Latest News

Pencahayaan Yang Baik Pada Ayam Petelur ( Lighting )

Pencahayaan pada budidaya Ayam Petelur merupakan salah satu bab yang perlu diperhatikan, bersama dengan item lain. Item lain yang dimaksud yakni memberi pakan dan minum berkualitas sesuai kebutuhan, mengontrol suhu kandang,  menjaga berat tubuh layer dan lain-lain.

Ayam petelur sangat sensitif terhadap cahaya, oleh alasannya itu sangat penting menyesuaikan jadwal pencahayaan sesuai dengan perkembangan pertumbuhan pullet dan jadwal stimulasi cahaya sesuai seleksi genetik. Bermanfaat juga untuk menyesuaikan dengan seruan pasar dari segi berat telur.

Pencahayaan pada budidaya Ayam Petelur merupakan salah satu bab yang perlu diperhatikan Pencahayaan Yang Baik Pada Ayam Petelur ( Lighting )


Menurut Pak Sopyan Haris yang sudah sangat berpengalaman mengenai perjuangan ternak ayam petelur, ada 2 faktor dalam jadwal pencahayaan, yaitu faktor intensitas (light intensity) dan faktor durasi (light duration).
Lebih jelasnya ibarat dibawah ini

Pencahayaan Ayam Petelur


Intensitas Pencahayaan
1. Umur 1 ahad –> 40 – 50 Lux
2. Umur 2 – 17 –> 15 – 20 Lux

Durasi Pencahayaan
1. Umur 1 ahad –> 22 – 23 jam
2. Umur 2 ahad –> 21 jam

Selanjutnya kurangi durasi pencahayaan menjadi 10 hingga 12 jam pada umur 9 atau 10 ahad tergantung dari sasaran berat telur yang dikehendaki.

Warna cahaya juga akan memberi imbas pada aktifitas pullet. Di umur awal, sebaiknya pullet diberi cahaya warna putih untuk memberi kesempatan mengikuti keadaan dengan kawasan pakan dan minum. Selanjutnya cahaya boleh diganti dengan warna hijau atau biru biar memberi suasana damai pada pullet hingga umur pra layer. Pencahayaan sanggup direncanakan dari awal yaitu dari pembuatan kandang ayam petelur.

Demikian cara pencahayaan pada ayam petelur semoga sanggup membantu.

0 Response to "Pencahayaan Yang Baik Pada Ayam Petelur ( Lighting )"

Total Pageviews