidak lebih dari jam 09.00 pagi. Hal ini bertujuan untuk menghindari terik matahari yang sanggup mengganggu kesehatan benih ikan.

3. Tahap Panen Ikan Mas
Pertama dengan mengurangi air kolam pendederan jam04.00 atau 05.00 pagi dilakukan perlahan-lahan semoga ikan tidak stres jawaban tekanan air berubah secara mendadak. Setelah air surut benih mulai ditangkap dengan seser halus atau jaring kemudian tampung dalam baskom atau keramba

Sebelumnya dasar kolam pendederan sudah dirancang miring dan ada akses di tengah kolam, selain itu pada dasar kolam tersedia area lebih dalam dengan ukuran 1-2 meter persegi sehingga ketika air menyurut, benih ikan akan mengumpul di bab kolam dalam. Benih ikan kemudian ditangkap hingga habis dan tidak ada yang ketinggalan selanjutnya benih ikan mas isimpan dalam kolam penampungan.

4. Cara Hitung Hasil Panen Benih Ikan Mas
Cara mengetahui jumlah hasil panen benih ikan mas dalam kolam penyimpanan sebebelum dipasarkan yakni dengan menggunakan dosis sanggup menggunakan sendok atau kebul untuk larva dan menggunakan cawan untuk menghitung putihan. Untuk ukuran glondongan di hitung per ekor.

5. Kemasan Benih Ikan Menggunakan Kantong Plastik

  • Masukan air higienis ke dalam kantong plastik sehabis itu benih.
  • Hilangkan udara dengan cara menekan kantong plastik ke permukaan air.
  • Beri oksigen dari tabung alirkan ke kantong plastik sebanyak 2/3 volume keseluruhan rongga (air:oksigen=1:2).
  • Ikat rapat kantong plastik
  • Setelah itu kantong plastik masukkan ke dalam dus posisi membujur atau tidur. Dos yang berukuran panjang 0,50 m, lebar 0,35 m, dan tinggi 0,50 m sanggup diisi 2 buah kantong plastik.

6. Hal Lain Yang Perlu diperhatikan

  • Benih ikan mas harus dipilih yang sehat yakni bebas dari penyakit, benalu dan tidak cacat.
  • Air yang dipakai harus bersih, sehat, bebas hama dan penyakit serta materi organik. Dapat mengunakan air sumur telah diaerasi semalam.
  • Sebelum diangkut benih ikan harus diberok dahulu selama beberapa hari. Gunakan kawasan pemberokan berupa kolam berisi air higienis dengan aerasi yang baik. Bak pemberokan sanggup dibentuk dengan ukuran 1 m x 1 m atau 2 m x 0,5 m. Dengan ukuran tersebut, kolam pemberokan sanggup menampung benih ikan mas sejumlah 5000–6000 ekor dengan ukuran 3-5 cm. Jumlah benih dalam pemberokan harus diubahsuaikan dengan ukuran benih
  • Pengiriman sistem terbuka untuk mengangkut benih dalam jarak erat atau tidak memerlukan waktu yang lama. Alat pengangkut berupa keramba. Setiap keramba sanggup diisi air higienis 15 liter dan sanggup untuk mengangkut sekitar 5000 ekor benih ukuran 3-5 cm.
  • Kalau sistem tertutup pengangkutan benih jarak jauh memerlukan waktu lebih dari 4-5 jam, menggunakan kantong plastik. Volume media pengangkutan terdiri dari air higienis 5 liter yang diberi buffer Na2(hpo)4.H2O sebanyak 9 gram.

7. Benih Setelah Sampai Tujuan

  • Siapkan larutan tetrasiklin 25 ppm dalam waskom (1 kapsul tertasiklin dalam 10 liter air bersih).
  • Buka kantong plastik, tambahkan air higienis yang berasal dari kolam setempat bertahap semoga perubahan suhu air dalam kantong plastik perlahan.
  • Pindahkan benih ikan ke waskom berisi larutan tetrasiklin selama 1- 2 menit.
  • Masukan benih ikan ke dalam kolam pemberokan. Dalam kolam pemberokan benih ikan diberi pakan secukupnya dan lakukan pengobatan dengan tetrasiklin 25 ppm selama 3 hari berturut-turut. Atau menggunakan obat lain menyerupai KMNO4 sebanyak 20 ppm atau formalin sebanyak 4% selama 3-5 menit.
  • Setelah 1 ahad dikarantina, tebar benih ikan di kolam budidaya.
 maksimal perlu mencermati dan menggetahui langkah langkah yang harus di kerjakan Cara Panen Ikan Mas Agar Dapat Hasil Maksimal

Cara Panen Ikan Mas Setelah Pembesaran

Untuk panen ikan hasil pembesaran umumnya dilakukan panen secara keseluruhan. Lebih jauh mengenai cara pembesaran ikan mas.

Umur ikan mas sanggup dipanen berkisar antara 3-4 bulan dengan berat berkisar antara 400-600 gram/ekor. Panen dilakukan dengan cara mengeringkan kolam hingga ketinggian air tinggal 10-20 cm. Petak pemanenan / petak penangkapan dibentuk seluas 2 meter persegi di depan pintu pengeluaran (monnik).

Panen dilakukan pagi hari dikala keadaan tidak panas dan menggunakan waring atau scoopnet yang halus. Lakukan pemanenan secepat mungkin dan hindari luka pada ikan.


Ikan Mas Setelah Panen Perhatikan Beberapa Hal.

1. Ikan hidup
Biasanya ikan mas untuk konsumtif lebih mahal harganya apa jika dijual dalam keadaan hidup. Hal yang perlu diperhatikan semoga ikan tersebut hingga ke konsumen dalam keadaan hidup, segar dan sehat antara lain:

  • Gunakan air bersuhu rendah sekitar 20 derajat C.
  • Waktu pengangkutan usahakan pagi hari atau sore.
  • Jangan terlalu padat waktu pengangkutan.

2. Ikan Segar
Ikan mas segar merupakan produk cepat turun kualitasnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan semoga tidak cepat turun kualitas ini antara lain:

  • Ikan jangan hingga luka.
  • Sebelum dikemas, ikan mas harus dicuci semoga higienis dan lendir.
  • Wadah pengangkut harus higienis dan tertutup. Pada erat dibawah 2 jam perjalanan, gunakan keranjang dilapisi daun pisang / plastik. Untuk jarak jauh gunakan kotak dan seng atau fiberglass dengan kapasitas kotak maksimal 50 kg, tinggi kotak maksimal 50 cm.
  • Ikan ditempatkan dalam wadah telah diberi es suhu 6-7 derajat C. Gunakan es potong kecil kecil perbandingan 1:1 es dengan ikan. Dasar kotak lapisi es setebal 4-5 cm. Kemudian ikan disusun di atas lapisan es ini setebal 5-10 cm, kemudian disusul lapisan es lagi dan seterusnya. Antara ikan dengan dinding kotak diberi es, demikian juga antara ikan dengan epilog kotak.

Demikian cara panen ikan mas semoga hasil maksimal mulai dari persiapan panen hingga pada melaksanakan kemasan dan pemasaran.

0 Response to "Cara Panen Ikan Mas Biar Sanggup Hasil Maksimal"

Total Pageviews