Latest News

Berapa Suhu Ideal Untuk Sangkar Ayam Petelur?

Suhu dalam kandang sangat mempengaruhi perkembangan Ayam Petelur. Suhu ialah salah satu yang harus dijaga oleh peternak  mulai dari Ayam masih DOC hingga masa produksi. Menjaga suhu dari awal sangat baik untuk perkembangan Ayam Layer nanti, tentu saja akan kuat pada produksi telur dan berujung pada keberhasilan perjuangan .

 sangat mempengaruhi perkembangan Ayam Petelur Berapa Suhu Ideal untuk Kandang Ayam Petelur?

Suhu yang diharapkan setiap fase Ayam Petelur berbeda. Ayam masih DOC membutuhkan suhu yang lebih hangat dan akan menurun kebutuhan suhu seiring bertambah umur Ayam tersebut. Waktu masih DOC masih rentan terhadap penyakit dan anak ayam belum sanggup mengatur suhunya sendiri maka dari itu pemberian dari luar sangat di butuhkan. Begitu juga masa pertumbuhan dan masa produksi semoga tercapai performance yang optimal.

Suhu sangkar yang diharapkan Ayam Petelur

1. Umur 0-3 hari  = 32-34 derajat Celcius
2. Umur 4-7 hari  = 31-33 derajat Celcius
3. Umur 8-14 hari = 28-30 derajat Celcius
4. Umur 15-21 hari = 26-28 derat Celcius
5. Umur 22-selanjutnya = 23-25 derajat Celcius

Selama masa pertumbuhan, pullet membutuhkan pakan dengan kualitas baik sesuai kebutuhan. Suhu sangkar yang tetap memegang tugas penting dalam memilih berapa jumlah pakan yang harus dikonsumsi. Selama cuaca panas konsumsi pakan akan menurun. Pullet yang bernafsu akan mempunyai nafsu makan yang tinggi dan mempunyai kapasitas fisik kuat dibanding dengan pullet yang tidak agresif. Pullet yang kecil akan menurun nafsu makannya. Selama kondisi stress akan menurun berat badannya. Manajemen suhu yang sempurna memainkan peranan penting meminimalkan duduk perkara ini.

Kendala Cuaca
Daerah tropis yang panas terutama pada siang hari tentu saja menjadi hambatan pada peternak Ayam Petelur. Perbedaan suhu yang terlalu jauh antara siang dan malam, pada malam hari sanggup mencapai 23 derajat dan suhu panas ketika siang hari sanggup mencapai 35 hingga 37 derajat celcius.

Suhu yang tinggi pada siang hari tentu harus ada upaya mengatasinya.

Cara yang pernah dilakukan oleh peternak Ayam Petelur yang bersifat sementara memanipulasi keseimbangan protein – energi ketika cuaca panas atau pemberian antistress dilakukan sebagai solusi jangka pendek.

Untuk solusi yang lebih komplek tentu saja menurunkan suhu dalam kandang. Bisa dengan memperbaiki konstruksi kandang merencanakan ventilasi udara dan sebagainya. Cara lain ialah dengan menanaman pohon disisi sangkar semoga sanggup mengurangi sinar matahari dari samping dan dari atap.

0 Response to "Berapa Suhu Ideal Untuk Sangkar Ayam Petelur?"

Total Pageviews