Latest News

Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Gampang Dan Mudah - Ilmu Keperawatan

Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Mudah Dan Praktis
img by tipsibuhamil.com
Apakah anda ibu hamil , kalau anda ibu hamil atau suami ibu hamil , maka penting sekali bagi anda untuk mengetahui bagaimana cara menghitung usia kehamilan. Namun pada kenyataannya di masyarakat , apalagi pasangan-pasangan muda yang gres saja menikah dan sedang hamil , kebanyakan tidak tahu dan tidak mengerti cara menghitung usia kehamilannya.  Padahal , ilmu ini kan sangat penting bagi mereka yang sedang hamil.


Dengan adanya pengetahuan cara menghitu usia kehamilannya tersebut , seorang ibu
hamil akan sanggup mengerti pertumbuhan dan perkembangan janinnya , kebutuhan nutrisi menyerupai apa yang harus diberikan serta pantangan-pantangan atau hal-hal yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan selama masa kehamilannya tersebut.

Selain hal-hal diatas , dengan adanya pengetahuan wacana usia kehamilan maka seorang ibu sanggup mengatur agenda untuk memeriksakan kehamilannya , sehingga pertumbuhan dan perkembangan janinnya sanggup terpantau dengan baik dan janin sanggup tumbuh sehat.

Sebenarnya ilmu untuk menghitung usia kehamilan seorang ibu hamil kebanyakan dikuasai oleh tenaga kesehatan , walaupun tidak menutup kemungkinan orang awampun sanggup melakukannya. Akan tetapi , tidak ada salahnya juga kalau seorang ibu hamil mempunyai pengetahuan cara menghitung usia kehamilan semoga ibu juga sanggup memprediksi untuk kelahiran si jabang bayinya.

Untuk menghitung usia kehamilan seorang ibu hamil memang dianjurkan ke pelayanan kesehatan semoga lebih akurat kesannya , apa lagi dengan melaksanakan investigasi USG , niscaya akan lebih akurat lagi kesannya , berapa umurnya , lingkar kepalanya berapa , panjangnya berapa , dan lain-lainnya. 

Jadi bagaimana cara menghitung usia kehamilan yang benar itu?


Ada beberapa cara yang sanggup dilakukan atau anda lakukan untuk menghitung usia kehamilan yang akurat yaitu dengan menghitung semenjak HPHT atau hari pertama haid terakhir dan mengukur tinggi puncak rahim.

Menghitung usia kehamilan memakai hari pertama haid terakhir (HPHT)


Menghitung usia kehamilan memakai metode hari pertama haid terakhir atau HPHT biasanya hanya akurat kalau dilakukan kepada seorang perempuan yang mempunyai siklus haid yang teratur yaitu antara 28-30 hari. Metode ini dipakai dengan menghitung semenjak anda mengalami haid terakhir.

Metode HPHT ini sanggup dihitung dengan memakai rumus neagele. Selain sanggup dipakai untuk menghitung usia kehamilan , rumus ini juga sanggup dipakai untuk menghitung taksiran kelahiran bayi atau hari asumsi lahir (HPL).

Contoh menghitungnya menyerupai ini:
Jika anda haid terakhir tanggal tanggal 15 Oktober 2007
15 + 7 = 22 Tanggal
10 - 3 = 7 Bulan
07 + 1 = 8 Tahun

Jadi asumsi waktu kelahiran bayi anda yakni tanggal 22 Juli 2008. Perkiraan ini sanggup maju atau pun mundur ya , biasanya sanggup maju atau mundur sampai 7 harian. Kaprikornus untuk memestikan nya semoga lebih akurat sanggup memeriksakannya ke dokter untuk dilakukan USG.

Sedangkan untuk menghitung usia kehamilannya yakni setiap tanggal 22. Kaprikornus usia bulan pertama kehamilan anda yakni tanggal 22 November dan setiap tanggal 22 berikutnya usia kehamilan anda bertambah satu bulan.

Menghitung usia kehamilan dengan mengukur tinggi puncak rahim


Cara menghitung usia kehamilan dengan mengukur tinggi puncak rahim harus dilakukan dengan tenaga kesehatan ya. Caranya yakni dengan meraba puncak rahim yang menonjol di dinding perut. Cara menghitungnya yaitu mulai dari tulang kemaluan sampai puncak rahim. Contohnya , Jika jarak antara tulang kemaluan sampai rahim yakni 18 cm berarti usia kehamilan yakni 18 minggu. 

Atau sanggup juga dihitung memakai jari jangan , kalau jarak antara tulang kemaluan dengan tinggi rahim adalam 3 cm berarti usia kehamilan yakni 3 ahad dan akan naik menurut kelipatan jari tangan tadi. 



Akan tetapi cara ini sudah tidak banyak dilakukan lagi , sebab seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih sehingga sanggup dilakukan dengan memakai alat yang sangat akurat. 

Silahkan submit email anda untuk mendapat update artikel terbaru dari Ilmu Keperawatan:

0 Response to "Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Gampang Dan Mudah - Ilmu Keperawatan"

Total Pageviews