Latest News

Mengatasi Nyeri Ketika Menstruasi - Ilmu Keperawatan

Mengatasi nyeri dikala menstruasi
Sember: id.wikipedia.org
Selamat pagi para pengunjung sekalian , jumpa lagi dengan saya. Pada posting kali ini saya akan menyebarkan infomasi yang sangat penting nih. Khususnya untuk para perempuan yang sering merasakan nyeri dikala menstruasi atau haid. Baiklah eksklusif saja saya jelaskan..

Apakah anda sering merasakan nyeri atau sakit dikala anda sedang tiba bulan atau haid. Jika iya , jangan khawatir , hal ini merupakan tanda-tanda yang masih sanggup dikatakan normal untuk para perempuan yang sedang haid. Apa yang mengakibatkan nyeri dikala tiba bulan?
Penyebabnya biasanya dikarenakan faktor hormonal. Tidak sempurnanya proses ovulasi atau pembuahan sehingga terjadi ketidakseimbangan hormon yang sanggup menimbulkan rasa nyeri dikala haid. Hormon estrogen dan progesteron (hormon kesuburan) yang tidak seimbang juga sanggup mengakibatkan rasa nyeri dikala menstruasi atau bisa juga salah satu ibarat hormon estrogen yang terlalu berlebihan.

Tanda dan tanda-tanda yang harus anda ketahui dikala akan mengalami menstruasi atau haid antara lain:
  • Payudara membesar dan nyeri dikala disentuh
  • Pusing kepala
  • Nyeri perut penggalan bawah
  • Perut terasa kembung
  • Kelelahan
  • Dapat terjadi depresi

Dengan datangnya menstruasi tersebut , biasanya sebagian perempuan akan mengalami sindrom ketakutan dikarenakan menstruasi sering diiringi dengan rasa nyeri. Sebenarnya rasa nyeri yang timbul pada dikala menstruasi sanggup ditekan dengan melaksanakan hal-hal ibarat dibawah ini:

Konsumsi masakan yang bergizi

Makanlah masakan yang banyak mengandung vitamin D , E , omega tiga , magnesium , kalsium serta mengkonsumsi buah dan sayur yang beraneka ragam serta masakan yang banyak mengandung protein. 

Mengompres perut yang sakit

Cara yang kedua ialah dengan melaksanakan kompres perut yang sakit memakai air panas. Anda sanggup melaksanakan hal ini dengan berendam didalam air panas atau air panas anda masukkan kedalam botol kemudian anda kompreskan kebagian perut yang sakit.

Berbaring telentang

Anda sanggup mencoba melaksanakan hal ini untuk meredakan rasa nyeri anda dikala menstruasi. Cobalah berbaring di daerah tidur yang datar atau diatas sofa serta tarik nafas panjang secara perlahan-lahan dan hembuskan secara prlahan lahan dan ulangi hingga rasa nyeri mereda atau anda merasa nyaman.

Pijatan ringan

Anda sanggup melaksanakan pijatan pada area  perut yang nyeri dengan perlahan. Dengan pijatan yang lembut ini biasanya sanggup menimbulkan rasa nyaman.

Olah raga 

Dengan berolahraga ringan ibarat berjalan kaki atau yoga sanggup mengrangi rasa nyeri yang timbul selama haid. Dengan berolahraga ringan , sanggup meningkatkan denyut jantung sehingga peredaran darah lancar. 

Konsultasi ke dokter

Jika nyeri tidak hilang dengan melaksanakan hal-hal tiatas atau nyeri terjadi sangat berat dan anda tidak bisa menahannya , sebaiknya konsultasikan dengan dokter anda , sehingga sanggup diberikan penanganan yang tepat untuk mengatasi dilema anda. 

Mungkin cukup hingga disini saja klarifikasi saya wacana Tips mengatasi nyeri dikala haid. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda , jikalau ada pertanyaan silahkan tulis pada komentar. terimakasih sudah bekunjung.  

Silahkan submit email anda untuk mendapat update artikel terbaru dari Ilmu Keperawatan:

0 Response to "Mengatasi Nyeri Ketika Menstruasi - Ilmu Keperawatan"

Total Pageviews