Latest News

Teknik Menanam Bunga Melati Budidaya Sukses

Sampailah pada Teknik Menanam Bunga Melati Skala Budidaya, ini dilakukan sesudah pembibitan stek dan persiapan mengolah lahan pertanian.

Pola Tanam Bunga Melati

Sebulan sebelum tanam, bibit melati di adaptasikan sekitar kebun. Lahan kebun siap tanam beri pupuk dasar terdiri dari 3 gram TSP ditambah 2 gram KCI per tanaman. Bila tiap hektar lahan terdapat sekitar 60.000 lubang tanam dengan jarak tanam 1,0 m x 1,5 m, maka kebutuhan pupuk dasar terdiri dari 180 kg TSP dan 120 kg KCI.

Bersamaan santunan pupuk dasar sanggup ditambahkan pembenah dan pemantap tanah, misal Agrovit, stratos / asam humus Gro-Mate.

Membuat Lubang dan Cara Menanam Bunga Melati

Bibit melati dalam polybag disiram pada medium tumbuh dan akar. Tiap lubang tanam satu bibit melati. Tanah bersahabat pangkal batang bibit melati dipadatkan pelan-pelan semoga akarnya kontak pribadi dengan air tanah.

Jarak Tanam Bunga Melati

Jarak tanam sanggup bervariasi, tergantung bentuk kultur budidaya, kesuburan tanah atau jenis melati, bentuk kultur perkebunan jarak tanam umumnya 1 x 1,5 m, sedang variasi lain 40 x 40 cm, 40 x 25 cm dan 100 x 40 cm.

Menyulam Bunga Melati

Cara penyulaman yaitu mengganti tumbuhan mati atau tumbuh tidak normal dengan bibit baru.

Teknik penyulaman caranya sama dengan cara menanam. Hanya saja dilakukan apabila bibit perlu diganti. Periode penyulaman tidak lebih dari satu bulan sesudah tanam. Penyulaman lebih awal bertujuan semoga tidak menyulitkan pemeliharaan selanjutnya dan berharap pertumbuhan seragam.

Waktu penyulaman pagi atau sore, ketika sinar matahari tidak terlalu terik dan suhu udara tidak terlalu panas.

Menyiang Bunga Melati

Umur satu bulan sesudah tanam, kebun melati tumbuh rumput liar. Rumput liar ini menjadi pesaing tumbuhan melati dalam kebutuhan sinar matahari, air dan unsur hara. Untuk itu rumput liar perlu di buang.

Pupuk Bunga Melati

Pupuk untuk meningkatkan produksi melati, terutama jenis pupuk kaya unsur fosfor P, menyerupai Gandasil B 6-20-30 / Hyponex biru 10-40-15

Pemupukan lakukan tiap tiga bulan sekali. Jenis dan takaran pupuk terdiri dari Urea 300-700 kg, STP 300-500 kg dan KCI 100-300 kg  /ha / tahun.

Pemberian dilakukan dengan cara disebar merata dalam parit di antara barisan tumbuhan sedalam 10-15 cm, kemudian ditutup dengan tanah. Bisa juga dengan cara memasukkan pupuk kedalam lubang tunggal di sekeliling tajuk tumbuhan melati

Waktu memupuk sebelum di pangkas, ketika berbunga, sesuai panen bunga dan pada ketika pertumbuhan kurang prima. Penyemprotan pupuk daun lakukan pagi hari jam 09.00 atau sore jam 15.30-16.30, atau ketika matahari tidak terik menyengat.

Penyiraman Bunga Melati

Fase awal pertumbuhan, tumbuhan melati butuh ketersediaan air cukup. Penyiraman perlu kontinyu tiap hari hingga tumbuhan berumur kurang lebih 1 bulan. Penyiraman dilakukan 1-2 kali sehari yakni pada pagi dan sore hari. Yaitu menyirami air higienis pada tiap tanam hingga tanah di sekitar akar basah.

Pestisida pada Bunga Melati

Zat perangsang / zat pengatur Tumbuh ZPT sanggup dipakai untuk mempertahankan dan meningkatkan produksi bunga, zat perangsang bunga kuat baik terhadap pembuangan melati yakni Cycocel (Chloromiguat) dan Etherel.

Tanaman melati disemprot dengan Cycocel berkonsentrasi 5.000 ppm menawarkan hasil bunga paling tinggi, yakni 1,45 kg/ tanaman.

Cara santunan  zat perangsang bunga disemprot pada seluruh bab tanaman, terutama bab ujung dan tunas-tunas pembuangan. Konsentrasi yang dianjurkan 3.000 ppm–5.000 ppm untuk Cycocel atau 500-1.500 ppm kalau dipakai Ethrel.

Memangkas Bunga Melati

Tanaman melati tumbuh menjalar, kecuali pada beberapa jenis melati, menyerupai varietas Grand Duke of tuscany yang tumbuh tegak. Tinggi pangkasan sangat tergantung pada jenis melati, jenis melati putih J.sambac sanggup di pangkas pada ketinggian 75 cm dari permukaan tanah, sedangkan jenis melati Spnish Jasmine (J. officinale var. grandiflorum) setinggi 90 cm dari permukaan tanah.
Sumber : disunting dari banyak sekali sumber

0 Response to "Teknik Menanam Bunga Melati Budidaya Sukses"

Total Pageviews