Latest News

7 Wisata Lombok Menakjubkan

Wisata Menarik Lombok

desa sade lombok yakni desa yang terletak di lombok ini juga menyimpan banyak sejarah yang sangat unik loh!! kalo anda pengen mengetahui sejarah di desa sade ini anda dan keluarga atau kerabat terdekat anda harus berkunjung ke desa sade, lombok

Desa Sade Lombok

Desa Sade berada di Kecamatan Pujut, yang terletak di wilayah bab selatan Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Masyarakat yang tinggal di Desa Sade Lombok ini merupakan suku Sasak orisinil Lombok, dengan sistim sosial dan kehidupan keseharian mereka yang masih sangat kental dan memegang teguh budpekerti tradisi Sasak tempo dulu. Bahkan arsitektur rumah budpekerti khas Sasak juga masih sanggup Anda jumpai berdiri kokoh dan terawat dengan baik di tempat ini.

 desa sade lombok yakni desa yang terletak di  7 Wisata Lombok menakjubkan
Desa Sade Lombok

Bangunan tradisional Sasak yang sanggup Anda temui di perkampungan Desa Sade Lombok ini, terdiri dari dua jenis yang disebut dengan Bale Tani dan Lumbung. Bale Tani yakni bangunan yang dipergunakan sebagai tempat tinggal, dan Lumbung yakni bangunan yang biasa digunakan sebagai tempat menyimpan padi hasil panen atau untuk menyimpan segala kebutuhan.

Masih ada lagi bangunan yang menjadi bangunan khas Sasak. Yakni Berugak, yang berfungsi sebagai tempat untuk mendapatkan tamu, dan juga biasa digunakan sebagai tempat untuk berkumpul, bersantai selepas bekerja atau sebagai tempat pertemuan internal keluarga. Biasanya Berugak terdapat di depan samping kiri atau samping kanan Bale Tani.

Penghuni di Desa Sade Lombok ini sekitar 715 jiwa. Mata pencaharian penduduk di Desa Sade Lombok Tengah ini yakni bertani dan pekerjaan menenun yakni pekerjaan sambilan kaum wanita, Setelah selesai bekerja di sawah. Mereka menenun dengan hanya mengunakan alat tenun tradisional yang sangat sederhana. Hasil tenunan mereka sangat beraneka ragam seperti, taplak meja, kain sarung, kain songket, selendang, dan lain-lain.

Pantai Kuta Lombok


Pantai Kuta Lombok tak hanya ada di Pulau Bali namun juga ada di Pulau Lombok, Pantai Kuta Lombok yang berada di Desa Kuta Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah ini tak kalah manis dengan Pantai Kuta Bali.

 desa sade lombok yakni desa yang terletak di  7 Wisata Lombok menakjubkan
Pantai Kuta Lombok


Pantai Kuta Lombok memiliki Air Laut yang jernih dengan hamparan Pasir Putih yang sangat indah, saking jernihnya Anda sanggup melihat pemandangan di bawah Laut dari atas permukaan Air. Di Pantai Kuta Lombok ini terdapat bukit yang indah yang berjulukan Bukit Mandalika, para Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Indah di Lombok ini biasanya melaksanakan banyak sekali aktifitas air menyerupai berenang, bermain jet ski, bermain banana boat dan menyelam.

Selain itu, Anda juga sanggup menyaksikan Upatrik Bau Nyale yang sering diadakan Masyarakat setempat di sekitar Pantai Seger. Upatrik amis nyale merupakan tradisi penangkapan cacing nyale yang dilakukan masyarakat setempat untuk mengenang kisah Putri mandalika yang diperebutkan para Pria. Untuk menuju ke Pantai Kuta Lombok, jikalau Anda dari Kota Mataram atau Pantai Senggigi Anda hanya memerlukan waktu sekitar Satu jam saja.

