Latest News

Gejala Kanker Serviks Yang Wajib Anda Ketahui - Ilmu Keperawatan

Gejala Kanker Serviks
Kanker serviks merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang sanggup terjadi pada seorang wanita. Kanker ini terjadi pada organ verbal rahim atau serviks.

Gejala kanker serviks biasanya tidak terlihat dengan kasat mata ketika masih pada stadium awal , bahkan biasanya perempuan yang terkena kanker serviks tidak mengeluhkan adanya gejala. Tanda-tanda kanker serviks kebanyakan ditemukan atau tampak ketika kanker sudah memasuki stadium simpulan , sehingga penanganannya akan sulit.

Maka dari itu , deteksi dini dengan melaksanakan pemeriksaan pap smear sangat perlu dilakukan semoga perubahan yang terjadu pada permukaan verbal rahim atau serviks sanggup terdeteksi , sehingga kalau ditemukan perubahan sel sanggup dilakukan pengobatan dan sanggup mengurangi risiko terjadinya kanker serviks.

Bagaimana tanda-tanda kanker serviks itu?


Gejala yang sanggup ditemukan yang khas dari kanker serviks yaitu perdarahan yang tidak normal keluar dari vagina termasuk flek. Gejala tersebut merupakan tanda-tanda yang sanggup dilihat dari kanker serviks. Perdarahan yang terjadi biasanya pada ketika sesudah bekerjasama seks. Akan tetapi perdarahan terjadi diluar massa menstruasi untuk perempuan usia subur dan sesudah menopouse. 

Jika terjadi hal diatas segera konsultasikan ke dokter untuk melaksanakan investigasi lebih lanjut terhadap kondisi anda.

Gejala lain yang sanggup terjadi pada kanker serviks selain perdarahan yang tidak normal pada perempuan yakni sebagai berikut:

  • Keluarnya cairan vagina dalam jumlah banyak dan berbau beda dari biasanya. Kondisi cairan biasanya berwarna merah muda , coklat sampai mengandung darah sampai berbau busuk.
  • Rasa nyeri pada ketika atau sesudah melaksanakan hubungan seksual
  • Siklus menstruasi berubah dari siklus biasanya. Misalnya keluar darah lebih dari tujuh hari dalam tiga bulan berturut-turut atau lebih dan perdarahan dari vagina dalam jumlah banyak.

Gejala diatas biasanya akan tampak pada stadium lanjut dan pada stadium awal atau awal pertumbuhan tidak menjadikan gejala. Maka dari itu penting sekali bagi perempuan yang sudah melaksanakan hubungan seksual atau sudah menikah semoga sanggup memeriksakan diri atau screening dengan ruti semoga sanggup terhindar dari penyakit kanker serviks.

Gejala Kanker serviks stadium akhir


Seperti halnya dengan jenis kanker yang lainnya , Kanker serviks stadium akhir juga akan menyebar ke seluruh tubuh. Sel kanker yang terdapat pada verbal rahim atau serviks akan menyebar keseluruh tubuh melalui pembuluh darah dan limfa. Jika sel kanker sudah menyebar , akan sangat sulit untuk mengobatinya. 

Gejala kanker serviks stadium akhir berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lainnya , berikut tanda-tanda yang sanggup muncul:
  • Terdapat darah didalam urin atau air seni
  • Buang air kecil mengalami problem sebab terdapat penyumbatan pada ureter atau ginjal
  • Kebiasaan buang air besar dan kecil berubah
  • Terjadi penurunan berat tubuh secara berkala
  • Bengkak pada salah satu kaki
  • Nafsu makan menurun
  • Nyeri pada tulang
  • Nyeri pinggang



Itulah tadi beberapa tanda-tanda yang terjadi kalau kanker serviks sudah ada pada stadium akhir. Akan tetapi tanda-tanda yang timbul biasanya tergantung organ mana yang ditumbuhi sel kanker. Jika anda mengalami problem salah satunya diatas sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter untuk mengetahui penyababnya.

Silahkan submit email anda untuk mendapat update artikel terbaru dari Ilmu Keperawatan:

0 Response to "Gejala Kanker Serviks Yang Wajib Anda Ketahui - Ilmu Keperawatan"

Total Pageviews