Latest News

12 Daerah Wisata Menantang Di Jogja

12 Tempat Wisata Menantang Di Jogja


Jogja yakni Daerah spesial setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. di jogja anda bakal menemukan pemandangan yang begitu indah hingga tidak bisa di lupakan dan di sana juga mempuyai wisata wisata yang tentu nya menatang menyerupai Kawah Sikidang berikut saya simak di bawah,

Dieng Plateau


Dataran Tinggi yang dikelilingi Gunung-gunung Hijau Khas Pegunungan ini namanya kian bergaung, bukan hanya di sebatas negeri sendiri namun juga hingga nun jauh ke negeri seberang. Beberapa wisatawan menyebutnya Surga Tersembunyi di Pulau Jawa. Tentu saja Maksud nirwana tersebut hanyalah Kiasan untuk menggambarkan Keindahan alam Dieng yang memiliki aneka macam Obyek wisata menarik ini.

 yakni Daerah spesial setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Ke 12 Tempat Wisata Menantang Di Jogja
Dieng Plateau

Ketinggian Rata-Rata Dataran Tinggi Dieng sekitar 2000m DPL ( diatas permukaan Laut), dengan suhu relatif antara 8-22°C. Di Musim Kemarau, suhu sanggup menurun drastis hingga mencapai 0°C di pagi hari sehingga muncul apa yang oleh masyarakat Dieng disebut bun upas ( embun Beku). Bun Upas ini tidak berbahaya bagi insan namun sanggup menimbulkan kerusakan tumbuhan pertanian.

Dataran Tinggi Dieng terbagi menjadi dua Wilayah Kabupaten. Dieng Kulon masuk Wilayah Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara, Sedang Dieng Wetan masuk wilayah kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo. Banyak Pilihan destinasi yang bisa anda kunjungi di Dieng. Mulai dari Kawah, Telaga, Candi, Bukit dan gunung disekitaran Dieng, masing-masing memiliki daya tarik tersendiri.

Candi Pandawa


Di Dataran Tinggi Dieng terdapat 19 candi tetapi hanya delapan yang masih utuh berdiri. Umumnya Candi-Candi di Dieng memiliki nama sesuai dengan nama tokoh Pewayangan. Sampai hari ini belum diketahui setrik niscaya siapa yang memberi nama pada candi-candi tersebut.

Kelompok Candi yang terletak di tengah-tengah wilayah Dieng ini dipercaya sebagai candi tertua dibanding candi-candi yang lain. Candi yang dibangun pada masa Dinasti Sanjaya ini konon hanyalah sebagian dari Puing-puing Candi yang dulunya jauh lebih megah dan besar.

 yakni Daerah spesial setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Ke 12 Tempat Wisata Menantang Di Jogja
Candi Pandawa

Komplek Candi Arjuna terdiri atas lima Candi, empat Candi berjejer menghadap ke arah barat, yaitu; Candi Sembadra, Candi Srikandi, dan Candi Puntadewa, dan satu Candi menghadap ke arah timur, yaitu Candi Semar.

Kelima candi yang berada berdekatan di Kompleks Candi Arjuna memiliki perbedaan bentuk satu dengan yang lainnya. Candi Arjuna, sebagai candi utama, merupakan sebuah candi yang berdenah dasar persegi dengan luas ukuran sekitar 6 m².

Bentuk kelima candi tersebut memiliki ciri masing-masing. Candi Arjuna memiliki dasar persegi dengan luas sekitar 6 meter persegi, atap berbentuke kerucut. Candi Puntadewa, sembadra, dan Srikandi yang terletak disamping Candi Arjuna berbentuk kubus dengan desain yang berbeda satu dengan yang lain.