Desa Banyumulek


Banyumulek yakni desa yang berada di kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara
 , Indonesia. Banyumulek merupakan sentra industri gerabah di seantero Pulau Lombok semenjak tahun 1990-an, di mana 80% penduduknya berkecimpung dalam pekerjaan tersebut.

 desa sade lombok yakni desa yang terletak di  7 Wisata Lombok menakjubkan
Desa Banyumulek


Di sepanjang jalan desa, Anda bakal menemui banyak galeri dan toko di kedua sisi jalan. Namun di antara galeri-galeri tersebut Anda bakal menemukan sebuah galeri yang cukup besar. Di galeri besar rsebut Anda sanggup menemui bermacam gerabah dengan varian yang lebih lengkap. Mulai dari ukuran, bentuk, warna, motif hiasan, keunikan, hingga fungsi yang bervariatif. Gerabah-gerabah tersebut tentu saja merupakan hasil karya pengerajin gerabah Desa Banyumulek ini.

Namun Anda sanggup menemui sebuah produk kerajinan gerabah Desa Banyumulek yang khas, yaitu Kendhil Maling. Kendhil yang satu ini cukup unik, alasannya yakni memiliki desain dan dongeng yang berbeda dari kendhil-kendhil biasanya. Kendhil Maling memiliki lubang di bab dasarnya. Lubang in digunakan untuk memasukkan air ke dalam kendhil. Uniknya, desain yang khusus pada Kendhil Maling membuat air tidak keluar dari lubang tersebut ketika kendhil diletakkan kembali.

Hasil kerajinan gerabah Desa Banyumulek ternyata sudah merambah hingga ke pasar internasional. Misalnya New Zeland dan beberapa negara di Eropa. Di desa ini, Anda sanggup membawa pulang hasil seni tersebut dengan harga yang bervariatif. Tergantung dari bentuk, ukuran, motif hiasan, serta tingkat kesulitan ketika proses pembuatannya.

Selain melihat hasil seni yang bewarna-warni tersebut, Anda juga sanggup berguru dan ikut serta dalam proses pembuatannya. Awalnya jenis gerabah ataupun keramik yang dihasilkan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, contohnya gentong yang berfungsi sebagai tempat air, kendi yang berfungsi sebagai tempat minum, tong sampah yang berfungsi untuk tempat pembuangan sampah, dan lain- lain.


Wisata Gunung Rinjan


Gunung Rinjani yang berlokasi di Lombok utara tentu sudah tidak abnormal lagi bagi warga Indonesia. Gunung Rinjani yang memiliki tinggi lebih dari 3,700 meter di atas permukaan laut yakni gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dan merupakan primadona wisata di Pulau Lombok.

 desa sade lombok yakni desa yang terletak di  7 Wisata Lombok menakjubkan
Wisata Gunung Rinjan

Gunung Rinjani memiliki pemandangan alam yang paling indah bila dibandingkan dengan gunung lain di Indonesia, bahkan keindahannya disebut-sebut sebagai yang paling indah tidak hanya di Indonesia, melainkan juga di Asia. Karena panorama alamnya yang indah inilah Gunung Rinjani menjadi gunung favorit para pendaki yang biasanya merupakan mahasiswa, pecinta alam, penduduk lokal, hingga wisatawan asing.

Selain panorama alam yang tiada duanya, Gunung Rinjani juga memiliki keunikan lain yaitu flora dan faunanya yang beraneka ragam. Suhu udara di Gunung Rinjani cukup cuek dengan suhu rata- rata sektiar 20 derajat Celsius dan suhu paling cuek sanggup mencapai 10 derajat Celsius sehingga anda perlu membawa baju tebal dan jaket untuk menghalau suhu yang cuek tersebut.

Biasanya untuk sanggup mencapai puncak, pendaki bakal membutuhkan waktu 2 malam untuk pendaki profesional, dan 3 malam untuk pendaki pemula. Oleh alasannya yakni itu anda harus bersiap membawa bekal yang cukup dan peralatan yang memadai untuk menaklukan tantangan ini.

