Latest News

Cara Jitu Budidaya Ternak Burung Lovebird

Budidaya ternak burung Lovebird menjanjikan dilihat dari harga burung ini relatif stabil dari waktu ke waktu. Lihat saja harga burung Lovebird yang ini. Makara tidak salah kalau pencinta burung melirik peluang pasar di bidang jenis burung ini. Kalau sudah sedikit berpengalam ternak burung lain tentu tidak kesulitan ternak burung yang satu ini.

Usia Produktif Burung Lovebird

Burung Lovebird mulai diternak kalau sudah usia 7 bulan keatas. Sebagaimana biasa menentukan burung Indukan ialah sehat dan tidak cacat bakal calon induk dan usia produktif, jangan terlalu tua. Hindari budidaya ternak Lovebird usia diatas 3 tahun lantaran sudah tidak produktif. Indukan sanggup dari piara sendiri dari kecil atau beli pada pedagang yang sudah dipercaya dan berpengalaman.

Beda Burung Lovebird Jantan atau betina

Sebelum dimulai budidaya ternak Lovebird, bedakan antara burung Lovebird jantan dan betina. Dilihat sepintas sulit membedakan Lovebird jantan atau betina baik dari segi bentuk badan maupun warna. Cara yang biasa dipakai untuk membedakan jantan atau betina ialah dengan meraba kedua capit udang dibawah dubur. Jika keras, rapat dan lancip, ini tandanya burung jantan. Sedangkan kalau betina capit udang tersa lembek, lebar dan tumpul. Lihat juga Lovebird betina ketika birahi memiliki kebiasaan mengumpul materi sarang dan diselipkan diantara kedua sayapnya sebelum dibawa kedalam sangkar  / sarang.

 menjanjikan dilihat dari harga burung ini relatif stabil dari waktu ke waktu Cara Jitu Budidaya Ternak Burung Lovebird

Makanan Untuk Memacu Birahi Burung Lovebird

Untuk memacu birahi berikan Lovebird kwaci dan tambah extra fooding menyerupai toge, jagung muda dan sawi. Makan ini dipercaya mamacu birahi Lovebird berdasarkan teman yang pernah melakukannya, hal ini patut dicoba.

Mengurut Garis Keturunan

Walaupun Lovebird sanggup diternak dengan cara diumbar dalam sangkar ukuran besar dengan jumlah banyak ialah lebih dari 1 pasang, tapi akan lebih baik ternak Lovebird secara terpisah. Artinya 1 pasang Lovebird, gunakan satu sangkar dengan ukuran  80 cm x 40 cm x 40cm.

Satu Kandang diisi satu pasang Lovebird bertujuan supaya lebih gampang menelusuri garis keturunan anakan. Dengan ini memungkinkan kita menciptakan rencana atau mengawin silang untuk mendapat keturunan gres dan warna gres dari anak Lovebird berikutnya.

Membuat Kotak Sarang

Buat kotak sarang atau glodok untuk bertelur dan mengeram. Ukuran glodok sanggup = 15cm x 20cm x 25cm. Bahan glodok dari papan ukuran tebal kra-kira 2 cm.

Sarang buat dari serbuk kayu atau sanggup juga memakai kulit jagung yang sudah kering atau materi lain yang sekiranya sanggup dijadikan sarang seakan-akan menyerupai dialam bebas.

Perlakuan Terhadap Anak Burung Lovebird

Kalau sudah berhasil bertelur biasanya 4 atau hingga 6 butir telur berarti sudah baik. Telur akan menetas sehabis dierami sekitar 21 hingga 23 hari.

Kedua induk saling bergantian menyuapi masakan pada anakan. Setelah berumur sekitar 6 – 8 minggu, anak Lovebird mulai keluar dari kotak sarang. Setelah itu anak ini sanggup makan sendiri dan ini waktunya memindah anakan dan dirawat sebagaimana biasa.

Kadang pada ketika masih kecil, Induk Lovebird tidak mau menyuapi atau mengasuh anakannya sendiri. Kalau begini mau tidak mau anakan harus diangkat dan disuapi dan diasuh oleh Tuannya.

Buat kotak ukuran 40 cm x 40 cm x 40 cm dan beri lampu bohlam 5 watt ini berfungsi sebagai penghangat. Suapi anak Lovebird oleh penganti bapaknya setiap 2 jam sekali. Berikan masakan bubur susu bayi dengan cara mencampur bubur susu dengan air matang hangat dan gunakan sendok untuk menyuapi.

Perlu diperhatikan kekentalan bubur bayi ini waktu diberikan, harap diubahsuaikan mengikuti usia anak burung itu sendiri, ialah semakin bau tanah semakin kental bubur yang diberikan. Setelah umur 3 hingga 4 ahad boleh diperkenalkan jenis masakan lain menyerupai buah dan sayur atau millet.

Kendala Umum Ternak Lovebird

1. Sulit Mau jodoh
Pemilik hingga jengkel lantaran Induk yang di gadang-gadang mau kawin malah sebaliknya tidak mau jodoh atau kawin. Tapi jangan putus asa, lihat dulu dengan teliti menyerupai jenis kelamin sama atau berlainan lantaran aga sedikit sulit membedakan keduannya atau burung ini belum masuk masa birahi dan yang tidak kalah penting perhatihkan juga lingkungan mungkin tidak mendukung untuk bermesraan.

2. Telur Tidak Menetas
Beberapa penyebab telur tidak menetas menyerupai Induk Lovebird mandul atau kurang nutirisi sanggup juga telur tidak dierami atau telur kena penyakit bakteri. Kalau ada 1 atau 2 telur yang tidak menetas itu tidak duduk masalah lantaran memang biasanya tidak semua telur sanggup menetas.

3. Cacat.
Kadang di temui anak Lovebird kakinya tidak sanggup mencengkeram dengan baik atau  miring ke samping baik itu samping kanan atau kiri. Kasus menyerupai ini sanggup disebabkan oleh sangkar kurang mencukupi sempit atau dasar pijakan licin contohnya terbuat dari triplek atau materi lain. Usahakan dasar sarang tidak licin.

Demikian Tips cara budidaya ternak burung Lovebird semoga berhasil

0 Response to "Cara Jitu Budidaya Ternak Burung Lovebird"

Total Pageviews