Latest News

Pedoman Menciptakan Sangkar Baterai Ayam Petelur

Kandang baterai ayam petelur yaitu sangkar bentuk sangkar empat persegi panjang disusun berderet memanjang bertingkat dua atau lebih, setiap sangkar sanggup menampung 1 atau 2 ayam dewasa.

Lantai sangkar terbuat dari bambu atau kawat disusun tidak rapat biar kotoran ayam sanggup pribadi jatuh ke tanah.

Model sangkar baterai ini cocok dan efektif pada lahan sempit dan tempat panas menyerupai di Indonesia.

Kandang Baterai Ayam Petelur Harap Perhatikan :


1. Bahan Kandang Baterai ( battery )
Bahan sangkar baterai ayam petelur sanggup terbuat dari bambu atau kawat. Kandang bambu sanggup dibentuk sendiri  dengan mengikuti ukuran dibawah ini atau kalau punya modal lebih sanggup pribadi beli yang sudah jadi dari materi kawat di toko peralatan peternakan pada tempat masing masing. Biasanya sudah tersedia dan tanyakan juga untuk ukuran berapa ayam.

 yaitu sangkar bentuk sangkar empat persegi panjang disusun berderet memanjang bertingkat Pedoman Membuat Kandang Baterai Ayam Petelur
Contoh : Kandang baterai materi bambu atau materi kawat

2. Ukuran Kandang baterai ayam petelur
Ukuran dibawah ini banyak dipakai oleh peternak ayam, jadi tinggal ikuti saja. Ukuran sangkar juga akan menghipnotis kesehatan dan produktif ayam itu sendiri. Selain besar lengan berkuasa pada perkembangan ayam kita juga melihat dari segi biaya, jangan lupa membangun perjuangan tidak akan terlepas dari investasi yang dikeluarkan.

Bentuk sangkar dibentuk memanjang dan di sekat sekat kecil, panjangnya samakan saja dengan kebutuhan. Untuk sekat-sekat ukuran dibawah ini

Panjang : 40 cm Lebar : 40 cm
Tinggi : Depan 37 cm dan Belakang 30 cm

Kandang baterai ventilasi sangat terbuka dari bab belakang atas, depan. Kandang bab bantalan harus miring untuk biar telur sanggup bergulir ke depan.

Dalam 1 sekat ditempati oleh 1 atau 2 ayam sampaumur yang sudah siap produksi

3. Tempat Pakan dan Minum sangkar baterai
Tempat pakan, tempat minum dibentuk bertingkat. Tempat pakan di bawah, tempat minum diatas

Tempat pakan memakai kayu atau dari pipa. Lebih gampang terbuat dari pipa alasannya yaitu sudah  lengkung dan gampang didapat di toko bangunan.

Tempat minum boleh memakai pipa asal tidak bocor.
 yaitu sangkar bentuk sangkar empat persegi panjang disusun berderet memanjang bertingkat Pedoman Membuat Kandang Baterai Ayam Petelur
contoh : Tempat pakan dan minum

4. Posisi Penempatan pada bangunan pelindung
Kandang di buat berupa panggung dimana kotoran ayam sanggup pribadi jatuh ke lantai. Ini akan memudahkan dalam membersihkan kotoran dan sirkulasi udara menjadi lebih baik.

Penempatan sangkar baterai dibentuk bersusun bertingkat, tapi dihentikan percis diatas banget harus geser ke samping. Ini dibentuk untuk ventilasi udara dan kotoran tidak menimpa ayam yang dibawah. Dibuat 2 atau hingga 3 tingkat saja. Jika terlalu tinggi sulit di kontrol

Tinggi sangkar dari tanah 1,25 hingga 1,5 m. Ini bertujuan untuk mengurangi amunia dari kotoran

Jarak ideal antar sangkar yaitu 1 x lebar kandang

Posisi sangkar dibentuk  memanjang ke arah barat-timur, ini biar pencahayaan lebih baik.

 yaitu sangkar bentuk sangkar empat persegi panjang disusun berderet memanjang bertingkat Pedoman Membuat Kandang Baterai Ayam Petelur
contoh : Penempatan sangkar ayam petelur

Kelebihan dan Kekurangan Kandang Baterai

Kelebihan atau laba dari sangkar baterai yaitu ventilasi alamiah lancar sehingga ayam akan merasa nyaman, kemungkinan terjadi kanibal sanggup dihindari, pengawasan ayam sakit lebih gampang diketahui, kontrol pakan dan produksi lebih gampang dilakukan, ayam tidak kehilangan energi, produksi telur selalu dalam kondisi bersih.

Kekurangan yaitu investasi awal pembuatan sangkar mahal, jikalau terlambat dalam membersihkan kotoran akan ada lalat dan bau, jikalau pakan kurang baik ayam akan gampang defisiensi nutrisi, gampang terjadi kelumpuhan, jikalau ayam dimasukkan sebelum waktunya alasannya yaitu otot-otot ayam masih terlalu lemah. Sebelum sangkar battery terlebih dahulu harus dibangun bangunan utama berupa atas tiang dan atap berfungsi sebagai pelindung.

Demikian Andari pedoman menciptakan sangkar baterai ayam petelur beserta kelebihan dan kekurangannya. Tidak itu saja pada perjuangan budidaya ayam petelur, perlu mengetahui penyakit ayam dan cara pencegahannya, bagi yang ingin tahu lihat aja disana.

0 Response to "Pedoman Menciptakan Sangkar Baterai Ayam Petelur"

Total Pageviews