Latest News

Gejala-Gejala Alergi - Ilmu Keperawatan

Gejala-gejala alergi
Tanda dan tanda-tanda alergi yang sanggup anda alami biasanya tergantung dari jenis zat alergen yang menyebabkan. Pada setiap jenis zat alergen yang ada , biasanya menjadikan tanda-tanda yang umumnya sama , namun ada beberapa tanda-tanda yang khas dari zat alergen tersebut. Pada postingan sebelumnya perihal alergi sudah aku jelaskan secara umum perihal tanda-tanda alergi. Pada kali ini aku akan menjelaskan secara detail gejala-gejala yang ditimbulkan oleh zat-zat alergen tersebut. Antara lain adalah:

Alergi akhir sengatan atau gigitan serangga

Gejala yang ditimbulkan oleh gigitan atau sengatan serangga biasanya terjadi pembengkanan pada belahan yang digigit atau disengat. Selain
timbul jerawat pada area yang digigit juga sanggup disertai gatal-gatal pada tempat jerawat hingga seluruh badan , sesak napas serta batu-batuk. Sengatan serangga ini juga sanggup menimbulkan syok anafilaktik.

Alergi akhir udara dan debu

Zat alergen yang berasal dari sekitar udara biasanya yakni debu , tungau , serbuk sari , bulu-bulu lembut , dan lain lain. Gejala yang sanggup ditimbulkan biasanya yakni bersin-bersin. Selain tanda-tanda bersin-bersin , hidung juga sanggup lembap hingga mampet yang sanggup berakibat sulit bernafas. Gejala lain yang sanggup timbul antara lain gatal-gatal pada hidung , mata gatal dan merah , lembap hingga bengkak. 

Alergi akhir masakan tertentu

Alergi yang diakibatkan oleh makanan-makanan tertentu sanggup menjadikan rasa geli dan gatal didalam mulut. Gejala lain yang sanggup timbul biasanya jerawat pada pengecap , mata , bibir , tenggorokan hingga wajah. Selain gejala-gejala tersebut , tanda-tanda lain ibarat kulit merah-merah , bintik-bintik , mual sakit perut hingga diare juga sanggup muncul akhir masakan tertentu.

Alergi terhadap obat

Alergi terhadap ob at-obatan tertentu sanggup menjadikan tanda-tanda ibarat ruam pada muka , gatal-gatal , wajah jerawat , susah bernapas hingga terjadi syok anafilaktik.

selain faktor-faktor alergen diatas , Alergi juga sanggup diakibatkan oleh substansi ibarat sabun , parfum , shampo , suplemen dan lain-lain. Alergi yang diakibatkan oleh zat-zat tersebut sanggup menjadikan peradangan pada kulit yang disebut dengan dermatitis kontak. Dermatitis kontak biasanya sanggup menjadikan tanda-tanda ibarat gatal-gatal , kemerahan hingga terjadi peradangan.

Apa bila anda terlanjur mengalami alergi dan timbul gejala-gejala diatas , aku sarankan anda sebaiknya mencari tahu apa yang menimbulkan anda alergi semoga anda sanggup mencegahnya dikemudian hari. 

Alergi biasanya sanggup menjadikan reaksi yang hiperbola dan berakibat fatal yaitu syok anafilaktik. Gejala yang sanggup ditimbulkan ketika terjadi syok anafilaktik antara lain:
  • Sesak napas 
  • Pingsan
  • Mual-mual
  • Kulit merah-merah
  • Nadi cepat dan lemah
  • Tekanan darah turun

Jika sudah terjadi anafilaktik , sebaiknya konsultasi kedokter untuk mendapat pertolongan medis dengan segera alasannya bila telat penanganan sanggup berakibat fatal hingga kematian.

Mudah-mudahan artikel ini sanggup bermanfaat dan bila ada yang kurang terang silahkan tulis pertanyaan anda pada komentar. Terimakasih atas kunjungan anda dan hingga ketemu lagi pada postingan selanjutnya perihal penyebab alergi.

Silahkan submit email anda untuk mendapat update artikel terbaru dari Ilmu Keperawatan:

0 Response to "Gejala-Gejala Alergi - Ilmu Keperawatan"

Total Pageviews