Latest News

Cara Perawatan Burung Pleci Kacamata Yang Baik

Cara memelihara atau perawatan burung pleci kacamata tidak sulit. Burung ini termasuk burung kicau yang mudah perawatan diantara burung kicau lain. Perawatannya hampir sama hal utama yang perlu diperhatikan adalah pakan yang baik, perlakuan sehari-hari dan kebersihan kandang.

baca juga: 7 Burung kicau yang mudah perawatannya

Cara memelihara atau perawatan burung pleci kacamata tidak sulit Cara Perawatan Burung Pleci Kacamata Yang Baik

Tiga hal itulah yang harus diperhatikan setiap hari supaya burung pleci kesayangan rajin berkijau, supaya lebih terperinci dilihat dibawah ini

Pakan burung pleci yang baik 


Makanan kesukaan pleci yakni pisang kepok, pepaya, apel, pir, tomat, dan buah lainnya.

Pakan untuk setiap hari cukup diberi pisang kepok, alasannya yakni pisang kepok tidak mudah busuk dibanding buah lain. Satu pisang kepok biasa habis sehabis 2 hari.  Karena burung pleci ini mungil, makanannya juga sedikit. Apalagi jikalau disediakan juga voer dalam kandang, tambah mantap deh.

Untuk minum usahakan ganti setiap hari dan beri daerah minum agak besar alasannya yakni burung ini paling suka mandi di cepuk minum. Kaprikornus niscaya banyak air minum terbuang alasannya yakni digunakan untuk mandi.

Burung pleci paling suka sama buah pepaya. Tapi untuk pakan harian pisang kepok aja, alasannya yakni lebih simpel dan kotoran tidak bau, akan menggumpal, jadi mudah dibersihkan. Kalau pakan pepaya kotorannya encer awut-awutan mengotori kandang.

Supaya sehat seminggu sekali beri buah lain dapat pepaya, apel, pir dan lainnya.

Perawatan harian burung pleci


Setiap pagi pleci mandikan dengan semprot sprayer halus sekedar berair tidak hingga kuyup, alasannya yakni pleci akan mandi sendiri di cepuk minum. Kaprikornus ingat berikan cepuk minum agak besar supaya beliau dapat berendam, jikalau cepuk ukuran kecil seringkali beliau terjepit tidak dapat keluar, dapat berakibat mati.

Periksa makanan, ganti minum, sekali-sekali beri pakan kroto sedikit saja atau ulat sangkar juga boleh sedikit saja, alasannya yakni di alam liar burung ini juga suka serangga kecil.

Kandang burung pleci


Setelah diangin-angin pleci di jemur hingga jam 10 atau jam 11 siang, tergantung cuaca. Usahakan tidak melihat pleci lain, jikalau memang terpaksa daerah terbatas, jemur dengan jarak berjauhan semaksimal mungkin. Pasti akan berkicau saling balas. Kalau terlalu bersahabat di jemur kicaunya tidak power full berkicau seadanya, beda atau di jemur berjauhan mereka akan saling ngotot.

Selesai dijemur angin-angin pada daerah teduh dulu dan terus krodong masuk ke rumah atau daerah teduh. Kalau banyak burung gacor lain di rumah niscaya semua bakal ditiru. Kalau tidak ada burung lain setel saja bunyi masteran burung. Dijamin sebentar saja sudah dapat menggandakan bunyi master.

Sore jam 3 keluarkan burung kemudian semprot halus. Anginkan kemudian jemur lagi hingga jam 4-5 sore.
Selesai jemur anginkan sebentar tambah air minum terus krodong lagi.

Kalau burung pleci kacamata berdasarkan poskicau com  dipelihara dengan tujuan untuk dinikmati suara. Setelah mandi jemur dan masukan dalam rumah tidak perlu dikerodong. Malam biasanya suka mandi lagi di cepuk minum, sehabis itu pleci suka ngoceh lagi semaunya

Demikian cara perawatan burung pleci yang baik, semoga membantu.

0 Response to "Cara Perawatan Burung Pleci Kacamata Yang Baik"

Total Pageviews