Kawah Sikidang


Kawah Sikidang Dieng Wonosobo, Wisata Unggulan di Dieng, Tempat Wisata Terindah - Ada aneka macam macam tempat wisata di Kawasan Dataran TInggi Dieng. Salah satu obyek wisata di Dieng yang banyak diminati oleh para wisatawan yakni Kawah Sikidang. Bersama dengan Candi Arjuna dan Telaga warna, Kawah Sikidang Wonosobo ini menjadi Destinasi wisata unggulan di Dieng Plateau. Kawah Sikidang merupakan cekungan berisi kawah yang timbul lantaran kegiatan Gunung Berapi di Dataran TInggi Dieng. Lokasi dari kawah Sikidang ini berada di tanah yang tidak mengecewakan datar,

 yakni Daerah spesial setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Ke 12 Tempat Wisata Menantang Di Jogja
Wisata Menantang Di Jogja

sehingga pengunjung sanggup dengan terang melihat gumpalan asap yang keluar dari Kawah Sikidang ini. Hal ini lah yang kemudian menarik perhatian dari para pengunjung lantaran sanggup melihat setrik eksklusif fenomena aneh yang mustahil sanggup disaksikan di daerah lain.

Namun perlu diingat bahwa menyerupai pada kawah-kawah yang lain, Kawah Sikidang ini mengandung kandungan sulfur yang tinggi sehingga gah yang keluar juga mengandung sulfur sehingga sangat beracun dan sanggup berbahaya bagi kesehatan. Untuk tujuan keamanan bagi pengunjung di sekitar kawah Sikidang sudah dibangun pagar yang terbuat dari kayu, yang fungsinya sebagai pembatas Agar tidak ada pengunjung yang tercebur dalam kawah atau terkena efek dari gas beracun Kawah Sikidang. Sebagai tindakan pencegahan sebaiknya anda tidak berada melewati batas pagar kayu serta selalu gunakan masker pelindung hidung yang banyak dijual di sekitar parkiran Kawasan Wisata Kawah Sikidang Dieng.

Telaga Warna


Telaga Warna, merupakan salah satu tempat wisata andalan yang terletak di Dieng wonosobo, jawa tengah. Danau ini memiliki nama Telaga warna pun bukan tanpa sebab, yaitu lantaran telaga ini memiliki warna yang bisa berubah ubah. Telaga ini kadang berwarna hijau, kuning dan pelangi.

Hal tersebut lantaran telaga tersebut terdapat kandungan sulfur yang cukup banyak dan ketika tersorot sinar matahari maka warna air tersebut bakal berubah warna.

Telaga warna juga merupakan telaga terluas yang ada di dataran tinggi diantara telaga telaga yang lain seperti telaga pengilon, telaga merdada dan masih banyak lagi. Telaga warna sendiri memiliki luas kira 3 kali lapangan sepak bola.

 yakni Daerah spesial setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Ke 12 Tempat Wisata Menantang Di Jogja
Telaga Warna

Telaga warna dieng terletak di ketinggian 2000 meter diatas permkaan laut. Telaga tersebut juga dikelilingi oleh bukit bukit yang indah yang cocok sebagai tempat untuk refreshing. Jika anda ingin menerima sensai keindahan yang lebih, anda bisa menaiki salah satu bukit yang ada di telaga warana. Dan yang paling terkenal yaitu bukit ratapan angin. Dari situ lah anda bisa duduk di sebuah kerikil sambil menikmati telaga warna dari atas bukit.

Waktu yang paling di rekomendsaikan untuk mengunjungi telaga warna yakni pada waktu pagi hingga siang hari. Soalanya kalo anda berkunjung di sore hari kemungkinan daerah telaga di selimuti dengan kabut. Jika anda berkunjung ke telaga tersebut pada waktu pagi hingga siang maka anda bakal bisa melihat telaga yang benar benar berwarna, lantaran pada waktu tersebut pantrikn sinar matahari sedang terik teriknya.

Candi Borobudur


Borobudur yakni sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi candi yakni kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat bahari Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur yakni candi atau kuil Buddha terbesar di dunia,

sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. Borobudur yakni salah satu tempat wisata peninggalan sejarah yang mendunia, tidak sedikit wisatawan dari luar negri yang mengunjungi tempat wisata candi Borobudur, bahkan candi Borobudur sudah tidak asing lagi di mata dunia maupun di Indonesia, dengan ke indahan candi yang di buat dengan kerikil tanpa menggunakan sement, candi Borobudur berdiri tegak dan tidak pernah roboh.

