Latest News

Cara Ternak Burung Merpati Pos Budidaya Sukses

Cara ternak merpati pos mulai dari mempersiapkan kandang. Ternak atau budidaya burung merpati pos yaitu memperbanyak sendiri dengan cara mengawinkan alami. Pasangan yang mau dikawinkan bisa dibeli di daerah penakaran burung atau sudah dipelihara dari kecil. Perlu diperhatikan! bila pasangan induk merpati beli dari penakar, jangan dilepas bila dilepas beliau akan balik kembali ke pemilik semula.

Kandang merpati pos

Seperti yang kita tahu kandang merpati pos terdiri dari kotak sarang, tenggeran, pelataran mendarat dan sangkar terbuka.  Kandang terbuka harus tertutup oleh kawat kasa di keliling dan atap fiberglas. Guna sangkar terbuka yaitu supaya burung sanggup memperoleh sinar matahari tapi tidak bisa terbang ke luar.

Ketika sedang tidak dilepas, burung akan terus berada dalam sangkar atau mungkin dalam sangkar. Ukuran kotak sangkar merpati pos 60 cm x  40 cm, tinggi 45 cm, dibentuk memanjang ke dalam. Sangkar ini dan keseluruhan sangkar dibedakan untuk breeding, pembesaran anak dan untuk merpati dewasa.

Ketiga jenis sangkar ini bekerjsama sama, kecuali ukuran dan perlengkapan kotak sangkarnya. Ukuran ruang terbuka pada burung sampaumur lebih luas dibanding pada sangkar breeding dan pembesaran anak burung. Kotak sarang pada burung sampaumur dan anak burung dilengkapi dengan tenggeran. Sementara kotak breeding tidak perlu ada tenggeran, alasannya akan dipakai untuk membangun sarang.

Supaya burung merpati mau bertelur menciptakan sarang,  pada lantai sangkar terbuka, taburkan rumput atau jerami kering. Waktu ketika menjelang bertelur,  merpati akan mengambil bagian jerami kering dan membawa masuk ke dalam kotak sangkar sebagai sarang bertelur.

Bentuk sangkar terbuka sangat berkhasiat pada merpati pos. Kalau sangkar hanya kotak sarang, dibiarkan berada di daerah terbuka dan hanya diberi daerah pendaratan, maka burung sampaumur yang dibeli dari penangkar akan kembali ke yang punya.  Maka dari itu induk yang dibeli dihentikan dilepas. Kalau induk dari kecil kita  pelihara dan sudah dilatih tidak duduk perkara bila dilepas.

 Ternak atau budidaya burung merpati pos yaitu memperbanyak sendiri dengan cara mengawink Cara Ternak Burung Merpati Pos Budidaya Sukses

Proses ternak merpati pos

Merpati memiliki pasangan setia seumur hidup, baik kawin sedarah atau tidak. Merpati akan mencari pasangan selama dalam sangkar pembesaran atau sehabis mereka pindah ke sangkar dewasa. Apabila merpati belum menemukan pasangan, boleh dilakukan perjodohan yaitu dengan cara mengurung dalam kotak sarang selama 2 hingga 3 hari. Setelah jodoh, merpati akan kawin. Setelah itu dalam kotak sarang siapkan daerah bertelur berupa keranjang bambu atau kotak kayu kecil.

Walau burung merpati akan mengambil bagian rumput kering di lantai sangkar terbuka,  sebaiknya dalam kotak diberi jerami dan rumput kering sebagai bantalan telur.

Merpati biasa bertelur dua butir. Lama waktu pengeraman 16 s/d 18 hari. Anak burung gres menetas hingga umur 4 hari, akan disuapkan cairan menyerupai susu oleh induk betina berasal dari tembolok. Setelah 4 hari, cairan tembolok akan tercampur dengan butiran pakan sangat halus. Makin usang butiran pakan akan semakin kasar. Setelah umur 10 hari, induk hanya akan menyuapkan anak dengan butiran pakan kasar.

Pemberian cincin

Pemberian cincin pada anak merpati sanggup dilakukan umur 5 s/d 10 hari. Apabila ada pembeli anak burung merpati ini, sebaiknya lebih dari umur 10 hari. Karena walau anak merpati tersebut belum disapih, namun sudah besar lengan berkuasa diberi pakan tanpa cairan tembolok.

Pakan merpati pos

Pakan merpati pos sanggup berupa pelet 100%, bisa juga dengan kombinasi bijian, menyerupai gabah, jagung dan sorgum 70% dicampur pelet 30%. Selain itu merpati mesti diberi sayuran berupa kangkung, wortel, bayam, selada air, kol, seledri. Semuanya dirajang kecil supaya merpati gampang memakannya

Pakan induk jantan maupun betina masa menyuapi anak, harus ditambah 3 kali lipat dari ukuran biasa. Karena pakan juga untuk menyuapkan anak mereka.

Kualitas merpati pos

Dua ahad sehabis bertelur pertama menetas, induk betina akan kembali bertelur. Oleh lantaran itu diharapkan sarang baru. Dalam waktu 2 ahad telur kedua ini akan dierami hingga menetas dan 2 ahad kemudian, induk betina akan kembali bertelur untuh tahap 3. Namun sehabis telur ketiga tamat disuapi dan induk bersiap kembali bertelur tahap 4, sebaiknya induk jantan dan betina dikeluarkan dari kandang, untuk istirahat. Tempatkan terpisah antara induk jantan dan betina.

Kalau mau membudidayakan lagi ganti dengan pasangan induk lain. Walaupun dalam setahun merpati pos bisa menghasilkan 4 pasang anak, namun harus menjaga kondisi supaya pasangan induk dibatasi 3 pasang anak dalam 3 angkatan saja.

Harga merpati pos dibilang baik sangat tergantung tergantung jenis dan kualitas. Semakin langka jenis merpati,  harga juga makin tinggi. Tidak kalah penting memilih harga tinggi yaitu kualitas induk. Semakin sering induk mereka memenangkan lomba, maka makin tinggi harga keturunannya. Semoga membantu cara ternak merpati pos budidaya sukses.

0 Response to "Cara Ternak Burung Merpati Pos Budidaya Sukses"

Total Pageviews