Latest News

4 Cara Gampang Memelihara Bibit Dan Membesarkan Anak Ikan Mas

Memelihara bibit dan cara membesarkan anak ikan mas. Tahap ini sesudah kita melaksanakan pembibitan dan pemicahan. Memelihara anak ikan mas sesudah telur-telur hasil pemijahan menetas. Kegiatan ini sanggup dilakukan pada bak pendederan luas 200-500 meter persegi yang telah dipersiapkan mendapatkan anak ikan. Dimana bak tersebut dikeringkan terlebih dahulu serta higienis dari ikan-ikan liar. Kolam diberi kapur dan pupuk sesuai ketentuan dan pakan sesuai ketentuan.

Memelihara Bibit


Tahap Pendederan ikan mas
I. Umur benih disebar sekitar 5-7 hari (ukuran 1-1,5 cm); jumlah benih disebar=100-200 ekor/meter persegi; usang pemeliharaan 1 bulan; ukuran benih menjadi 2-3 cm.

II. Setelah tahap I selesai; jumlah benih yang disebar 50-75 ekor/meter persegi; usang pemeliharaan 1 bulan; ukuran benih menjadi 3-5 cm.

III. Setelah tahap II selesai; jumlah benih yang disebar 25-50 ekor/meter persegi; usang pemeliharaan 1 bulan; ukuran benih menjadi 5-8 cm. Dan perlu penambahan masakan berupa dedak halus 3-5% dari jumlah bobot benih.

IV. Setelah tahap III selesai; jumlah benih yang disebar 3-5 ekor/meter persegi; usang pemeliharaan 1 bulan; ukuran benih menjadi 8-12 cm. Dan perlu penambahan masakan berupa dedak halus 3-5% dari jumlah bobot benih.

Perlakuan dan Perawatan Bibit
Apabila benih belum mencapai ukuran 100 gram, maka benih diberi pakan pelet 2 mm sebanyak 3 kali bobot total benih yang diberikan 4 kali sehari selama 3 minggu.

Memelihara bibit dan cara membesarkan anak ikan mas 4 Cara Praktis Memelihara Bibit dan Membesarkan Anak Ikan Mas

Cara Membesarkan Anak Ikan Mas


A. Membesarkan Ikan Mas Cara Polikultur>
1. ikan mas 50%, ikan tawes 20%, dan mujair 30%, atau
2. ikan mas 50%, ikan gurame 20% dan ikan mujair 30%.

B. Membesarkan Ikan Mas Cara Monokultur

Pemeliharaan sistem ini merupakan pemeliharaan terbaik dibandingkan dengan polikultur dan pada sistem ini dilakukan pemisahan antara induk jantan dan betina.

Pemupukan


Pemupukan dengan kotoran ayam sebanyak 250-500 gram/m2 , TSP 10 gram/m2 , Urea 10 gram/m2 , kapur 25-100 gram/m2 . Setelah itu bak diisi air 39\0-40 cm. Biarkan 5-7 hari. Dua hari sesudah pengisian air, bak disemprot dengan insektisida organophosphat menyerupai Sumithion 60 EC, Basudin 60 EC dengan takaran 2-4 ppm. Tujuan untuk memberantas serangga dan udang-udangan ang akan memangsa rotifera.

Setelah 7 hari kemudian, air ditinggikan sekitar 60 cm. Padat penebaran ikan tergantung pemeliharaannya. Jika hanya mengandalkan pakan alami dan dedak, maka padat penebaran yaitu 100-200 ekor/m2 , sedangkan jikalau diberi pakan pellet, maka penebaran yaitu 300-400 ekor/m 2 (benih lepas hapa). Penebaran dilakukan pada pagi/sore hari ketika suhu rendah.

Pemberian Pakan


Pembenihan intensif utamakan pertolongan pakan buatan. Pakan kualitas baik mengandung zat-zat masakan cukup protein, mengandung asam amino esensial, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral.

Perawatan larva dalam hapa sekitar 4-5 hari. Setelah larva tidak melekat pada kakaban, 3-4 hari lalu kakaban diangkat dan dibersihkan. Pemberian pakan untuk larva, 1 butir kuning telur rebus untuk 100.000 ekor/hari. Caranya kuning telur dibentuk suspensi 1/4 liter air untuk 1 butir, kuning telur diremas dalam kain lalu diberikan pada benih, perawatan 5-7 hari.

Pemeliharaan ikan mas tidak boleh terabaikan yaitu menjaga kondisi air biar kualitas stabil, higienis tidak terkontaminasi oleh zat beracun. Sumber : Proyek Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pedesaan, Bappenas

0 Response to "4 Cara Gampang Memelihara Bibit Dan Membesarkan Anak Ikan Mas"

Total Pageviews