Candi Borobudur sungguh benar-benar ke ajaiban dunia yang berada di Indonesia , dengan ke indahan candi yang mengelilingi bisa menimbulkan daya tarik tersendiri bagi wisatawan candi Borobudur, bahkan sehabis keluar dari lokasi candi Borobudur , wisatawan bisa melihat eksklusif ke ragaman budaya music orisinil jawa dan dengan ruangan sejarah – sejarah.

 yakni Daerah spesial setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Ke 12 Tempat Wisata Menantang Di Jogja
Candi Borobudur

Bahkan wisatawan di sajikan ke unikan dan kerajinan orisinil buatan Yogyakarta dengan beraneka ragam bentuk dan barang , wisatawan bisa membeli nya ketika hendak keluar dari lokasi wisata candi Borobudur, bahkan bisa menentukan aksesoriess batik dan lainya di lokasi pasar keluar tempat wisata candi Borobudur.

Borobudur merupakan mahakarya seni rupa Buddha Indonesia, sebagai tumpuan puncak pencapaian keselarasan teknik arsitektur dan estetika seni rupa Buddha di Jawa. Bangunan ini diilhami gagasan dharma dari India, antara lain stupa, dan mandala, tetapi dipercaya juga merupakan kelanjutan unsur lokal; struktur megalitik punden berundak atau piramida bertingkat yang ditemukan dari periode prasejarah Indonesia. Sebagai perpaduan antara pemujaan leluhur orisinil Indonesia dan usaha mencapai Nirwana dalam anutan Buddha.

Keraton Mangkunegaran

Museum Pura Mangkunegaran (Museum Rekso Pustaka) merupakan tempat dimana kita sanggup menggali sejarah tentang abdi dalem Keratonan Surakarta dari Zamannya. Bangunan ini dibangun pada tahun 1757 oleh Raden Mas Said yang dulu dikenal sebagai Pangeran Samber Nyawa. Pura Mangkunegaran terdiri dari dua belahan utama : pendopo dan dalem yang diapit oleh tempat tinggal keluarga raja. Hal yang menarik yakni keseluruhan istana dibentuk dari kayu jati yang lingkar/utub.

Pendopo disini yaitu sebuah ruangan terbuka yang digunakan oleh para abdi dalem untuk mengadakan latihan pertunjukan tari maupun latihan pertunjukan wayang kulit yang merupakan termasuk kebudayaan orisinil Jawa dan Jawa tengah Khususnya. Pendopo ini terdiri dari dua tiang penyangga utama yang berfungsi menopang bangunan Agar tetap berdiri kokoh.

 yakni Daerah spesial setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Ke 12 Tempat Wisata Menantang Di Jogja
Museum Pura Mangkunegaran
Dan di dalamnya terdapat beberapa macam gamelan jawa yang sering mereka gunakan. Gamelan-gamelan inilah yang bakal mengiringi mereka dalam melaksanakan pertunjukan kesenian di Pura Mangkunegaran, ada seperangkat gamelan yang dinamai sebagai Kyai Kanyut Mesem.

Pura MangkunegaranNah selanjutnya yakni di dalem, disini dimanfaatkan untuk memajang beberapa lukisan karya dari Basuki Abdullah atau lebih dikenal dengan sebutan Dullah, seorang pelukis terkenal di Solo. Di dalam DALEM terdapat Pringgitan, ruang dimana keluarga mendapatkan pejabat. Ruangan ini juga digunakan untuk mementaskan wayang kulit. Dalem juga digunakan untuk memajang aneka macam koleksi barang peninggalan berharga yang bernilai seni dan sejarah yang tinggi. Pura Mangkunegaran dibuka untuk umum setiap hari jam 09.00-14.00, Jumat jam 09.00-12.00, Minggu jam 09.00-14.00. Ada juga beberapa koleksi kereta yang digunakan untuk upatrik-upatrik tradisional.

