Latest News

6 Tata Cara Persiapan Benih Dan Pembibitan Bawang Daun

Tata cara persiapan benih dan pembibitan bawang daun sangat penting untuk diketahui bila ingin menanam sayuran ini. Persiapan benih dan pembibitan tidak sanggup dipisahkan sebagai langkah awal menanam tanaman. Menanam bawang sanggup dilakukan di lahan sempit di pekarangan rumah atau lahan pertanian yang luas berskala budidaya.

Bawang daun ialah flora sayur dipakai sebagai adonan masakan. Banyak kuliner yang memakai adonan flora ini ibarat aneka macam sayur bening dicampur bayam, wortel, tomat, sanggup juga adonan telur dadar dan lainnya.

Bawang daun merupakan flora se-musim, tidak bercabang, berwarna hijau. Mempunyai daun tunggal berupa roset mempunyai bunga putih atau hijau. Bawang daun mempunyai akar serabut, mempunyai buah warna hijau dengan biji kecil-kecil putih. Jenis yang banyak ditanam ialah bawang pre dan bawang semprong.

Langkah awal budidaya bawang daun yaitu persiapan benih, pembibitan, penanaman, pemeliharaan dan terakhir panen. Info kali ini persiapan benih dan pembibitan

Persiapan Benih Bawang Daun

Dari mana benih bawang daun didapat?

Benih bawang daun sanggup dari biji dan sanggup juga dari tunas anakan. Benih sanggup didapat dari toko pertanian yang sudah anggun kualitasnya dan bersertifikat. Pilih saja salah satu, gosip saja pada umumnya petani lebih banyak memakai tunas anakan disebut juga setek tunas.

Jika menentukan setek tunas sanggup didapat dengan cara memisahkan anakan dengan bawang yang sudah besar. Anakan untuk ditanam kembali yang besar untuk dikonsumsi. Syarat menentukan benih yaitu tumbuh subur, sehat tidak ada hama penyakit. Bawang daun yang baik akan terlihat tumbuh lebih besar dari lainnya.

Untuk kebutuhan benih luas area tanam 100 m2 membutuhkan 2000 setek tunas sekitar 20 kg benih.

Jika menentukan benih dengan setek tunas, bawang sanggup pribadi ditanam pada lahan tanam, tapi bila memakai benih harus disemai dulu di lahan semai ibarat berikut ini.

Tata cara persiapan benih dan pembibitan bawang daun sangat penting untuk diketahui bila i 6 Tata Cara Persiapan Benih dan Pembibitan Bawang Daun


Cara Pembibitan Bawang Daun

Jika bawang dari benih langkah tahapan pembibitan ibarat berikut:

  1. Buat bedeng persemaian terlebih dahulu ukuran 1 m x 2 m.
  2. Cangkul lahan semoga tanah menjadi gembur
  3. Campur tanah persemaian dengan dengan 5 kg pupuk kandang, sehabis itu cangkul kembali untuk mencampur dan ratakan dibagian atas
  4. Taburkan benih bawang daun diatas tanah semai sehabis itu tutup dengan tanah tipis-tipis saja
  5. Siram lahan persemaian setiap pagi dan sore hari dengan spray halus secukupnya. Mudah-mudahan bibit akan tumbuh seminggu kemudian
  6. Pindahkan bibit bawang ke lawan tanam sehabis tumbuh 2 hingga 3 helai daun.

Selanjutnya untuk budidaya, menanam bibit di lahan tanam bawang daun.

Demikian cara pembibitan bawang daun. Emang lebih simpel mulai dari setek anakan tanpa melalui pembibitan, tapi hal itu hanya sanggup dilakukan bila sudah panen pertama.

0 Response to "6 Tata Cara Persiapan Benih Dan Pembibitan Bawang Daun"

Total Pageviews