Latest News

Cara Perawatan Burung Lovebird Yang Baik

Cara perawatan burung lovebird yang baik untuk menjaga kesehatan burung Andari. Tips perawatan burung lovebird disini meliputi, persiapan sangkar yang layak, masakan dan minuman yang baik untuk burung lovebird beserta kapan waktu memberi makan, masakan yang dihentikan diberikan pada lovebird. Terakhir pejunjuk memandikan dan penjemuran lovebird.

Lovebird termasuk burung yang stabil dalam harga di kalangan pencinta burung. Karena pencinta burung ini masih banyak peminatnya. Membudikan burung ini masih mempunyai prospek cerah, belum tahu cara budidaya, baca cara jitu budidaya burung lovebird.

Sebelum budidaya mari berguru dulu cara perawatan burung lovebird yang baik di bawah ini.

Kandang Lovebird

Kandang lovebird harus menjadi perhatian baik itu ukuran, materi yang dipakai dan perlengkapan kandang. Ukuran dan bentuk sangkar banyak pilihan kalau kita pergi ke toko burung. Ukuran juga begitu ada yang segi empat atau segi enam. Usahakan pilih sangkar yang ukuran besar supaya lovebird bebas bergerak, kal;au kecil tentu kurang memadai. Tiang penyangga sangkar pastikan besar lengan berkuasa sebgai rujukan dari besi.  Sediakan kawasan minum dan kawasan mandi didalam kandang.
Memandikan Lovebird.

Ada lagi,  jangan lupa sediakan pasir grit atau totok cumi didalam kandang. Grit ini berfungsi untuk membantu pencernaan lovebird dan sebagai sarana dalam proses pembentukan cangkang telur.

Cara perawatan burung lovebird yang baik Cara Perawatan Burung Lovebird Yang Baik


Makanan dan Minum Lovebird

Pertama mari kita lihat dulu apa masakan burung lovebird ini di alam. Sebaiknya masakan lovebird juga menyesuikan dengan keadaan di alam biar tidak salah merawat lovebird. Jenis masakan yang di konsumsi oleh lovebird terdiri dari biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran. Di alam burung ini tanpa batas memakan masakan tersebut alasannya yaitu tidak ada yang mengontrol jadi bebas memakan sebanyak mungkin jikalau ketemu makanan. Karena di alam bebas burung ini bebas bergerak kemana mana oleh alasannya yaitu itu mereka memerlukan energi yang banyak pula. Hal ibarat itu tidak ada dilema bagi kesehatan mereka.

Bagaimana kalau kita pelihara di kandang? Tentu agak sedikit berbeda dengan lovebird berada di alam bebas. Makanan yang diberikan harus dikurangi banyak mengandung zat lemak, ibarat kacang-kacangan dan lain-lain. Dengan alasan burung berada di sangkar kurang banyak bergerak sehinga tidak memelukan tenaga besar dibanding burung hidup di alam bebas. Jika masakan berlemak diberikan terlalu banyak menciptakan lovebird kegemukan. Kalau kegemukan lovebird jadi malas berkicau dan malas bergerak.

      Ini tips sajian masakan lovebird
  • Berikan setiap hari bergantian sayuran segar seerti brokoli, toge, sawi, bayam, kangkung, jagung.
  • Berikan 2 hingga 3 kali seminggu buah buahan ibarat apel, pepaya, pisang. Jika memberi buah apel pastikan bijinya sudah dibuang alasannya yaitu biji apel ini berbahaya bagi lovebird.
  • Minuman susu sanggup diberikan sekali seminggu.
  • Kalau biji-bijian harus diberikan dengan jumlah terbatas.
  • Jangan beri masakan lovebird ibarat alpukat, cokelat dan kopi alasannya yaitu makan ini berbahaya untuk lovebird.

Minum harus selalu tersedia dalam kandang. Air minum ini juga diganti setiap hari ini mempunyai kegunaan untuk menjaga kesehatan burung Andari.

Memandikan Lovebird

Mandikan burung Lovebird kesangan Andari seminggu sekali dengan cairan anti septik untuk menjaga kesehatan burung terutama mematikan kutu-kutu yang berada pada bulu dan kuman lainnya. Semprotkan dari atas memakai semprotan halus, siram hingga lembap merata keseluruh tubuhnya.  Setelah itu dikeringkan dan dijemur.
Jangan lupa didalam sangkar sediakan kawasan mandi alasannya yaitu lovebird burung yang suka mandi.

Penjemuran

Untuk penjemuran tidak jauh berbeda dengan burung lain yaitu usahan burung lovebird Anda dijemur setiap hari kira-kira 2 hingga 3 jam, tapi jangan hingga gosong ya he he.

Demikian perawatan burung lovebird semoga membantu. Kalau menjalankan perawatan yang baik gampang mudahan lovebird selalu sehat dan berumur panjang.

0 Response to "Cara Perawatan Burung Lovebird Yang Baik"

Total Pageviews