Pasar Ansar Antik Triwindu

Nah, bila Anda sedang berada di Solo, sempatkanlah untuk mengunjungi pasar barang antik Triwindu, Solo. Lokasinya persis di depan Mangkunegara. Karena, pasar antik ini lokasinya berada di tengah kota, Anda tinggal naik becak sambil menyebutkan nama pasar tersebut, tukang becak niscaya tahu dan eksklusif mengantarkan Anda kesana.

Suasananya cukup nyaman, higienis dan rapi. Para pedagang juga cukup ramah melayani para pengunjung yang hendak membeli atau sekadar bertanya-tanya. Bagi mereka, melayani pengunjung dengan baik yakni mencerminkan budaya dari orang Solo.

 yakni Daerah spesial setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Ke 12 Tempat Wisata Menantang Di Jogja
pasar barang antik Triwindu, Solo
Layaknya sebuah pasar, hampir setiap hari pasar barang antik ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Turis-turis asing, dari aneka macam negara pernah tiba kesini. Turis lokal pun tidak mau ketinggalan atau kolektor barang-barang antik juga sengaja tiba kesini untuk berburu barang-barang kuno. Tidak jarang beberapa orang ternama juga pernah mampir dan berbelanja ke pasar ini.

ZV Sepertinya pasar barang antik Triwindu ini cukup komplit. Apa yang Anda butuhkan mungkin ada disini. mulai dari mata uang kuno, topeng kayu, keris, seterika kuno, mesin tik, kamera kuno, piring antik, gelas antik, koper berbahan tembaga, yang sangat vintage hingga sepeda atau apa saja yang masuk ke dalam kategori antik.

Jadi, buat Anda penggila barang antik, sangat sayang jikalau melewatkan lokasi ini tanpa membeli satu atau dua, bahkan lebih barang antik sebagai penambah koleksi Anda. Kalau soal harga, tergantung kepiawaian Anda menawarnya. Karena tidak ada patokan harga khusus disini.

Pasar Batik Klewer

Salah satu yang khas di Pasar Klewer yakni batik. Pasar klewer yakni pasar batik. Image ini sudah menempel dan susah dipisahkan dengan pasar klewer. Kalau masuk pasar ini bakal terlihat batik di mana-mana. Model dan coraknya bermacam-macam. Dan yang penting hampir setiap ahad ada model baru. Satu model tidak bertahan lebih dari satu bulan.

Banyak ciri khas batik jawa. Batik dari pesisir menyerupai dari Pekalongan memiliki motif yang berbeda dengan motif batik dari pedalaman, menyerupai jogja atau solo. Batik pesisir umumnya berwarna cerah dan banyak kombinasi warna. Batik dari solo berwarna netral dengan kombinasi warna-warna keluarga (analog). Tetapi memperlihatkan kewibawaan, keangungan, dan kesatria, tatapi tetap sederhana, Njawani banget.

Seperti yang sudah saya sampaikan di depan, di pasar ini sanggup ditemukan batik dengan motiif dari mana saja. Motif solo atau jogja banyak. Motif pesisiran pun banyak sekali. Mode batik kini sangat beragam. Kalau jaman dulu hanya untuk ‘jarik’, kini digunakan untuk apa saja. Kemeja, celana, piyama, kolor, daster, gamis, baju koko, kaos, selimut, sarung bantal, dan lain-lain. Mulai dari baju bayi, anak-anak, remaja, hingga baju kakek-nenek.

 yakni Daerah spesial setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Ke 12 Tempat Wisata Menantang Di Jogja
Pasar Klewer Batik

Ini salah satu yang paling menarik di pasar klewer: hardanya super miring alias murah banget. Tapi ada catatannya juga: harus pintar menawar. Harga mulai sepuluh ribuan hingga lima puluh ribuan. Rasanya jarang banget yang harganya di atas 50rb. Sebagai tumpuan baju hem lengan panjang cuma 35rb. Ini yang kualitas manis banget. Yang biasa-biasa saja cuma 25rb. Gile murahnya.

Batik dengan kualitas sama kalau di luar pasar klewer bisa di atas 100rb. Di solo grosir saja bisa dua kali lipatnya. Bahkan di toko-toko sekitar alun alun harganya tidak kira-kira. Maklum konsumennya beda.

