Latest News

Sariawan - Ilmu Keperawatan

Mulut yaitu salah satu organ penting yang dimiliki insan yang berfungsi nuntuk menunjang nutrisi yang diperlukan badan manusia. Mulut merupakan salah satu organ pencernaan yang berfungsi sebagai pencerna kuliner yang pertama (mekanik) sebelum masuk kedalam tubuh. 

Akan tetapi , bagaimana bila didalam lisan kita terjadi problem yang namanya sariawan. Tentu akan terasa sangat terganggu ya untuk mengunyah makanannya. Apa sih sariawan itu sebenarnya?


Sariawan merupakan permasalahan yang terjadi didalam lisan yang berbagai diderita oleh masyarakat , tidak pandang bulu , mau belum dewasa , orang cukup umur hingga lansia sanggup terkena sariawan.

Sariawan yaitu lesi atau luka yang terjadi didalam lisan (lapisan mukosa) yang kebanyakan berbentuk bundar dan cekung kedalam dan berwarna merah serta meradang. Sariawan sendiri sanggup disebabkan oleh jamur candida albicans. Sariawan akan sangat mengganggu penderitanya. 

Sariawan sanggup dipicu oleh lantaran luka yang terjadi didalam lisan yang hasilnya sanggup menjadi sariawan. Kurang minum juga dirasa sanggup memperparah kondisi sariawan. Kebersihan lisan yang tidak terjaga dengan baik tentu sanggup juga memicu timbulnya sariawan serta sistem kekebalan badan yang menurun juga sanggup memicu sariawan.

Gejala-gejala yang sanggup ditimbulkan sariawan antara lain:
  • Terdapat luka didalam lisan (bisa dilidah atau dinding-dinding mulut) yang berwarna putih dan merah
  • Rasa sakit dan perih dikala mengkonsumsi makanan
  • Tidak nyaman didalam mulut
Itulah tadi seputar sariawan dan penyebabnya , mudah-mudahan sanggup menambah wawasan anda seputar warta penyakit. Jika ada yang kurang terang silahkan tulis pertanyaan anda pada komentar.

Terimakasih atas kunjungan anda dan hingga ketemu lagi pada postingan selanjutnya cara mencegah sariawan
(

Silahkan submit email anda untuk mendapat update artikel terbaru dari Ilmu Keperawatan:

0 Response to "Sariawan - Ilmu Keperawatan"

Total Pageviews