Air Terjun Sendang Gile Dan Tiu Kelep


Air terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile merupakan 2 gerojokan di Lombok yang airnya mengalir membentuk satu aliran. Hembusan kabutnya memenuhi sekitar lembah dan keindahan airnya yang jatuh dari tebing bertingkat dan juga trek untuk mencapainya menyerupai menyusuri hutan dengan ajaran sungai yang sejuk, melewati goa dan juga jembatan unik di atas tebing bakal membuat jiwa petualangan niscaya tertantang.

 desa sade lombok yakni desa yang terletak di  7 Wisata Lombok menakjubkan
Air Terjun Sendang Gile Dan Tiu Kelep


Ke dua air terjun ini lokasinya berdekatan dan paling terkenal karna berada di kehidupan liar huta rimbun di bawah kaki Gunung Rinjani, keduanya mengatakan beberapa hal yang sangat mempesona ketika di kunjungi dengan trik soft trekking. Agar sanggup benar-benar mencicipi keindahnya Anda sanggup mencoba rute yang berbeda.

Berlokasi di Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Senaru juga merupakan trek pendakian menuju Gunung Rinjani, daerah ini merupakan tempat subur di daerah ini terdapat persawahan yang hijau tersusun rapi dan indah dari puncak hingga kaki bukit.


Bukit Malimbu


Bukit Malimbu merupakan tempat terbaik untuk menikmati pemandangan sunset di Pulau Lombok. Bukit Malimbu terletak sekitar 24 Kilometer dari pusat Kota Mataram, atau sekitar 10 Kilometer sebelah Utara Pantai Senggigi. Jalan untuk mencapai bukit ini cukup menantang, sehingga Anda bakal menempuh perjalanan sekitar 45 Menit dengan kendaraan pribadi.

 desa sade lombok yakni desa yang terletak di  7 Wisata Lombok menakjubkan
Bukit Malimbu


Menikmati pemandangan sunset di Bukit Malimbu bakal lebih tepat ketika langit dalam keadaan cerah. Pada keadaan tersebut Anda tak hanya disuguhkan pemandangan sunset yang indah. Namun Anda juga sanggup melihat dua gili yang paling terkenal, yaitu Gili Trawangan dan Gili Meno dari kejauhan, dengan latar belakang sunset. Anda juga sanggup melihat Gunung Agung dari kejauhan.

Bukit Malimbu merupakan tempat yang tepat untuk mengakhiri hari Anda yang penuh petualangan. Setelah menjelajah seharian Gili Trawangan,gili Meno, dani  Air, menikmati pemandangan sunset di Bukit Malimbu merupakan epilog yang sempurna. Jika Anda ingin mengunjungi ketiga gili tersebut dari Mataram, Anda niscaya bakal melewati bukit ini.


GILI MENO

Gili Meno yakni salah satu dari tiga pulau kecil, selain Gili Trawangan dan Gili Air, yang menjadi tempat wisata bahari. Tempat ini sanggup dicapai dari Kota Mataram sekitar 45 menit berkendaraan darat dengan perjalanan melewati Pantai Senggigi yang berlatarkan pemandangan pantai yang menakjubkan serta hutan lindung. Di sini terdapat taman burung yang memiliki koleksi burung- burung langka dari Indonesia dan mancanegara. Pasirnya putih dan masih alami.

 desa sade lombok yakni desa yang terletak di  7 Wisata Lombok menakjubkan
Gili Meno

Di Gili Meno kendaraan bermotor sangat dibatasi, demikian pula penggunaan listrik. Meskipun sunyi, gotong royong Gili Meno juga dihuni oleh warga setempat namun hanya sekitar 400 orang. Sebagian besar penduduk tinggal di sekitar jalan yang belum puas hanya dengan berkeliling dan melihat pantai saja, cobalah untuk bersnorkeling. Bersnorkeling di Gili Meno sangat mengasyikkan alasannya yakni selain air lautnya yang sangat jernih, Anda juga sudah sanggup melihat ikan bahkan penyu bermain-main di pantai yang cukup dangkal. jikalau Anda penggemar diving, ini yakni hal wajib yang harus Anda lakukan di Meno. Dengan air laut yang sangat jernih, Anda sanggup melihat terumbu karang yang masih terjaga, hiu karang, dan penyu.

Wisata Lombok


Wisata ini cocok untuk anda dan keluarga tercinta, untuk menghabiskan liburan bersama mereka yang kau cintai jadi jangan hingga terlewat untuk bergabung bersama Cheria Halal Holiday dengan  paket  tour halal lombok







Salam + Jika Berminat Hubungi cs Kami


0 Response to "7 Wisata Lombok Menakjubkan"

Total Pageviews