Meskipun harganya murah, bukan berMakna kualitasnya murah. Kualitasnya tidak kalah dengan batik dari butik: Danar Hadi contohnya. Kainnya halus, tidak luntur, dan kalau digunakan dingin.

Candi Prambanan

Candi Prambanan yakni salah satu kompleks candi yang terkenal di Indonesia dan ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991 selain Candi Borobudur. Tidak sama dengan Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha, Candi Prambanan yakni sebuah kompleks candi Hindu.

Meskipun demikian, Lokasi keduanya yang berada di Jawa Tengah juga menerangkan bahwa dahulu umat Buddha dan Hindu hidup berdampingan dengan rukun. Kedua candi besar ini juga menjadi bukti kemajuan peradaban insan pada ketika itu lantaran bisa membangun candi-candi dengan seni arsitektur yang luar biasa tanpa pemberian teknologi canggih.

Kompleks Candi Prambanan juga disebut memiliki seribu buah candi lantaran adanya dongeng rakyat Roro Jonggrang, namun bantu-membantu hanya ada sekitar 240 candi di kompleks tempat wisata ini. Tempat wisata ini menghadap timur, tetapi terdapat empat pintu masuk di masing-masing mata angin. Gerbang utama candi ini yakni yang berada di sebelah timur.

 yakni Daerah spesial setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Ke 12 Tempat Wisata Menantang Di Jogja
Candi Prambanan
Candi ini merupakan persembahan bagi Dewa Siwa yang dalam anutan Hindu dikenal sebagai Dewa Penghancur. Menurut prasasti Siwaghra yang ketika ini disimpan di Museum Nasional Indonesia, nama orisinil kompleks candi ini yakni Siwaghra yang berasal dari bahasa Sansekerta, yang memiliki Makna Rumah Siwa.

Karena statusnya sebagai candi persembahan untuk Dewa Siwa, maka candi induk di kompleks ini yakni candi Dewa Siwa yang memiliki tinggi 47 meter. Candi induk ini diapit dua candi yaitu candi Dewa Wishnu dan candi Dewa Brahma yang masing-masing setinggi 33 meter. Candi ketiga ilahi ini disebut dengan Candi Trimurti. Di dalam Candi Trimurti terdapat arca masing-masing dewa. Di depan ketiga candi ilahi terdapat tiga Candi Wahana yang mewakili kendaraan masing-masing dewa. Wahana Nandi untuk Dewa Siwa, Angsa untuk Dewa Wishnu dan Garuda untuk Dewa Brahma.

Selain candi-candi tersebut, masih ada banyak sekali candi lain di kompleks ini, yaitu Candi Kelir, Candi Apit, Candi Patok, dan Candi Perwara. Semua candi ini mengelilingi Candi Trimurti. Untuk Candi Perwara, peletakan candi dibagi menjadi empat lapisan atau zona yang disebut sebagai citra empat kasta insan dalam anutan Hindu. Lapisan terluar diperuntukkan untuk sembahyang kasta sudra, lapisan yang lebih dalam untuk waisya dan dua lapisan berikutnya masing- masing untuk ksatrya dan brahmana.

Selain aneka macam tipe candi tersebut, di tempat wisata ini juga terdapat relief yang menceritakan perihal dua kisah fenomenal dalam Hindu yaitu Ramayana dan Krishnayana. Relief ini berada di dinding belahan dalam dari pagar yang mengelilingi Candi Trimurti. Relief Ramayana menceritakan perihal usaha Rama yang dibantu oleh Hanoman untuk merebut Shinta, istrinya yang diculik oleh Rahwana. Untuk Krishnayana, relief ini menceritakan perihal perjalanan hidup Krishna sebagai awatara atau reinkarnasi dari Dewa Wishnu.

Di kompleks Candi Prambanan terdapat sebuah museum berbentuk rumah joglo. Museum ini berisi koleksi benda-benda yang berhasil ditemukan di sekitar candi dahulu menyerupai arca dan bebatuan purbakala.

