Latest News

Sistem Reproduksi Perempuan - Ilmu Keperawatan

Sistem reproduksi perempuan merupakan sekumpulan organ-organ pada reproduksi perempuan yang saling bekerja sama untuk menjalankan fungsi sebagai daerah untuk melangsungkan pertumbuhan insan dan pembentukan manusia.

Sistem Reproduksi Wanita

Sistem reproduksi perempuan dibagi menjadi dua bab yaitu sistem reproduksi perempuan interna atau bab dalam dan sistem reproduksi perempuan eksterna atau bab luar serta organ pendukung sistem reproduksi.

Sistem reproduksi perempuan interna

Sistem reproduksi perempuan bab dalam merupakan organ-organ reproduksi perempuan yang ada didalam tubuh.

Organ-organ sistem reproduksi perempuan interna atau bab dalam diantaranya yaitu sebagai berikut:

Ovarium

Ovarium merupakan organ reproduksi perempuan sebagai daerah produksi sel telur pada wanita. Didalam ovarium ini setiap bulannya sel telur dikeluarkan kalau sudah matang dan siap untuk dibuahi oleh sperma laki-laki.

Pada keadaan normal , perempuan mempunyai sepasang ovarium yaitu ovarium kanan dan ovarium kiri.

Tuba falopii

Tuba falopii merupakan sepasang salurah atau tabung yang berfungsi sebagai ba falopii juga berfungsi sebagai daerah untuk menampung sel telur sementara sebelum dibuahi oleh sperma. Bias dikatakan tuba falopii juga yaitu daerah pembuahan atau fertilisasi.

Uterus atau Rahim

Uterus merupakan organ sistem reproduksi perempuan interna yang berfungsi sebagai daerah penanaman janin sesudah terjadi pembuahan. Uterus atau Rahim ini akan menampung janin atau calon bayi dari masa pembuahan sampai bayi lahir.

Vagina

Vagina atau biasa disebut liang senggama. Vagina merupakan organ reproduksi perempuan yang berfungsi sebagai daerah untuk melaksanakan senggama dengan reproduksi laki-laki.

Baca selengkapnya sistem reproduksi perempuan interna di sistem reproduksi perempuan interna.

Sistem reproduksi perempuan eksterna

Organ-organ reproduksi wanita eksterna ini letaknya berada diluar dari organ reproduksi interna. Organ-organ reproduksi eksterna ini antara lain yaitu mons pubis , labia mayora , labia minora , klitoris , vestibula , orifisium uretra , verbal vagina atau orifisium vagina , dan perineum.

Baca selengkapnya sistem reproduksi perempuan interna dan sistem reproduksi perempuan eksterna.

Silahkan submit email anda untuk mendapat update artikel terbaru dari Ilmu Keperawatan:

0 Response to "Sistem Reproduksi Perempuan - Ilmu Keperawatan"

Total Pageviews