Latest News

Tips Perawatan Koi Gres Beli Atau Karantina Koi

Kali ini isu perawatan ikan Koi gres beli dari pedagang ikan atau tempat budidaya. Perawatan ini disebut juga oleh para hobiis karantina. Karantina ikan koi sangat perlu dilakukan sebelum melepas ke bak yang telah disediakan.

Tapi sebelum karantina yang utama yang perlu diperhatikan yaitu dikala membeli ikan koi, pilih ikan yang sehat ukuran tubuh contoh warna dll.

baca: Tips menentukan ikan koi yang baik.

Perawatan Koi sebelum dilepas ke bak bertujuan untuk menjaga kelangsungan hidup ikan, sering kali koi yang  langsung dilepas ke bak beberapa hari kemudian ikan tersebut mati. Untuk mengantisipasi hal demikian maka karantina perlu dilakukan.

Banyak sekali penyebab ikan tersebut mati, tapi pada pada dasarnya yaitu terlalu cepat perubahan kondisi dari tempat budidaya atau kantong plastik dikala pengiriman dengan kondisi lingkungan bak di rumah Andari. Perbedaannya menyerupai kondisi air, suhu, selain itu sanggup juga jawaban ikan lemah stress selama dalam perjalanan dan ikan sudah terkena penyakit sebelumnya.

Maka dari itu sangat perlu Koi yang gres dibeli menerima perawatan khusus atau karantina untuk memulihkan kondisi ikan dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar secara perlahan.

Kali ini isu perawatan ikan Koi gres beli dari pedagang ikan atau tempat budidaya Tips Perawatan Koi Baru Beli atau Karantina Koi

Peralatan yang diperlukan untuk karantina

Sediakan bak khusus untuk karantina yang higienis dan steril jauh dari gangguan apapun. Kalau tidak ada bak khusus sanggup gunakan tangki untuk tempat ikan selama dalam masa karantina, jikalau tidak ada juga Aquarium juga sanggup atau apa saja tempat yang cukup untuk menampung Koi, yang penting tidak terlalu kecil terutama panjang dikala ikan mau berbelok. Kalau ikan banyak tentu tempat juga yang lebih besar.

Sediakan juga heater untuk mengatur suhu air.

Proses perawatan atau karantina

  1. Isi wadah tempat karantina dengan dengan air yang higienis campur dengan garam ikan sesuai dosis 1 kg / ton,  biasanya 2 kantong atau 3 kantong sesuai banyak air. Campur juga obat obatan untuk ikan yang biasa digunakan, jikalau tidak juga tidak apa-apa.
  2. Atur heater suhu air 27 – 30” C. Kalau tidak punya ya sesuaikan saja.
  3. Pertama kantong plastik berisi Koi diapungkan dulu dalam wadah yang telah disediakan selama kurang lebih 1 jam. Ini bertujuan menyesuaikan suhu air dengan suhu dalam kantong.
  4. Setelah itu buka kantong plastic dan masukan ikan ke dalam wadah karantina, yang dimasukkan ikan saja, air jangan dimasukkan. Karena air yang dibawa dari tempat budidaya koi mengandung obat-obatan dan mungkin juga membawa penyakit.
  5. Ikan jangan diberi makan dulu kurang lebih selama 2 minggu.
  6. Beri tutup wadah untuk menjaga ikan melompat dan tempatkan pada kawasan yang damai jauh dari gangguan apapun.
  7. Setelah 1 ahad suhu air boleh diturunkan perlahan menuju suhu bak yang sebenarnya.
  8. Setelah kurang lebih 2 ahad lihat kondisi Koi, jikalau kondisi ikan sehat sudah boleh dilepas ke dalam kolam.

Kira kira demikian proses karantina sesudah itu lanjutkan perawatan ikan koi menyerupai biasa. Ini ia tips perawatan ikan koi yang baik.

Banyak orang yang memelihara ikan koi sebab sebagian percaya dapat membawa keberuntungan jikalau dipelihara dalam jumlah tertentu, ada juga yang percaya keberuntungan dan keselamatan dari corak warna dll

Demikian tips perawatan koi gres beli atau proses karantina koi, agar membantu.

0 Response to "Tips Perawatan Koi Gres Beli Atau Karantina Koi"

Total Pageviews