Latest News

Mengenal Lebih Akrab Burung Cucak Ijo

Tidak sulit mengenali burung Cucak Ijo. Salah satu burung kicau, mempunyai banyak penggemar ini mempunyai warna bulu khas dengan dominasi warna hijau, dan ciri bab bawah paruh berwarna hitam pada burung jantan.

Burung Cucak Ijo banyak dijumpai di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, dan Kalimantan. Burung ini hidup berkelompok dalam hutan dan terbang dari satu pohon ke pohon lain pada tahan tinggi.

 mempunyai banyak penggemar ini mempunyai warna bulu khas dengan dominasi warna hijau Mengenal Lebih Dekat Burung Cucak Ijo


Kicauan burung Cucak Ijo sangat merdu dan sanggup menggandakan bunyi aneka macam jenis burung lain. Karena itu, untuk mendapat burung Cucak Ijo mempunyai kualitas lomba dan punya bunyi senjata tonjolan keras oleh hobiisi bunyi Cucak Ijo diisi dengan bunyi master burung lain. Misal saja, master cucak Jenggot, Love Bird, Cililin, Punglor Merah dan lain sebagainya.

Meski termasuk burung liar, namun burung Cucak Ijo sangat gampang dijinakkan. Bahkan sangking jinaknya, Cucak Ijo cepat dekat dengan manusia. Cucak Ijo paling suka masakan dari jenis serangga ibarat jangkrik, kroto, ulat dan buah buahan sebagai masakan utama.

Burung dengan nama latin Chiropsis sonerati ini, bahagia hidup di hutan lebat. Di Indonesia terutama di kawasan Malang, Banyuwangi, dan Kepulauan Sunda Besar terdapat banyak jenis burung Cucak Ijo. Di Jawa dan Bali terdapat tiga jenis, sedangkan di Kepulauan Sunda Besar ada tujuh jenis.

Jenis burung Cucak Ijo, ada yang menyebut Cipoh atau Cipo, terbagi lagi Cipoh Jantung dan Cipoh Kucat. Jenis ini merupakan kelompok Genus Aeghitina. Sedangkan jenis lain yakni Cica Daun Kecil dan Cica Daun Besar, atau umum disebut Cucak Ijo.

Untuk membedakan burung Cucak Ijo jantan dengan betina sangat mudah. Seperti disebutkan diatas, burung Cucak Ijo jantan bab leher atau di bawah paruh terdapat bulu hitam melingkar ibarat kalung, sedangkan betina hanya ada warna kuning tipis di bab leher dan tidak ada warna hitam.

Burung Cucak Ijo jantan dan betina sama-sama mempunyai bunyi keras. Namun, burung Cucak Ijo jantan akan terlihat huruf fighter jikalau didekatkan dengan burung Cucak Ijo jantan lain. Variasi lagu akan muncul untuk menunjukkan sifat jantannya beserta dengan perkembangan bulu di bab kepala. Burung ini sangat gampang menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, ia tidak gampang stress dan rajin berkicau. Tetapi jikalau sedang istirahat (tidur), jangan sekali-sekali menciptakan burung ini terkejut. Ia tidak hanya menjadi stress, tapi sanggup lemas dan berakibat pada kematian.

Burung cucak ijo sering lombakan, yang juara mendapat hadiah dan harga burung otomatis melambung. Kaprikornus juara tidak gampang perlu perawatan berkelanjutan, apalagi mempertahankan juara lebih sulit lagi. Baca Rahasia perawatan cucak ijo juara.

Keunikan burung Cucak Ijo bermain air, menyebabkan bulu tubuhnya menjadi lembut dan akan rontok  pada bulan Januari-Juli.

0 Response to "Mengenal Lebih Akrab Burung Cucak Ijo"

Total Pageviews