Latest News

Sejarah Perkembangan Keperawatan Di Dunia - Ilmu Keperawatan

Selamat pagi para pengunjung , saya akan membuatkan ilmu kepada anda semuanya khususnya para perawat perihal sejarah perkembangan keperawatan. Makara ilmu keperawatan bergotong-royong dari zaman dahulu sudah ada , namun penerapannya berbeda , seiring dengan perkembangan zaman dan semakin majunya teknologo semakin berkembang juga ilmu keperawatan serta kesehatan. Berikut akan saya jelaskan perkembangan keperawatan dari zaman dahulu hingga perawat profesional.

Sejarah Perkembangan Keperawatan Di Dunia

Sejarah Perkembangan Keperawatan Di Dunia

Naluri


Sejak insan diciptakan merawat sudah ada sebagai suatu naluri yang timbul dari diri insan itu sendiri. Pada masa ini setiap individu memakai logika fikirannya untuk memelihara kesehatan dalam tingkat yang sederhana ibarat menyusui anak.

Kepercayaan akan adanya roh (animisme)

Pada masa ini insan percaya bahwa penyakit disebankan oleh pengeruh roh , baik roh yang terdapat pada insan yang sudah meninggal ataupun yang masih hidup , serta yang terdapat dialam sekitar (batu , gunung , pohon , sungai , air dan api). Pengobatan dan perawatan orang sakit dilakukan dengan cara mengusir roh tersebut yang dilakukan oleh para dukun memakai mantra atau alat-alat yang berasal dari alam (seperti akar-akaran dan daun-daunan).

Kepercayaan kepada dewa-dewa

Pada masa ini , insan percaya bahwa penyakit yang diderita disebabkan oleh kemarahan para dewa. Kuil-kuil penujaan para tuhan didirikan sebagai kawasan orang-orang yang menderita sakit dan berkumpul (berdo'a) untuk meminta kesembuhan. Kuil dianggap sebagai rumah sakit pertama pada zaman primitif.

Ketabiban (kurang lebih 14 era SM)

Pada zaman ini perawatan yang dilakukan sedikit memakai teknologi yang lebih maju. Pembalutan (bidai) , higiene umum dan anatomi badan insan sudah mulai dikenal. Ketabiban berkembang di india , mesir , Yahudi , tiongkok dan roma.

Diakhones dan philantrop (kurang lebih 400 tahun SM)

Diakones yaitu suatu kelompok yang terdiri oleh para perempuan bau tanah dan janda yang membantu para pendeta dalam melayani dan merawat orang sakit. Sedangkan philantrop yaitu suatu kelompok kasih sayang yang anggotanya menjauhkan diri dari keramaian dunia dan berfokus pada perawatan orang sakit.

Pengaruh penyebaran agama islam

Pada tahun 632 masehi agama islam menyebar keseluruh pelosok dunia. Pada masa ini ilmu kesehatan terutama kedokteran dan keperawatan berkembang dengan pesat , terutama di spanyol , timur tengah (arab) , afrika utara dan asia barat.

Perawat-perawat terdidik (600-1583)

Pada masa ini muncul aneka macam institusi dan forum yang mendidik individu menjadi seorang perawat , antara lain di hotel dien dan lion (prancis) yang lalu menjadi rumah sakit terbesar dan terlengkap diprancis. Tenage terdidik ini diseleksi dari kerohaniawan yang melaksanakan perawatan terhadap orang sakit yang disebut "orang suci" atau "orang robat". 

Pekembangan ini dipicu adanya perang salib yang menyebabkan merawat menjadi pecahan dari kiprah keagamaan yang harus dilaksanakan dan tidak sanggup dihindari. Rohaniawan yang populer pada zaman ini yaitu St. Fransiscus dari asisi italia (1182-1226) yaitu tokoh agama yang merawat penyakit lepra.

Periode awal perawat profesional (abad 18 dan 19)

Florence Nightingale (1821-1910) yaitu perempuan yang berpean penting dalam perkembangan ilmu keperawatan. Pendidikan dimulai di kaiser werth , paris pada tahun 1850. Kemudian ia mengepalai institut Establishment for gentle women during illnes yang lalu berubah nama menjadi king kollege hospital. 

FLorence Nightingale merintis karirnya pada tanggal 21 oktober 1854 dalam perang krim (1854-1856) antara roma dan turki , yaitu dengan membantu korban perang dibarak rumah sakit yang berkapasitas 1700 kawasan tidur dengan sarana terbatas. Berkat perawatan yang intensif angka maut menurun drastis dari 41% menjadi 2% dalam waktu 6 bulan. 

Tahun 1860 pemerintah setempat memperlihatkan dana kepada florence untuk mendirikan sekolah perawat yang diberi nama Nightingale nursing school dan rumah sakit Thomas di london dijadikan sebagai lahan praktik.

Model sekolah perawat Nightingale yaitu sebagai berikut:
  • Pembuatan kebijakan dibidang keperawatan , bebas dilakukan oleh seorang kepala perawat meskipun ia berada dibawah kepala rumahs akit
  • Sarana berupa asrama bagi akseptor didik dikepalai oleh seorang perawat
  • Mengutamakan proses mencar ilmu mengajar didalam kelas
  • Tanggung jawab bimbingan terhadap akseptor didik dilahan praktik diberikan kepada bangsal
Florence nightingale juga menyelenggarakan beberapa acara dalam rangka pengembangan keperawatan , yaitu:
  • Membuat buku catatan perawat yang memuat dasar-dasar keperawatan bagi pendidik keperawatan
  • Menulis aneka macam buku perihal ilmu keperawatan
  • Mengadakan latihan  P3K dan palang merah untuk para prajurit
  • Memperbaiki praktik keperawatan dibeberapa rumah sakit di inggris
  • Menyelenggarakan acara yang bekerjasama dengan kesehatan masyarakat dan perawatan kesehatan masyarakat
  • Mendirikan himpunan perawat nasional inggris (British nurse assosiation) pada tahun 1887 , yang merupakan perkumpulan perawat pertama didunia.
  • Mendirikan himpunan seluruh perawat-perawat kepala diinggris yang disebut matron council of nursing pada tahun 1894
  • Perkumpulan ini menjadi semakin besar lengan berkuasa sehingga pemerintah inggris menetapkan sebagai profesional fredom yang lalu diundang-undangkan pada tahun 1919.
Itulah tadi sejarah perkembangan keperawatan yang ada didunia , mudah-mudahan artikel ini sanggup dipahami. jikalau ada yang bertanya silahkan beri komentar dan jikalau ada yang kurang silahkan beri saran kepada saya. Semoga bermanfaat dan hingga ketemu lagi di postingan berikutnya. Baca juga Sejarah pekembangan keperawatan diindonesia.

Silahkan submit email anda untuk mendapat update artikel terbaru dari Ilmu Keperawatan:

0 Response to "Sejarah Perkembangan Keperawatan Di Dunia - Ilmu Keperawatan"

Total Pageviews