Latest News

Menapaki Jejak Islam Di Ningxia

Menapaki Jejak Islam di Ningxia


Mengenal sejarah perjalanan muslim di Ningxia Tiongkok menjadi salah satu destinasi menarik yang ditawarkan oleh . Saat tiba di kota Ningxia niscaya Anda bakal mencicipi pemandangan yang berbeda. Di Bandara Yinchuan, terdapat beberapa orang yang menggunakan baju muslim menyerupai baju koko, kerudung dan kopiah putih. Pemandangan berbeda juga terlihat selama perjalanan, bangunan-bangunan menyerupai masjid dan beberapa rumah atau toko bertuliskan arab terlihat menjulang tinggi.

Menapaki Jejak Islam di Ningxia

Pemeluk agama Islam di Ningxia di dominasi oleh suku Hui yang merupakan keturunan dari suku Han berpadu dengan bangsa Persia dan Arab sejak zaman Dinasti Tang. Pada masa ke- 7, para pedagang Persia dan Arab mulai menguasai perdagangan Tiongkok. Dahulu para pedagang yang tiba melalui Jalur Sutra menetap di Chang’an dan sekitarnya. Sedangkan jikalau tiba melalui jalan maritim menetap di kawasan Quanzhou dan Zhangzhou di pesisir Fujian. Lama kelamaan mereka berasimilasi dengan suku Han sehingga memiliki keturunan suku Hui yang tersebar di seluruh Tiongkok.

Ningxia

menjadi salah satu destinasi menarik yang ditawarkan oleh  Menapaki Jejak Islam di Ningxia
Ningxia


Suku Hui termasuk suku terbesar di Republik Rakyat Tiongkok. Suku ini beragama Islam dan sudah tersebar di seluruh provinsi Tiongkok. Namun sebagian besar dari Suku Hui menetap di Ningxia, Hainan, Gansu, Yunnan dan Qinghai. Suku Hui lebih banyak didominasi beragama Islam dan merayakan 3 hari besar Islam setiap tahun yaitu Idul Fitri, Idul Adha dan Maulid Nabi. Masjid dibangun untuk menjadi tempat beribadah, berinteraksi dan bermasyarakat di kalangan Suku Hui. Gaya hidup Suku Hui benar-benar menjunjung tinggi nilai-nilai Islam sehingga sangat menentramkan ketika melihat kehidupan mereka setrik langsung.

Masjid Na Jia Hu

menjadi salah satu destinasi menarik yang ditawarkan oleh  Menapaki Jejak Islam di Ningxia
Masjid Na Jia Hu


Sejak era reformasi dan keterbukaan di Tiongkok (tidak lagi komunis), kondisi umat Muslim mulai membaik. Agama Islam tumbuh subur terutama di provinsi Ningxia. Data statistik resmi mengatakan bahwa lebih dari 20 juta warga Tiongkok beragama Islam. Pemerintah setempat terus mengawasi semua atrik umat Islam layaknya negara- negara lebih banyak didominasi nonmuslim lainnya. Masjid Na Jia Hu di provinsi ini telah berumur 500 tahun sehingga menjadi salah satu masjid tertua di Tiongkok.

menjadi salah satu destinasi menarik yang ditawarkan oleh  Menapaki Jejak Islam di Ningxia
Xinjiang 


Suku Hui dianggap lebih baik dalam berintegrasi ke dalam masyarakat dibandingkan suku Uighurs di Xinjiang yang berbitrik dengan bahasa berbeda. Pemerintah Tiongkok mempertahankan 10 universitas negeri islam di seluruh negeri dan mengizinkan munculnya lembaga-lembaga swadaya
Islam. Agar menerima izin untuk menjadi imam maka perlu akta dari pemerintah. Ningxia memiliki keindahan alam yang patut dikunjungi. Makara harus ke mana di Ningxia? Pergi ke Sungai Kuning yang legendaris dan diagungkan di China harus masuk dalam daftar kunjungan Anda.

Sungai ini terbentang sepanjang 5.464 km sehingga menjadi sungai terpanjang keenam di dunia. Di Ningxia, para pengunjung sanggup menyusuri sungai ini di sebuah spot wisata Muslim yakni Shapotou Tourist Site. Dengan menggunakan bahtera tradisional China, wisatawan bakal berlayar menikmati derasnya pedoman sungai, terdapat Chinese Yellow River Altar di Wuzhong yang terbentang sejauh 1 km. Arsitektur Chinese Yellow River Altar menjelaskan wacana perpaduan budaya China kuno dengan nuansa islam khas timur tengah. Perpaduan budaya ini terlihat dari gerbang yang atapnya berkubah menyerupai masjid. Anda mungkin bakal merasa menyerupai bukan di China ketika melihat bangunan-bangunan itu.

Gurun Pasir Shapotou

menjadi salah satu destinasi menarik yang ditawarkan oleh  Menapaki Jejak Islam di Ningxia
Gurun Pasir Shapotou


Jika Anda ingin mencicipi suasana Timur Tengah di China lainnya yaitu Anda sanggup mengunjungi Gurun Pasir Shapotou. Sepanjang mata memandang yang terlihat hanyalah bukit pasir tanpa ujung. Mungkin Anda bakal merasa sedang bertualang di negeri Aladin. Para wisatawan juga sanggup menikmati bermacam-macam permainan yang disediakan menyerupai naik unta, sampai sand sliding. Untuk memompa adrenalin maka Anda patut mencoba naik mobil off-road dan mencoba flying fox di gurun tersebut. Gurun pasir juga ada di Kota Shizuishan yang menjadi destinasi wisata Muslim lainnya yang terkenal. Anda juga sanggup melihat pertunjukan sulap China di arena yang telah disediakan sambil menikmati suasana gurun pasir yang tentunya panas.

Tour Halal China


Mari berwisata dengan di Ningxia. Anda bakal memperoleh pengalaman yang tak bakal terlupakan dan kebahagiaan hakiki. memang populer dengan konsep wisata halal sehingga paket wisata yang saya tawarkan memang cocok untuk kaum muslim. Namun jangan salah, orang-orang nonmuslim juga banyak yang ikut berwisata dengan saya alasannya yaitu mereka merasa lebih nyaman dan aman. Paket Tour China




Salam + jika berminat hubungi cs saya.

0 Response to "Menapaki Jejak Islam Di Ningxia"

Total Pageviews