Latest News

Cara Menentukan Merpati Tinggian Yang Bagus

Memilih Merpati Tinggian yang bagus tentu sudah suatu keharusan. Memilih Merpati Tinggian yang anggun yaitu berasal dari induk berprestasi, kalau sanggup induk sudah juara di arena lomba. Bakalan Merpati ibarat itu tentu saja harga tinggi di pasaran burung. Apa lagi berasal dari Induk sudah sering juara di banyak sekali arena lomba.

Kalau bagi penggemar kantong tebal soal harga tidak jadi masalah, bagaimana dengan penggemar modal kecil, akan sulit menerima merpati tinggian berkualitas baik. Inilah yang akan kita beri tips cara menentukan Merpati Tinggian yang baik seandainya tidak sanggup eksklusif dari turunan merpati juara.

Tips menentukan Merpati Tinggian ini diambil dari banyak sekali nara sumber para penggemar burung. Tips ini lebih di titik beratkan pada bentuk body Merpati itu sendiri. Dari bentuk body tersebut diketahui sifat dan karakter burung itu sendiri. Kalau berhasil menemukan body Merpati sama dengan yang di sebutkan dibawah Andari sangat beruntung, kemungkinan besar Merpati tersebut bagus.

Kalau sudah sanggup bakalan merpati yang anggun tinggal dirawat saja dengan baik, gampang mudahan jadi juara. Mau tahu cara merawat Merpati yang baik baca cara merawat merpati tinggian juara.

 Memilih Merpati Tinggian yang anggun yaitu berasal dari induk berprestasi Cara Memilih Merpati Tinggian Yang Bagus

Memilih Merpati Tinggian Yang Bagus

Bentuk Kepala Merpati Tinggian
Cari Merpati berkepala besar dengan batok kepala depan lebih tinggi dari kepala belakang. Para penggemar burung beranggapan Merpati berkepala besar lebih pintar dari Merpati berkepala kecil. Dengan anggapan otak lebih besar lebih lebih baik dan lebih pintar dari otak kecil.

Masih bekerjasama dengan kepala, pilih juga kemiringan pangkal hidung dengan atas batok kepala besar sudut 45derajat hingga 60 derajat. Merpati bentuk kepala ibarat ini cerdas dan anggun pada ketika naik dan anggun juga pada ketika turun.

Berbeda dengan kemiringan merpati bentuk kepala 90 derajat, biasanya hanya anggun turun saja.

Bentuk Mata Merpati Tinggian
Pilih biji mata merpati warna hitam pekat dan perhatikan juga cepat beraksi terhadap cahaya. Contoh cepat mengecil atau membesar pada ketika sanggup rangsangan cahaya.

Cari juga mempunyai cincin lingkar menempel pada biji mata sanggup warna hijau atau lainnya. Cari yang mempunyai 2 warna mata, warnanya sanggup kuning renta dengan kuning muda, merah muda dengan putih atau merah renta dengan hijau renta dll.

Satu lagi cari juga mata Merpati warna tengah lebih karam dari warna luar untuk melihatnya tempatkan Merpati pada area teduh tidak kena sinar langsung. Kalau dilihat pada lokasi jelas kena sinar matahari eksklusif maka kedua warna mata akan tergabung, terlihat ibarat titik-titik warna menyatu.

Teliti melihat mata merpati tinggian sebelum membeli alasannya yaitu mata burung sangat menentukan pada ketika terbang tinggi.

Bentuk Paruh Merpati Tinggian
Pilih Merpati Tinggian mempunyai panjang dari ujung hidung hingga ujung paruh sedikit lebih pendek dari jarak pangkal hidung ke batok kepala depan paling atas. Cari paruh berbentuk runcing pada ujung, tidak terlalu besar dan tidak terlalu panjang.

Hidung Merpati Tinggian
Ada beberapa bentuk hidung menjadi pilihan ibarat dibawah ini

1. Hidung yang sering dipilih oleh penggemar Merpati Tinggian yaitu besar, panjang, menggembung tapi bukan turunan prambon Merpati Pos.  Hidung merpati bentuk ibarat tersebut bila warna kapur pekat, pangkal hidung bab bawah menjorok kebelakang ini salah satu merpati unggul, meskipun masih ada ciri lain dari ini.

