Latest News

Penyakit Tipes: Penyebab| Tanda-Tanda Dan Pengobatannya - Ilmu Keperawatan

Penyakit tipes: penyebab , tanda-tanda dan pengobatannya
Selamat sore , ketemu lagi dengan saya masih didalam blog ini. Pada kesempatan ini saya akan membuatkan gosip kepada anda semua tantang penyakit thipus. oke eksklusif saja disimak ya..

Apa itu tipus

Penyakit tipes merupakan penyakit abses akut yang menyerang terusan pencernaan (usus halus) yang sanggup disebabkan oleh basil salmonela thyposa. Penyakit thipus biasanya
menimbulkan tanda-tanda demam lebih dari 1 ahad , gangguan pencernaan sampai gangguan kesadaran.

Penyebab tipus

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi penyakit tipus sanggup disebabkan oleh basil salmonela thyposa. Namun ada beberapa jenis basil salmonela yang sanggup mengakibatkan penyakit thipus diantaranya adalah:

  • Salmonela thiposa basil gram negatif
  • Salmonela parathypi A
  • Salmonela parathypi B
  • Salmonela parathypi C
  • Serta terinfeksi dari feses atau urin dari penderita thipus

Gejala thipus

Bagaimana tanda-tanda penyakit tipus itu? Berikut yaitu tanda-tanda dari penyakit tipus yang sering terjadi:

Gejala umum

  • Perasaan tidak yummy badan
  • Lesu
  • Kepala pusing
  • Nyeri kepala
  • Diare
  • Kurang nafsu makan
  • Terasa capek

Gejala spesifik yang sanggup ditimbulkan oleh tipus adalah:

Demam , kondisi demam pada penderita tipus sanggup berlangsung selama tiga ahad tergantung parah tidaknya abses dan cepat atau tidaknya penanganan. Pada ahad pertama biasanya demam menghilang pada pagi hari dan akan tiba lagi pada sore sampai malam hari. Pada ahad kedua demam sanggup terjadi terus menerus. Sedangkan pada ahad ketiga demam mulai turun berangsur-angsur sampai menghilang.

Gangguan pada terusan cerna

Gangguan pada terusan cerna biasanya berupa pengecap tampak kotor (lidah berwarna kuning agak keputihan sampai kecoklatan) , limfa membesar dan nyeri dikala diraba , serta terjadi sembelit (konstipasi) dan diare.

Pengobatan penyakit tipus

Bagaimana mengobati penyakit tipus? Jika didalam keluarga kita ada yang terkena tipus dan muncul gejala-gejala yang ibarat tersebut diatas , sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau pelayanan kesehatan semoga sanggup dilakukan penanganan dengan segera. Penyakit tipus harus ditangani dengan sumbangan obat aotibiotik yang sanggup membunuh basil salmonela yang ada didalam terusan pencernaan kita.

Selama perawatan , penderita tipus dianjurkan untuk tirah baring (istirahat total) selama kurang lebih 1 ahad dan melaksanakan acara sesuai dengan kondisi penderita. Pengaturan jenis makan dan teladan makan yaitu salah satu cara yang harus diterapkan dengan benar semoga proses penyembuha  tipes sanggup berjalan dengan lancar. Makanan harus diberikan secara sedikit demi sedikit (dari bentuk lunak ke yang bentuk padat atau makan bubur dulu dan berangsur-angsur makan nasi) serta teratur. Makanan yang dimakan harus mengandung cukup cairan dan tinggi kalori dan protein.

Cara mencegah penyakit tipus

Pencegahan yang sanggup dilakukan untuk mencegah tipus adalah dengan menjaga sikap hidup higienis dan sehat. Kenapa kita harus menjaga sikap hidup higienis dan sehat? dikarenakan sifat hidup basil suka dengan daerah tempat kotor , sehingga kita perlu menjaga sanitasi dan kebersihan masakan semoga terhindaar dari basil salmonela tiposa. 

Mungkin cukup sekian dulu klarifikasi saya ihwal tipus , mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang memerlukannya. Terimakasih sudah berkungjung. Jika ada yang kurang terperinci silahkan bertanya dan tulis pada komentar.

Silahkan submit email anda untuk mendapat update artikel terbaru dari Ilmu Keperawatan:

0 Response to "Penyakit Tipes: Penyebab| Tanda-Tanda Dan Pengobatannya - Ilmu Keperawatan"

Total Pageviews