Latest News

Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit Ikan Bandeng

Pengendalian hama dan penyakit ikan bandeng tentu penting dalam perjuangan budidaya biar sanggup hasil yang optimal. Tentunya sesudah menngetahui cara proteksi pakan bandeng yang baik. Lantas hama penyakit apa saja yang perlu diketahui?.

Penyakit yang sering menyerang bandeng ialah :


1. Pembusukan sirip
Disebabkan oleh bakteri. Gejalanya sirip membusuk dari belahan tepi.

2. Vibriosis.
Disebabkan oleh kuman Vibriosis sp , gejalanya nafsu makan turun, pembusukan sirip, dan belahan perut bisul oleh cairan.

3. Penyakit oleh Protozoa.
Gejalanya nafsu makan hilang, mata buta, sisik terkelupas, insang rusak, banyak berlendir.

4. Penyakit oleh cacing renik.
Sering disebabkan oleh cacing Diploctanum yang menyerang belahan insang sehingga menjadi pucat dan berlendir.

Penyakit dari bakteri, benalu dan jamur disebabkan lingkungan yang buruk, dan penurunan daya tahan badan ikan bandeng. Penurunan kualitas lingkungan disebabkan oleh tingginya timbunan materi organik dan pencemaran lingkungan dari pedoman sungai. Bahan organik dan kotoran akan membusuk dan manghasilkan gas-gas yang berbahaya.

Ketahanan badan ikan ditentukan konsumsi nutrisinya. Maka cara pengendalian penyakit harus menitikberatkan pada kedua faktor tersebut.

Untuk mengatasi penurunan kualitas lingkungan sanggup dilakukan perlakuan TON dengan takaran 5 botol/ha atau 25 gr (2 sendok makan)/100 m2 yang mengandung unsur mineral dan asam-asam organik penting yang bisa menetralkan banyak sekali gas berbahaya hasil pembusukan kotoran dalam kolam dan unsur mineral akan menyuburkan plankton sebagai pakan alami.

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dalam jumlah yang ideal, perlu diberikan pakan dengan standar protein yang sesuai serta dengan penambahan/pencampuran NASA pada pakan buatan. NASA dengan kandungan mineral-mineral penting, vitamin, asam organic, protein dan lemak akan menambah dan melengkapi nutrisi pakan bandeng, sehingga ketahanan badan untuk hidup dan berkembang selalu tercukupi.

Sumber : tipstrik-be.tk/search?q=cara-pemberian-pakan-ikan-bandeng-agar
 tentu penting dalam perjuangan budidaya biar sanggup hasil yang optimal Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Ikan Bandeng

0 Response to "Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit Ikan Bandeng"

Total Pageviews