Latest News

Alergi - Ilmu Keperawatan

Alergi
Alergi adalah suatu reaksi dari sistem kekebalan badan terhadap sesuatu hal yang sanggup membahayakan walaupun bekerjsama tidak. Alergi ini sanggup diakibatkan oleh suatu zat yang masuk kedalam badan ataupun bersentuhan dengan badan manusia. Zat tersebut sanggup biasa disebut dengan alergen. Zat-zat alergen ini biasanya hanya bereaksi terhadap orang yang mempunyai alergi atau hipersensit tinggi terhadap zat tersebut dan pada orang lain tidak akan mengakibatkan reaksi alergi.

Alergi merupakan suatu keadaan yang sangat tidak menyenangkan bagi penderitanya , dikarenakan sanggup mengakibatkan sensasi gatal-gatal , bintik-bintik serta sesak napas tergantung terhadap jenis alergi terhadap apa penderita tersebut. Jenis zat yang sanggup memicu reaksi alergi pada beberapa orang antara lain yaitu gigitan serangga , abu , bulu binatang , masakan tertentu , obat-obatan tertentu , serbuk sari dan lain-lain. 

Pada dikala pertama kali badan kita bersinggungan dengan zat-zat alergen tersebut , biasanya badan akan membentuk zat antibodi dikarenakan zat-zat alergen tersebut dianggap sebagai zat yang berbahaya. Apa bila badan kita terpajan kembali oleh zat-zat alergen tersebut , biasanya badan kita akan meningkatkan produksi antibodi untuk melawan zat-zat alergen tersebut. Keadaan inilah yang kesannya menimbulkan pelepasan senyawa kimia dari dalam badan kita dan mengakibatkan gejala-gejala yang disebut dengan alergi.

Gejala-gejala alergi yang sanggup muncul yaitu sebagai berikut:
  • Bersin-bersin
  • Batuk
  • Napas sesak
  • Merah-merah pada kulit
  • Keluar ingus dari hidung
  • Bengkak pada daerah pajanan zat alergen
  • Mata merah dan gatal serta berair
Pada setiap orang , reaksi alergi berbeda-beda tingkat keparahannya , ada yang ringan , sedang hingga parah dan sanggup berakibat fatal (syok anafilaktik). Apabila alergi hingga mengalami stress berat anafilaktik , maka harus ditangani dengan penanganan medis. 

Alergi bekerjsama sanggup dicegah dengan menghindari faktor-faktor atau zat-zat yang sanggup mengakibatkan alergi. Ada satu cara nih yang mungkin mempermudah bagi anda untuk mencegah alergi yaitu dengan mencatat zat-zat yang mungkin sanggup menimbulkan anda alergi , sehingga anda sanggup menghindari zat-zat tersebut. Apabila alergi sudah terjadi pada anda dan masih dalam kategori ringan (hanya gatal-gatal dan kemerahan) anda sanggup mengobatinya dengan meminum obat anti histamin dan anti radang yang banyak dijual diapotik atau toko obat disekitar anda. 

Mungkin hingga disini saja dulu klarifikasi aku perihal alergi , mudah-mudahan sanggup bermanfaat bagi anda dan kalau ada yang kurang terperinci silahkan tulis pertanyaan anda pada komentar. Terimakasih atas kunjungan anda dan hingga ketemu lagi pada postingan selanjutnya perihal gejala-gejala alergi secara spesifik.

Silahkan submit email anda untuk mendapat update artikel terbaru dari Ilmu Keperawatan:

0 Response to "Alergi - Ilmu Keperawatan"

Total Pageviews