Latest News

Cara Menyemai Bibit Flora Melon Yang Baik

Menyemai bibit tumbuhan melon bab penting dari perjuangan budidaya. Bagian yang perlu diperhatikan ialah menentukan jenis dan menentukan bibit itu sendiri. Tidak lupa juga menyesuikan lokasi kawasan setempat, baik itu jenis tanah termasuk komposisi tanah maupun cuaca pada ketika penyemaian.

Pemilihan Bibit Tananman Meon


Carilah bibit yang baik di Balai Pertanian atau pada produsen yang sanggup mendapatkan amanah dengan jaminan kualitas baik. Untuk memiih jenis atau varites sanggup menyesuikan dengan lokasi dan iklim setempat. Sebagai materi pertimbangan lihat syarat lahan tumbuh melon.

Cara Pembibitan Tanaman Melon


Sebelum ditanam biji melon harus disemai terlebih dahulu. Hal ini bertujuan menghindari gagal tumbuh dan sebagai seleksi, mana bertumbuhan yang baik dan mana yang tidak. Dapat juga menghindari tumbuhan tumbuh kedil.

Tempat penyemaian sanggup memakai wadah plastic atau polybag. Kalau tidak sanggup juga gunakan lahan tempat dimana melon akan ditanam, dengan kata lain tidak memakai wadah.

Kalau memakai polybag / kantong plastic sanggup memakai polybag ukuran 8 x 10 cm. Masukan tanah kedalam polybag yang telah dicampur dengan pasir dan pupuk organic dengan perbandingan 1 : 1 : 1 pada masing wadah.

Biji melon rendam dengan air selama 1 - 2 jam untuk mensterilkan hama penyakit.  Ingat air telah dicampur pestisida. Selanjutnya biji melon tiriskan hingga kering. Setelah itu tutup dengan kain dan biarkan selama satu malam pada suhu 25 °C.

Setelah satu malam biji melon dimasukan pada pada polybag dengan kedalaman 5 cm, benih yang ada dalam polybag harus disiram secara berkala, pada pagi jam 06.00 dan sore jam 16.00, disiram tidak terlalu becek.

Setelah 10 atau 14 hari maka tumbuhan akan mulai tumbuh daun, jika sudah tumbuh daun semprot memakai pupuk daun semoga terhindar dari serangan hama penyakit.

 Bagian yang perlu diperhatikan ialah menentukan jenis dan menentukan bibit itu sendiri Cara Menyemai Bibit Tanaman Melon Yang Baik

Bibit melon siap dipindah setalah berumur 9 - 11 hari. Itulah tadi cara pembibitan buah melon, selanjutnya cara menanam dan perawatan. Dan ini secara ringkas cara budidaya melon.

0 Response to "Cara Menyemai Bibit Flora Melon Yang Baik"

Total Pageviews