Keratom Yogyakarta

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau sering juga di sebut keraton jogja merupakan istana resmi dari Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang ada dan berlokasi sempurna di jantung kota Yogyakarta. Walaupun kesultanan Ngayogyakarto sidah setrik resmi bergabung ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tahun 1950, namun di komplek keratin Ngayogyakarta ini masih tetap berfungsi sebagai rumah/tempat tinggal sultan dan di dalam rumah tangga istananya hingga ketika masih menjalankan tradisi kerajaan kesultanan . Kraton ngayogyakarta ini kini juga merupakan salah satu objek wisata yang favorit dan paling sering dikunjungi para wisatawan ketika berkunjung di kota Jogja.

Sebagian besar kompleks kraton juga merupakan museum yang menyimpan aneka macam macam koleksi benda benda kuno milik kesultanan, juga termasuk aneka macam pemberian yang diberikabn oleh raja-raja Eropa, pada replika pusaka keraton,terdapat sebuah kereta kencana dan alat musik gamelan. Dari segi bangunannya sendiri, di keraton ini merupakan salah satu tumpuan bangunan arsitektur istana Jawa yang memiliki kualitas terbaik, memiliki beberapa balairung mewah,

lapangan serta paviliun yang tidak mengecewakan luas. Kraton Yogyakarta ini didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I di tahun 1755. Lokasi keraton ini konon katanya dulunya merupakan bekas sebuah pesanggarahan yang berjulukan Garjitawati. Pesanggrahan ini juga digunakan untuk tempat istirahat iring-iringan mayat raja-raja Mataram yang ketika itu bakal dikebumikan di daerah Imogiri..

 yakni Daerah spesial setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Ke 12 Tempat Wisata Menantang Di Jogja
Keraton Ngayogyakarta

Dan ada juga alun-alun Kidul , alun alun tersebut merupakan alun-alun di belahan Selatan Keraton jogjakarta. Alun-alun Kidul juga sering disebut sebagai Pengkeran. Pengkeran itu sediri berasal dari kata pengker atau bentuk bahasa karma/ bahasa jawa halus dari mburi (yang dalam bahasa indonesia berMakna “belakang” ).

ketika ini kraton ngayogyakarta banyak dikunjungi oleh wisatawan local maupun asing yang ingin mengetahui sejarah lantaran di tempat ini kita sanggup melihat barang yang sangat bersejarah dan merupakan koleksi orisinil dari keraton Yogyakarta, menyerupai kereta kencana para raja Yogyakarta pada zaman dahulu, koleksi lukisan lukisan bersejarah yang memiliki nilai historis tinggi, dan benda benda pusaka menyerupai keris, tombak dilengkapi dengan nama-namanya, perangkat musik menyerupai gamelan dan gong.

Dan disini juga anda bisa puas berfoto ria dengan background benda-benda koleksi keraton Yogyakarta yang terdapat di dalam museum dan tentunya tidak bisa orang lain dapatkan di tempat tempat lainnya . untuk sanggup mengambil foto di lingkungan keraton sepuasnya, Anda harus membayar tiket izin/ charge untuk mengambil gambar di sekitaran istana seharga Rp.1000,-. Sangat murah sekali bagi wisatawan yang hobi berfoto foto di area museum.

Selain pengunjung sanggup melihat eksklusif gimana para abdi dalem di keraton Yogyakarta menyambut para pengunjung dengan ber busana ala adat Keraton Jogja, Anda pun juga bisa melihat pagelaran pentas seni tradisional yang selalu digelar setiap hari untuk para wisatawan.

Istana Air Taman Sari


Satu dari sekian banyak tempat wisata sejarah yang ada di Yogyakarta yakni Istana Air Taman Sari Yogyakarta yang terletak di Jalan Taman, Yogyakarta. Taman Sari terletak sangat bersahabat dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 15 menit dari alun-alun utara keraton. Tempat ini dulunya merupakan tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan sekaligus sebagai benteng pertahanan yang dibangun pada tahun 1758-1765 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Sekarang, Istana Air Taman Sari merupakan salah satu cagar budaya di Yogyakarta yang telah menjadi tempat wisata terkenal di kota ini.

