Latest News

Cara Perawatan Ternak Angsa Peking Yang Baik

Cara perawatan belibis peking yang baik sangat penting pada keberhasilan usaha peternak bebek. Pola pemeliharaan belibis peking secara intensif menjadi pilihan utama. Namun pengetahuan ihwal cara merawat belibis peking tidak semua peternak sanggup melakukannya dengan baik. Merawat belibis mulai dari usia DOD hingga cukup umur memiliki teknik dan gaya tersendiri.

Perawatan ternak belibis peking sanggup dibagi menjadi 3 yaitu mulai dari fase starter, fase pertumbuhan dan fase layer / bertelur. Mau tahu? Coba dilihat satu persatu ibarat dibawah ini.

Perawatan Ternak Anak Bebek Peking ( fase stater )

Perawat anak mulai dari Itik Peking berumur 1 hari hingga umur 60 hari. Pada masa ini anak Itik dipelihara dalam sangkar khusus menggunakan pemanas / induk buatan alasannya yaitu pada umur 1 – 14 hari anak itik tidak tahan dengan cuaca hambar alasannya yaitu belum tumbuh bulu merata di seluruh tubuh. Untuk pakan anak belibis diberi makan khusus yaitu pakan anak memiliki kandungan protein sekitar 19 – 21 % kadar protein dan lebih dikenal dengan masakan “Starter”.

Kandang boleh dalam bentuk postal ataupun menggunakan sangkar Box. Kalau sangkar Box gunakan pada umur 1 – 14 hari sedangkan dari umur 15 – 60 hari gunakan sangkar postal alasannya yaitu anak belibis sudah mulai besar .Kapasitas sangkar pada periode ini sekitar 10 – 15 ekor / m2

Setelah umur 14 hari anak Itik Peking tersebut sudah bisa menahan hawa hambar sehingga tidak perlu lagi dibantu dengan  pemanas. Penempatan dikandang bisa dipelihara hingga umur 60 hari untuk pemeliharaan pembibitan, selanjutnya sesudah umur 60 hari belibis dipindah ke sangkar masa pertumbuhan (Grower).

Kalau untuk menciptakan belibis potong sama besar dimulai juga dari umur 0. Lebih jauh melihat cara menghasilkan belibis potong sama besar

 yang baik sangat penting pada keberhasilan  Cara Perawatan Ternak Bebek Peking Yang Baik


Perawatan Ternak Bebek Peking Masa Pertumbuhan (Grower )

Periode perawatan Bebek Peking pada masa pertumbuhan perlu memperhatikan belibis yang dipelihara, alasannya yaitu pada masa ini sedang memelihara Itik Peking betina yang nantinya sebagai pengganti bibit dan Bebek Peking pejantan pengganti.

Untuk bibit pengganti dipilih yang punyai keunggulan, baik jantan maupun betina dengan sex ratio 1 : 4 (1 Jantan 4 betina). Pada periode ini Itik yang dipelihara berumur antara 61 hari hingga dengan 150 hari, sedangkan kapasitas sangkar pada masa ini sekitar 6 – 8 ekor/m2.

Pemeliharaan Perawatan Bebek Peking Masa Bertelur ( Bertelur )

Bebek Peking berumur 5 bulan atau lebih baik belibis jantan maupun betina sanggup dikatakan sebagai Itik Layer alasannya yaitu pada masa ini fisik Itik sudah berkemas-kemas memproduksi telur. Masa bertelur mulai umur 5,5 bulan atau 6 bulan, tetapi secara umum masa mulai bertelur normal pada umur 6 bulan.

Bebek ini ditempatkan pada sangkar khusus yaitu sangkar Itik dewasa. Kadang Itik cukup umur dilengkapi dengan kawasan bertelur serta sangkar umbaran atau lapangan kawasan bermain. Kadang juga dilengkapi dengan bak atau jalan masuk air yang berfungsi untuk mandi Itik dan mendinginkan badan pada ketika siang hari. Perbandingan jantan dengan betina 1 : 4 (1 jantan 4 betina).

Demikian cara memelihara dan perawatan Bebek Peking mulai dari anak hingga belibis siap bertelur atau dipotong untuk pedaging. Untuk lebih memantapkan lihat yang lain berkaitan dengan ini.

0 Response to "Cara Perawatan Ternak Angsa Peking Yang Baik"

Total Pageviews