Latest News

Cara Menanam Cabai Merah Kriting / Besar Yang Baik

Jika hendak berniat menanam cabe, baik itu cabai merah kriting atau cabai merah besar tips ini dibawah mudah-mudahan sanggup membantu. Cabe merupakan kebutuhan materi pokok. Masyarakat Indonesia sangat gemar mengkonsumsi cabe. Oleh alasannya yaitu itu kebutuhan terus meningkat dari waktu ke waktu. Kita sanggup menanam cabai untuk di konsumsi sendiri atau sanggup juga di manfaatkan sebagai peluang usaha.

Nah kali ini akan membahas seputar menanam cabai merah. Menanam cabai dimulai dari persiapan bibit cabe. Bibit cabai sanggup didapat dari penyemaian sendiri atau beli yang sudah jadi. Jika menyemai sendiri mulai dari biji, sanggup diambil dari cabai sudah matang tepat dipilih kualitas baik.

Penyemaian sanggup dilakukan sendiri dengan menyiapkan lahan hingga dengan ukuran 1 m2 panjang sesuai kondisi area setempat. Taburkan benih cabai 5 g pada setiap lahan semai ukuran 1 m2.

Penyemaian sanggup juga memakai polybag. Menggunakan polybag biji cabai di semai 1 daerah 1 biji cabe. Gunakan polybag dengan ukuran 6 x 8 cm.

baca juga: Cara penyemaian cabai untuk skala budidaya atau skala rumahan

Jika sudah tumbuh sudah layak tanam umur 1 hingga 1,5 bulan, waktunya untuk memindahkan ke lahan tanam. Kita akan memakai lahan tanam terbuka, sebelumnya kita harus sudah persiapkan bedeng untuk menanam cabai sebelum bibit cabai tumbuh besar.

Langkah-langkah cara tanam mulai dari pengolahan lahan sanggup lihat dibawah ini

 baik itu cabai merah kriting atau cabai merah besar tips ini dibawah gampang Cara Menanam Cabe Merah Kriting / Besar Yang Baik

Cara Menanam Cabe


  1. Gemburkan tanah lahan tanam dengan cangkul, sehabis itu buat bedengan dengan ukuran 1 m panjang 5 m tinggi 30 cm
  2. Campur tanah lahan tanam dengan pupuk kandang. Kebutuhan pupuk sangkar dengan perbandingan luas lahan 100 m2 pupuk sangkar 200 kg. Setelah itu diamkan lahan selama dua hari supaya tanah menjadi dingin
  3. Pasang mulsa plastik untuk menutupi lahan tanam. Mulsa sangat baik untuk perawatan kedepan. Pemasangan mulsa tidak harus dilakukan tergantung ketersediaan modal. Jika untuk skala budidaya luas pemasangan mulsa sangat disarankan. Memudahkan dalam perawatan dan sanggup meningkatkan produksi. Untuk skala rumahan cabai untuk dikonsumsi sendiri biasanya tidak memakai mulsa
  4. Buat lubang tanam dengan jarak 50 cm x 60 cm. Jika memakai mulsa bolongkan mulsa terlebih dahulu dengan proteksi kaleng bundar telah dipanaskan. Tempel kaleng bundar dipanaskan ke mulsa sesuai jarak tanam
  5. Masukan bibit cabai sudah berumur 1 bulan ke lubang tanam, sehabis itu tutup dengan tanah hingga pangkal batang
  6. Padatkan sedikit tanah sekitar tumbuhan supaya bibit cabai berpengaruh berdiri.

Langkah menanam cabai sudah selesai, selanjutnya lakukan perawatan harian hingga cabai siap panen. Langkah perawatan yaitu penyiraman setiap hari, penyiangan tumbuhan hama dan penanggulangan hama penyakit.

0 Response to "Cara Menanam Cabai Merah Kriting / Besar Yang Baik"

Total Pageviews