 yakni Daerah spesial setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Ke 12 Tempat Wisata Menantang Di Jogja
Istana Air Taman Sari

Bangunan yang memiliki luas awal 10 hektar ini memiliki 57 bangunan, yang terdiri dari kompleks kolam pemandian, danau buatan, pulau buatan, jembatan gantung, kanal air, taman, lorong bawah tanah, serta beberapa gedung dengan arsitektur Eropa, China, Jawa, Hindu, Buddha, dan Islam. Pembangunan Istana Air Taman Sari ini didanai oleh Tumenggung Prawirosentiko, yang merupakan Bupati Madiun dan menggunakan jasa Demang Tegis, seorang arsitek dari Portugis. Saat ini, luas Istana Air Taman Sari sudah berkurang drastis lantaran beberapa kompleksnya telah dijadikan pemukiman penduduk.

Kerajinan Perak Kotagede

Lokasi pengrajin perak ada di hampir setiap sudut Kotagede, Yogyakarta. Mulai dari pasar Kotagede hingga Masjid Agung dan bekas Istana Mataram Islam. Kerajinan perak Kotagede merupakan budaya turun temurun yang pada awalnya berupa kerajinan emas, perak dan tembaga. Pada akhirnya, kerajinan peraklah yang berkembang.

Produksi kerajinan perak Kotagede sudah diekspor ke manca negara terutama Eropa. Barang-barang tersebut berupa benda-benda keperluan rumah tangga orang Eropa menyerupai tempat lilin, perabot makan dan minum, serta perhiasan gaya Eropa dengan motif tradisional Kotagede.

Seni kerajinan perak Kotagede muncul bersamaan dengan Kerajaan Mataram Islam pada abad ke-16. Pada masa pemerintahan Panembahan Senopati, abdi dalem kriya diperintahkan untuk membuat perhiasan dari emas dan perak. Kemudian di masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono VIII, dia sangat terpikat dengan keindahan kerajinan logam ini kemudian memerintahkan abdi dalem kriya untuk meneruskan dan membuatkan seni kerajinan logam tersebut.

 yakni Daerah spesial setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Ke 12 Tempat Wisata Menantang Di Jogja
Kerajinan Perak Kotagede
Salah satu perusahaan pengrajin perak di Kotagede yakni Bapak dan Ibu Harto Suhardjo, yang memang sangat tertarik dengan perhiasan sehingga membuka toko pertamanya dengan nama “Terang Bulan” pada tahun 1950.

Usahanya memproduksi perhiasan perak yang unik-unik. Beberapa tahun kemudian, nama usahanya bermetamorfosis HS Silver, yang merupakan inisial namanya. HS Silver memperlihatkan perhiasan bermotif Jawa. Pada tahun 1975, mereka membuka cabang pertamanya di Denpasar, Bali Motif kerajinan perak Kotagede biasanya bercorak tumbuh-tumbuhan, motif daun dan bunga

teratai. Ciri khas yang tetap dipertahankan yakni pengerjaan produksi kerajinan setrik manual dengan tetap mengandalkan ketrampilan tangan. Baik kerajinan perak lempengan atau kerajinan perak filigri (seutas kawat perak tipis dipilih satu persatu dan dirangkai sedemikian rupa untuk memperoleh bentuk yang dikehendaki) dikerjakan dengan penuh ketelitian. Sebagian lagi memerlukan proses yang berbeda, contohnya dengan melalui proses pembakaran untuk memperoleh perak bakar yang juga banyak digemari.

Tour Ke Jogja

Bukankah wisata ini sangat cocok untuk anda yang sangat suka untuk berpetuwalangan niscaya wisata ini sangat menantang buat anda, jikalau anda kesana anda tidak bakal merasa meyesal lantaran di sana pemandangannya begitu indah, jangan lupa untuk mengajak kerabat terdekat anda yang suka berpetuwalangan menyerupai anda dan menghabiskan waktu liburandan di Wisata Ke Jogja bersama Cheria Halal Holiday.




Salam + jika berminat hubungi cs saya.

0 Response to "12 Daerah Wisata Menantang Di Jogja"

Total Pageviews