2. Bentuk hidung yang anggun juga, besar, panjang, menempel ke paruh kalau Merpati Prambon. Hidung ibarat ini kalau warna kapur pekat akan terlihat garis-garis samar sejajar warna merah pada seluruh hidung dan pangkal hidung bawah menjorok kebelakang.

3. Bentuk hidung kecil, menggembung strain jawa, jawa sungut atau jawa deles. Hidung begini warna kapur pekat, pangkal hidung bawah menjorok kebelakang. Ini salah satu ciri merpati unggul.

Leher Merpati Tinggian
Pilih leher merpati kuat dan jangan terlalu panjang, pilih panjang leher sedikit lebih pendek dari tulang dada. Bisa juga pilih leher kuat, tegak, kencang dan mendongak ke atas ketika merpati memperhatikan sesuatu.

Sayap Merpati Tinggian
Ini body Merpati yang sangat penting yaitu sayap. Sayap kuat sangat diharapkan dan kelenturan yang sempurna.

1. Pilihlah sayap Merpati kuat dan elastis tidak kaku, kalau bentuk boleh bervariasi, tebal bulat, pendek berotot atau pipih lebar berotot.

2. Pilih bulu sayap tebal, kencang, tidak bergelombang, lebar,  rapat jarak satu dengan yang lain dan ujung bulu runcing.

3. Tulang bulu sayap harus besar, kuat dan elastis pada ujung bulu. Tambahan pilih sayap mengkongkong ketika dipegang. Jangan pilih sayap rapat ke badan.

Dada Merpati Tinggian
Cari bentuk dada ibarat abjad V dilihat dari depan. Kalau bentuk dada ibarat V biasanya merpati cepat turun dari arah mana saja, Tapi jangan pilih dada Merpati Tinggian berbentuk abjad O atau datar.

Cari tulang dada Merpati Tinggian sedikit lebih panjang dari telunjuk orang remaja atau sama.

Capit Udang Merpati Tinggian
Para penggemar merpati berpendapat, Capit udang besar lengan berkuasa pada kecepatan turun Merpati Tinggian.

Pilih bakalan Merpati Tingggian dengan jarak capit udang 1 cm hingga 2 cm. Merpati yang punyai jarak capit udang demikian kecepatan turun dan stabil. Jangan pilih capit udang terlalu sempit atau malah rapat sekali. Jangan juga pilih capit udang yang bengkok.

Pinggang / Brutu Merpati Tinggian
Besar kecil dan jarak pinggang Merpati juga besar lengan berkuasa pada kestabilan terbang. Pinggang jarak renggang dari tubuh akan menciptakan burung tidak mempunyai keseimbangan yang bagus. Pada ketika turun lambat atau turun berbelok separuh jalan atau tidak ada rem.

Untuk itu pilih jarak pinggang dengan tubuh rapat, baik pinggang besar atau kecil. Burung Merpati ibarat ini biasanya turun cepat.

Ekor Merpati Tinggian
Cari Merpati mempunyai bulu ekor rapat tebal dan panjang sesuaikan dengan pegangan dan kelenturan. Saat di pegang bulu ekor akan tampak menyatu, itu ciri dari pinggang merpati kecil, artinya Merpati ibarat ini mempunyai kecepatan turun dengan cepat.

Tapi kalau dipegang bulu ekor melebar pada ujung tidak mengumpul jadi satu, ini tanda Merpati pinggang besar dan burung ibarat ini turun dengan genjotan.

Kaki Merpati Tinggian
Dikalangan penggemar Merpati lebih bahagia menentukan kaki Merpati Tinggian mempunyai ciri sebagai berikut; Kaki terlihat kering mbesik dan panjang. Ada yang bilang juga, tanda kaki yang anggun kalau lagi dipegang kakinya akan mendorong ke belakang sejajar dengan ekor.

Praktis mudahan sanggup membantu Andari memilih merpati tinggian yang bagus. Kalau Andari mau ternak sendiri coba baca yang ini cara budidaya Merpati.  Tips ini lebih melihat dari segi body Merpati itu sendiri. Sebenarnya ada cara lain menentukan Merpati yang anggun ibarat dilihat dari gaya terbang, tingkah laris merpati dan lain-lain, mudah-mudahan sanggup publish secepatnya.

0 Response to "Cara Menentukan Merpati Tinggian Yang Bagus"

Total Pageviews