Latest News

Cara Merawat Ciblek Liar Gres Ditangkap

Merawat burung Ciblek liar yang gres ditangkap dari gunung harus menerima perhatian khusus. Kalau salah perawatan sanggup resiko fatal, Ciblek Andari sanggup mati. Burung liar dimaksud yakni dari menangkap sendiri di hutan atau orang lain yang menangkap di hutan dan Anda gres membeli di pasar burung atau dimana aja.

Kalau mau membeli di pasar burung aku punya tips sedikit yaitu. Pilih burung Ciblek yang masih muda dan sehat. Ciblek masih muda terlihat sehat lincah segar dan mulus. Jangan pilih kaki burung yang sudah bersisik atau bulukan, tapi pilih yang terlihat rapi dan kecil. Ciblek yang mau dibeli juga pilih yang lincah sayap rapat mata terlihat jernih dll, sebagai pelengkap baca juga ini ciri ciblek yang baik.

Setelah menentukan Ciblek kini waktunya perawatan. Ciblek yang gres ditangkap harus memperhatikan terutama problem pakan dan menjinakkan. Maka dari itu simak saja yang berikut ini :

Merawat burung Ciblek liar yang gres ditangkap Cara Merawat Ciblek Liar Baru Ditangkap

Perawatan Burung Ciblek Baru Ditangkap

  1. Tempatkan burung Ciblek pada tempat yang sepi jauh dari kebisingan dan gangguan lain selama 3 hari atau 4 hari di sesuai kondisi. Pada kondisi pembiasaan ini kandang ditutup dulu dengan kain pada bab dinding, samping kiri, samping kanan dan belakang, biarkan bab depan aja yang terbuka. Untuk pakan diberi kroto segar pagi dan sore. Minuman dicampur multi vitamin, ini untuk menjaga kesehatan burung dan menghindari stres.
  2. Setelah itu pakan boleh dicampur, antara kroto dengan voer. Kroto dicampur dengan voer lembut dan sedikit air. Pakan ini diberikan pagi dan sore. Hari berikutnya gabungan voer sanggup ditambah, sebagai teladan gabungan kroto dengan voer 3 : 1, hari berikut 1 : 1, hari berikut 1  : 3. Dapat juga tambah dengan jangkrik 2. Setelah beberapa hari gabungan kroto sanggup diganti dengan ulat hongkong.
  3. Setelah warna kotoran sudah mirip warna voer langkah selanjutnya menawarkan voer kering 100% selama 1 ahad di seling dengan memberi extra fooding berupa kroto segar / jangkrik / ulat hongkong dengan jumlah terbatas setiap pagi dan sore. Pada tahap ini sudah boleh membuka tutup kain samping dan belakang semoga burung terbiasa dengan suasana baru. Selanjutnya Burung Ciblek sudah sanggup diberi pakan voer semua. Walaupun demikian alangkah baiknya ciblek diberi selingan extra fooding kroto, jangkrik atau ulat hongkong secara bergantian mengingat kebiasaan burung ini di alam bebas.


Menjinakkan Burung Ciblek


1. Tempatkan burung pada area yang ramai dengan cara menggantung pada posisi tinggi. Kemudian posisi gantungan makin usang makin rendah.

2. Biasakan juga Cibelk diberi jangkrik, kroto atau ulang hongkong dengan tangan. Dengan demikian ciblek akan terbiasa dan merasa tidak membahayakan mereka.

Demikian tips cara perawatan burung Ciblek gres ditangkap dari hutan dan cara menjinkannya dari saya. Praktis mudahan dengan cara ini tiga hingga empat bulan kemudian Ciblek Andari sudah rajin berkicau.

0 Response to "Cara Merawat Ciblek Liar Gres Ditangkap"

Total Pageviews