Latest News

Cara Merawat Dan Memelihara Ikan Koi Yang Baik

Merawat dan memelihara ikan koi yang baik suatu keharusan setiap peternak ikan. Perawatan dasar yang perlu diketahui ialah kolam yang cocok, air yang sesuai dan teknik santunan pakan. Agar lebih terang lihat berikut ini.
Merawat dan memelihara ikan koi yang baik suatu keharusan setiap peternak ikan Cara Merawat dan Memelihara Ikan Koi yang Baik

Kolam ikan koi yang cocok


Ikan koi bisa dipelihara dalam kolam semen, kolam tanah, kolam taman. Memelihara ikan koi dalam akuarium tidak dianjurkan. Karena koi membutuhkan areal berenang luas dan dalam. Selain itu, keindahan koi terletak pada punggung yang berwarna-warni. Kalau dipelihara dalam akuarium keelokan tubuh dan warna tidak terlihat maksimal.

Ukuran kolam koi dianjurkan minimal  1,5m x 2m, dalaman 80-50cm. Jika kolam terlalu dangkal tubuh ikan akan terus-menerus kena sinar matahari. Terlalu banyak kena sinar matahari sanggup merubah warna tubuh koi jadi pucat dan pertumbuhan terhambat.

Perlu diperhatikan jarak air ke bibir kolam minimal 25cm ini mempunyai kegunaan untuk mencegah koi melompat ke daratan. Kolam harus dilengkapi susukan pembuangan di bab bawah. Di bab atas kolam dipasang pipa untuk menyalurkan air higienis yang telah diendapkan.

Air untuk ikan koi yang baik


Filter empat lapis perlu dipasang untuk menjaga kebersihan dan kelancaran pasokan air. Filter empat lapis adalah

- Filter pertama terdiri dari kerikil, pasir, dan ijuk berfungsi menyaring sampah dan lumpur yang mengotori kolam.
- Filter kedua berupa karbon zeolit berfungsi menghilangkan racun, wangi tak sedap, dan membunuh bibit penyakit.
- Filter ketiga berupa pestisida yang tak mematikan basil pengurai yang berperan dalam proses membersihkan air kolam.
-Filter keempat berupa tumbuhan atau batuan yang sanggup mengikat kotoran.

Derajat keasaman (pH) air yang cocok untuk pertumbuhan koi ialah 6,5-8,5. Untuk menjaga sirkulasi air bisa dipasang pompa yang bisa menyalurkan air sebanyak 25 liter per menit. Dengan cara ini, air kolam tak perlu sering dibersihkan, tapi perlu membersihkan filter dan kolam filter. Caranya, semprot filter dengan air higienis sekitar 5-10 menit.

Bila memakai penyaring ini, sebaiknya penggantian air lakukan dua ahad sekali. Tujuannya untuk membuang zat-zat racun dari sisa-sisa masakan yang terurai menjadi nitrit berbahaya bagi kesehatan ikan.

Cara santunan pakan ikan koi


Pakan berfungsi untuk membentuk tubuh ideal dan mencemerlangkan warna pada ikan koi, juga sebagai media mediator untuk mengobati ikan koi yang sakit. Jenis pakan yang diberikan bisa berupa pakan alami atau pakan buatan. Pakan tersebut mengandung gizi seimbang sesuai dengan kebutuhan ikan koi. Pakan sebaiknya diberikan dua kali sehari, pagi dan sore supaya kebutuhan gizi ikan terpenuhi.

Jenis pakan yang dipakai untuk memacu pertumbuhan ikan koi supaya tubuh ideal ialah wheat germ. Pakan terbuat dari materi yang mengandung protein tinggi seperti, gandum, tepung udang, tepung ikan, dan bungkil kacang kedelai.

Kandungan protein sekitar 32%. Selain itu wheat germ juga mengandung vitamin A,D,E,K,B2,B6,B12, niasin, vitamin C dan unsur-unsur mineral lain menyerupai kalsium, choline chloride, panthetonate, trace mineral, dan antioksidan.

Sementara, pakan untuk mencemerlangkan / mempertajam warna koi ialah pakan mengandung zat karoten. Zat tersebut sanggup merangsang munculnya warna pada ikan koi. Secara alami di dalam tubuh ikan koi terdapat zat karoten berupa antaxanthin menghasilkan warna merah, dan lutein membuat warna kuning kehijauan.

Pakan ikan koi yang mengandung zat karoten diantaranya; wortel, alga atau ganggang Spirullina, dan Chlorella, semangka, sawi, kubis dan cabe hijau. Sedangkan pakan dari binatang bisa diberikan kepiting, udang, krill, trout, salmon, kutu air, jentik nyamuk, cacing rambut, dan cacing darah. berdasarkan sumber peluangusaha-oke(dot)com

Dengan cara memelihara ikan koi yang baik yaitu dengan memperhatikan kolam ikan yang cocok, kualitas air dan santunan pakan yang tepat.

0 Response to "Cara Merawat Dan Memelihara Ikan Koi Yang Baik"

Total Pageviews