Latest News

Menopouse Pada Perempuan - Ilmu Keperawatan

Menopouse merupakan berhentinya siklus menstruasi. Menopause dianggap telah menetap sehabis amenore (hilangnya menstruasi) berlangsung selama satu tahun. Klimakterik ialah periode ketidakteraturan siklus sebelum siklus terhenti.

menopouse

Usia rata-rata menopause di Amerika Serikat ialah 50 tahun. Siklus iregular dan anovulatori dimulai ketika usia 40 tahun.

Penyebab menopause ialah hilangnya folikel sejalan pertambahan usia sebab atresia dan ovulasi bulanan. Kehilangan folikel menjadikan berkurangnya sekresi estrogen dan progesteron.


Penurunan kadar estrogen dan progesteron mengganggu aksis hormon hipotalamus-hipofisis-ovarium dan prosedur umpan balik negatif. Siklus terhenti , walaupun sejumlah kecil hormon ovarium masih disekresi oleh kelenjar adrenal dan stroma avarium.

Karena kadar FSH dan LH hipofisis tidak dihambat oleh prosedur umpan balik negatif hormon ovarium , kadarnya ketika menopause tetap tinggi. Sumber gonadotropin insan yang dipergunakan untuk kebutuhan klinis ialah urine dari perempuan menopause.

Tanda dan tanda-tanda menopause

Gejala menopause berkaitan dengan penurunan kadar estrogen dan progesteron yang mensugesti sejumlah sistem organ dan kimia tubuh.
  • Jaringan yang didukung estrogen (kelenjar mammae , organ reproduksi , dan genitalia eksternal) secara sedikit demi sedikit mengecil.
  • Lapisan vagina menipis , dan sekresi vaginal menjadi semakin basa.
  • Vasodilatasi pembuluh darah dalam kulit menjadikan sensasi panas dalam badan (hot flash) dan keringat berlebih pada sekitar 75 % hingga 80 % perempuan di masa klimakterik. Pada beberapa perempuan , hal ini sanggup berlangsung selama beberapa tahun.
  • Beberapa perempuan mengalami iritabilitas , insomnia , sakit kepala , nyeri sendi , dan palpitasi jantung.
  • Pada sekitar 25 % perempuan , kehilangan massa tulang yang cepat sanggup mengakibatkan osteoporosis. Osteoporosis biasanya terjadi pada perempuan bertubuh kecil dengan massa tulang yang sedikit.

Baca juga artikel selanjutnya tentang Fertilisasi

Silahkan submit email anda untuk mendapat update artikel terbaru dari Ilmu Keperawatan:

0 Response to "Menopouse Pada Perempuan - Ilmu Keperawatan"

Total Pageviews