Latest News

Mata Merah - Ilmu Keperawatan

Mata merah
Mata merah , siapa hayo yang pernah mengalami mata merah. Pastinya banyak ya orang yang pernah mengalaminya. Mata memerah memang sangat mengganggu bagi penderitanya , bukan cuma nggak nyaman , bahkan keadaan ini biasanya sanggup juga mengganggu kegiatan sehari-hari.

Mata yang merah pastinya akan mengganggu ketika kita berinteraksi dengan orang lain. Apa lagi kalau udah nyampe terasa sakit , gatal , perih , mengeluarkan air hingga abses , pastinya sangat mengganggu sekali tuh. 


Jika dilihat dari luar , Pada ketika mata anda merah akan tampak kepingan putih dari mata anda bermetamorfosis merah seluruhnya atau hanya kelihatan bergaris-garis. Keadaan ini terjadi lantaran pembuluh darah di mata mengalami pembengkakan atau mengalami iritasi. Mata merah ini biasanya sanggup disebabkan oleh beberapa hal menyerupai alergi , kelelahan mata , luka , infeksi , atau mata anda mengalami penyakit glaukoma atau ulkus kornea. Beberapa hal yang sering menimbulkan mata merah antara lain:

Konjungtivitis

Penyakit konjungtivitis merupakan salah satu penyebab mata merah yang sering dijumpai. Konjungtivitis ini biasanya sanggup menular dari orang yang sakit ke yang sehat. Penyakit konjungtivitis ini disebabkan oleh peradangan pada konjungtiva mata yang kemudian menimbulkan pembuluh darah pada mata menjadi membengkak dan menjadikan mata terlihat memerah dan terlihat kering.

Konjungtivitis sanggup disebabkan oleh alergi ataupun infeksi. Konjungtivitis yang disebabkan oleh alergi biasanya akan pribadi mengenai dua mata dan menimbulkan mata merah dan terasa gatal yang hebat. Sedangkan konjungtivitis oleh lantaran infeksi biasanya akan mengenai salah satu mata memerah dan berair hingga beberapa hari dan kemudian mata yang satunyapun akan ikut memerah. Konjungtivitis ini disebabkan oleh infeksi kuman atau virus yang sanggup menimbulkan mata terus menerus mengeluarkan kotoran dan sanggup meninggalkan kerak dikelopak mata (apalagi ketika bangkit tidur).

Mata kering

Pada dasarnya air mata berfungsi sebagai penangkal infeksi dan juga sebagai pelumas yang sanggup membersihkan mata dari bubuk dan kotoran dari luar. Mata kering akan terjadi pada ketika kelenjar air mata tidak sanggup memproduksi banyak cairan air mata , sehingga kondisi ini akan menjadikan kering dan terjadi iritasi dan menjadikan mata menjadi merah. Mata yang kering juga sanggup disebabkan oleh cuaca yang panas dan kering hingga berangin , peradangan kelopak mata atau efek penggunaan lensa kontak yang terus menerus.

Kelelahan 

Kelelahan jawaban pekerjaan atau bekerja didepan komputer seharian akan menciptakan mata anda menjadi lelah , kering atau bahkan berair. Selain dari pada itu , anda juga akan mengalami kelelahan yang luar biasa hingga sakit kepala. 

Luka

Cidera yang mengenai mata jawaban dari kecelakaan , gesekan kecil , atau luka bakar sanggup menimbulkan mata merah. Hal ini disebabkan oleh lantaran pembuluh darah mata anda melebar supaya darah sanggup mengalir dengan lancar kelokasi cidera supaya penyembuhan luka sanggup berjalan dengan cepat. Hal inilah yang sanggup menimbulkan mata anda menjadi merah.

itulah tadi penyebab-penyebab yang sanggup menimbulkan mata merah. Ada beberapa hal yang sanggup anda lakukan kalau anda mengalami mata merah , antara lain:
  • Jangan menyentuh atau mengucek mata anda yang sakit kemudian berganti keyang sehat , dikarenakan sanggup menularkan infeksi ke mata sebelahnya
  • Jangan menggunakan make-up dan kontak lens 
  • Bersihkan mata menggunakan kain yang lembut dan basah
  • Gunakan kacamata untuk melindungi mata dari bubuk ketika bepergian
  • Jika mata anda terasa sangat mengganggu dan anda tidak tahan , lebih baik kunjungi dokter secepatnya

Mungkin ini saja yang sanggup saya jelaskan ihwal sakit mata merah , mudah-mudahan sanggup bermanfaat bagi anda dan kalau ada yang kurang terang silahkan tulis pertanyaan anda pada komentar. 

Terimakasih atas kunjungan anda dan hingga jumpa pada postingan selanjutnya.

Silahkan submit email anda untuk mendapat update artikel terbaru dari Ilmu Keperawatan:

0 Response to "Mata Merah - Ilmu Keperawatan"

Total Pageviews