Latest News

Prosedur Operasi Kanker Serviks Yang Harus Anda Ketahui - Ilmu Keperawatan

Prosedur operasi kanker serviks
Sebelum melaksanakan tindakan untuk menangani kanker serviks , biasanya klien akan diberi pilihan beberapa pengobatan kanker serviks yang sanggup dilakukan diantaranya yaitu operasi , radioterapi atau kemoterapi. Nah , pada pembahasan kali ini saya akan jelaskan bagaimana mekanisme operasi itu dilakukan.

Operasi pengangkatan sel pra kanker


Setelah melaksanakan screening atau pap smear dan telah didapatkan hasil bahwa terjadi perubahan
secara biologis dan sifat dari sel lisan rahim yang mengarah menjadi kanker dimasa akan tiba , biasanya dokter akan menunjukkan saran untuk dilakukan tindakan untuk melaksanakan pengangkatan terhadap sel-sel yang mengalami perubahan tersebut.

Berikut yaitu pilihan tindakan untuk melaksanakan pengangkatan sel pra kanker , antara lain:
  • Large loop excision of tranformation zone , tindakan ini dilakukan dengan memotong atau membuang sel-sel yang absurd dengan memakai kawat tipis dan berarus listrik.
  • Biopsi kerucut yaitu mengangkat sel yang absurd melalui mekanisme operasi.
  • Terapi laser yaitu dengan memanfaatkan bantuar sinar laser untuk memperabukan sel-sel yang absurd di lisan rahim.


Operasi pengangkatan sel kanker


Operasi pengangkatan sel kanker serviks biasanya juga ditentukan oleh stadium kanker serviks yang nantinya sanggup memilih tingkat keberhasilan dari tindakan operasi tersebut. Pada dasarnya ada tiga jenis operasi pembedahan untuk mengangkat sel kanker servks , diantaranya yaitu sebagai berikut:

Operasi radical trachelectomy


Tindakan operasi ini dilakukan dengan mengangkat leher rahim , jaringan sekitar dan penggalan teratas dari vagina dengan tanpa melaksanakan pengangkatan rahim. Operasi ini cocok dilakukan kepada kanker serviks stadium awal sebab masih kategori karsinoma insitu atau belum menyebar ke penggalan badan yang lainnya.

Dengan melaksanakan operasi ini , anda masih sanggup mempunyai keturunan sebab rahim tidak ikut diangkat. Akan tetapi anda harus menunggu proses penyembuhan pasca operasi sekitar kurang lebih enam bulan sampai satu tahun untuk sanggup hamil.

Operasi pengangkatan rahim


Operasi pengangkatan rahim sering dikenal dalam bahasa medis histerektomi. Histerektomi dipilih sebab aneka macam pertimbangan dan alasan salah satunya yaitu kanker serviks masih dalam stadium awal dan mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker lagi. 

Ada dua jenis histerektomi , yang pertama yaitu histerektomi sederhana yaitu melaksanakan pengangkatan leher rahim dan rahim , dan pada beberapa kasus tuba falopii dan ovarium juga diangkat. Dan yang kedua yaitu histerektomi radikal , yaitu pengangkatan seluruh rahim , dan jaringan yang ada disekitarnya menyerupai nodus limfa , tuba falopii dan ovarium juga ikut diangkat. Operasi histerektomi ini dilakukan biasanya dikala sudah memasuki kanker serviks stadium 2.

Pelvic exenteration


Operasi yang ketiga ini termasuk dalam operasi besar dan biasanya disarankan kepada klien bila kanker serviks kembali kambuh dikala pasien sudah menjalankan pengobatan. Operasi ini dilakukan bila kanker kembali tumbuh didaorah rongga panggul dan belum menyebar ke organ badan lainnya. 

Operasi ini dilakukan dengan melaksanakan pengangkatan sel kanker bersamaan dengan organ-organ yang ada di rongga pelvis atau panggul menyerupai kandung kemih , penggalan bawah usus , rektum dan vagina. Setelah itu anda akan dibentuk kan dua lubang atau colostomy di penggalan perut bawah yang berfungsi sibagai daerah pembuangan urin atau air seni dan daerah pembuangan feses atau tinja.

Beberapa jenis operasi diatas tentunya sanggup menimbulkan efek samping yang harus anda ketahui semoga sesudah operasi anda tidak kaget dan cemas. Segera konsultasikan dengan dokter anda untuk menangani tanda-tanda dari imbas samping tersebut.

Baca juga:
Gejala kanker serviks
Penyebab kanker serviks
Penvegahan kanker serviks

Silahkan submit email anda untuk mendapat update artikel terbaru dari Ilmu Keperawatan:

0 Response to "Prosedur Operasi Kanker Serviks Yang Harus Anda Ketahui - Ilmu Keperawatan"

Total Pageviews