Latest News

Pilek Dan Cara Penangananannya - Ilmu Keperawatan

Pilek merupakan suatu kondisi yang sangat mengaggu. Pilek sendiri merupakan suatu keadaan dimana lapisan hidung dan tenggorokan mengalami peradangan , sehingga ddapat menimbulkan produksi lendir (ingus) yang berlebihan. Pilek biasanya diawaali dengan tanda-tanda menyerupai nyeri pada tenggorokan , sering bersin , batu-batuk , hidung tersumbat dan hingga beringus.


Pilek sendiri merupakan salah satu dari tanda-tanda dari penyakit nanah terusan pernapasan atas. Pilek biasanya ddisebabkan oleh virus sepertit coronaviruses dan rhinovirus. Virus ini ddapat menular dari orang yang sakit kepada orang yang sehat baik secara pribadi maupun tidak langsung. Penularan secara lengsung virus biasanya melalui bersin--bersin yang terhirup oleh orang yang sehat sedangkan penularan tidak pribadi yakni melalui benda yang terpegang oleh orang yang sehat dan benda itu telah tercemar oleh virus tersebut.

Pilek sanggup berlangsung hingga satu ahad bahkan berminggu-minggu. Pada awal terjadinya pilek biasanya akan muncul tanda-tanda menyerupai nyeri pada tenggorokan , kemudian disusul dengan nyeri pada hidung , bersin-bersin , hidung yang beringus hingga tersumbat. Terkadang bila pilek sangat berat akan menimbulkan tanda-tanda tubuh tidak yummy , batuk-batuk suaa serak hingga demam.

Perlu bagi kita tahu cara penanganan pilek biar pilek tidak semakin memberat dan menyumbat terusan napas anda. Berikut yakni tips-tips untuk menangani pilek:

Kumur-kumur dengan air garam

Dengan anda melaksanakan berkumur-kumur dengan air hangat akan membantu meredakan tanda-tanda menyerupai hidung tersumbat serta nyeri tenggorokan.

Makan permen menthol

Dengan makan permen menthol , biasanya hidung kita akan terasa lega dan meredakan sumbatan dihidung oleh ingus. Selain itu juga sanggup mengurangi rasa nyeri yang ada pada tenggorokan.

Gunakan balsem hangat

Dengan mengoleskan balsem hangat pada punggung atau dada dirasa sanggup meredakan tanda-tanda pilek terutama pada bayi dan anak-anak. Namun , jangan hingga mengoleskan balsem terkena hidung atau mata , lantaran sanggup menimbulkan rasa pedih. Selain memakai balsem , anda juga sanggup memakai minyakangin.

Menghirup uap air panas

Dengan menghirup uap air panas dirasa sanggup mengencerkan ingsu anda lantaran dengan menghirup uap air panas sama dengan melaksanakan nebulisasi. Anda juga sanggup menambahkan minyak kayu putih atau menthol pada air tersebut biar tambah semriwing.

Minum obat

Jika anda mengalami pilek yang berat dan tidak sanggup ditangani dengan cara diatas , anda sebaiknya mengkonsumsi obat-obatan yang sanggup anda beli di apotik atau toko obat. Pemakaian obat susuai dengan gejala-gejala yang anda alami dan sesuai dosisi tawaran biar tidak berbahaya bagi anda.

Makan makanan berserat

Banyak mengkonsumsi makanan berserat menyerupai buah-buahan diduga sanggup meredakan gejala-gejala pilek. Jangan mengkonsumsi makanan yang berlemak , apalagi gorengan atau es , sanggup tambah jadi pilek anda.

Mungkin itulah cara-cara yang mungkin sanggup anda aplikasikan saat anda mengalami pilek. Namun bila anda rasa pilek anda tidak kunjung sembuh walaupun sudah minum obat , aku sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter anda untuk melaksanakan pengobatan lebih lanjut.

Mungkin cukup hingga disini saja dulu klarifikasi aku wacana pilek , mudah-mudahan sanggup bermanfaat bagi anda dan bila ada yang kurang terang silahkan tulis pertanyaan anda pada komentar.

Terimakasih atas kunjungan anda dan hingga jumpa lagi pada postingan selanjutnya.

Silahkan submit email anda untuk mendapat update artikel terbaru dari Ilmu Keperawatan:

0 Response to "Pilek Dan Cara Penangananannya - Ilmu Keperawatan"

Total Pageviews