Latest News

Pencegahan Kanker Serviks - Ilmu Keperawatan

Pencegahan kanker serviks
Cara yang paling utama yang harus dilakukan dalam hal pencegahan kanker serviks adalah dengan cara menghindari tertularnya atau nanah HPV. Dikarenakan hampir seratus persen kasus kanker serviks disebabkan oleh nanah virus HPV. Baca juga apa itu kanker serviksgejala kanker serviks dan penyebab kanker serviks.

Langkah-langkah yang sanggup anda lakukan untuk mencegah kanker serviks yakni sebagai berikut:


Berhubungan seks dengan aman


Maksudnya disini yakni melaksanakan kekerabatan seks dengan menggunakan alat pengaman menyerupai kondom. Dengan menggunakan alat kontrasepsi tersebut maka kontak eksklusif dengan pasangan sanggup terhindari dan sanggup mencegah penularan virus HPV.

Setia terhadap pasangan


Dengan berusaha setia terhadap pasangan maka sanggup menghindari risiko terkena nanah virus HPV dan kanker serviks. Karena dengan berganti-ganti pasangan sanggup berisiko tinggi terinfeksi virus HPV yang lalu menjadi kanker serviks.

Screening atau investigasi dini secara rutin. Screening atau investigasi pap smear merupakan investigasi dengan mengambil sampel cairan lisan rahim menggunakan alat dan lalu dilakukan identifikasi terhadap sampel tersebut apakah terinfeksi HPV atau tidak atau untuk melihat apakah ada perubahan sifat pada sel lisan rahim.

Berhenti merokok


Dengan berhenti merokok maka kita sanggup mengurangi risiko terkena kanker serviks.

Vaksinasi


Dengan melaksanakan vaksinasi terhadap badan kita maka kita sudah melaksanakan hal untuk mencegah terjadinya kanker serviks.

Itulah tadi tips yang sanggup anda lakukan untuk mencegah terjadinya kanker serviks. Yang perlu di ingat yakni melaksanakan screening atau pap smear secara rutin semoga anda sanggup memantau perubahan yang terjadi pada lisan rahim atau serviks anda.

Mempelajari isu seputar kanker serviks akan semakin menambah wawasan Anda mengenai penyakit yang tergolong mematikan ini. Pola hidup yang sehat. Memilih asupan referensi pangan yang bergizi dan baik untuk kesehatan sekaligus pencegahan penyakit menyerupai kanker serviks.

Utamakan lengkapi asupan gizi  vitamin C serta vitamin E. Mengetahui sebelumnya bahwa penyebab dari kanker serviks pada perempuan yakni kebiasaan hidup yang kurang higienis , maka sedapat mungkin harus sanggup menjalani referensi hidup sehat yang didukung dengan referensi hidup bersih.

Perhatikan penggunaan air dikala untuk membersihkan area kewanitaan sesudah buang air kecil maupun besar. Pastikan air tersebut dalam keadaan yang higienis dan tidak tercemar.

Kapan sebaiknya melaksanakan screening?


Screening atau investigasi pap smear sebaiknya dilakukan secara rutin yaitu untuk perempuan yang berusia 25-49 tahun semoga melaksanakan tes pap smear tiap tiga tahun sekali dan untuk perempuan berusia 50 sampai 64 tahun melaksanakan tes  pap smear setidaknya setiap lima tahun sekali.

Pemeriksaan pap smear atau screening sangat penting dilakukan , lantaran tes ini dilakukan untuk mengusut kesehatan sel lisan rahim atau serviks apakah ada perubahan sifat atau tidak. 



Selain melaksanakan pap smear secara teratur , dianjurkan kepada anda untuk melaksanakan vaksinasi HPV untuk mencegah terinfeksi HPV. Vaksinasi HPV inbi akan lebih efektif dilakukan sebelum menikah atau sebelum melaksanakan kekerabatan seksual. Walaupun anda sudah melaksanakan vaksinasi HPV bukan berarti anda terhindar dari kanker serviks , makanya anda harus tetap menjalankan tes pap smear secara rutin. 

Silahkan submit email anda untuk mendapat update artikel terbaru dari Ilmu Keperawatan:

0 Response to "Pencegahan Kanker Serviks - Ilmu Keperawatan"

Total Pageviews