Latest News

Pengaturan Hormonal Sistem Reproduksi Laki-Laki - Ilmu Keperawatan

Hormon testikular

Hormon androgen utama yang diproduksi testis adalah hormone testoteron. Testis juga mensekresi sedikit androstenedion , yaitu prekursor untuk estrogen pada pria , dan dihidro-testosteron (DHT) yang penting untuk pertumbuhan prenatal dan  diferensiasi genitalia laki-laki.

Pengaturan Hormonal Sistem Reproduksi Laki-Laki

Pada janin pria , sekresi testosteron mengakibatkan terjadinya diferensiasi duktus internal dan genitalia eksternal , dan menstimulasi penurunan testis ke dalam skrotum selama dua bulan terakhir gestasi. Dari lahir hingga pubertas , hanya sedikit atau bahkan tidak ada testosteron yang diproduksi.


Saat pubertas dan setelahnya , hormone testosteron bertanggung jawab atas perkembangan dan pemeliharaan karakteristik seks sekunder pria :
  • Testosteron meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan genitalia laki-laki.
  • Tertosteron bertanggung jawab atas pendistribusian rambut yang menjadi ciri khas laki-laki.
  • Testosteron mengakibatkan pembesaran laring dan perpanjangan dan penebalan pita bunyi sehingga menghasilkan bunyi bernada rendah.
  • Testosteron meningkatkan ketebalan dan tekstur kulit serta mengakibatkan permukaan kulit menjadi lebih gelap dan lebih kasar. Hormon ini juga meningkatkan acara kelenjar keringat dan kelenjar sebasea serta terlibat dalam pembentukan infeksi (pada pria dan perempuan).
  • Testosteron meningkatkan massa otot dan tulang , meningkatkan laju metabolik dasar , meningkatkan jumlah sel darah merah , dan meningkatkan kapasitas pengikatan oksigen pada laki-laki.

Hormon hipofisis dan hipotalamus

Hormone hipofisis dan hipotalamus dapat mengendalikan produksi androgen dan fungsi testikular. Hormone hormone yang diproduksi oleh hipofisis dan hipotalamus yaitu sebagai berikut:

Gonadotropin hipofisis

Salah satu hormone gonadotropin hipofisis adalah Folicle stimulating hormone (FSH) yang memiliki reseptor pada sel tubulus seminiferus dan dibutuhkan dalam spermatogenesis.

Luteinizing hormone (LH) mempunyai reseptor pada sel interstisial dan menstimulasi produksi serta sekresi testosteron. LH juga disebut ICSH (interstitial cell stimulating hormone) atau hormon perangsang sel interstisial pada laki-laki.

Hipothalamic gonadotropin releasing hormone (GnRH)

Hormone ini berinteraksi dengan testosteron , FSH , LH , dan inhibin dalam prosedur umpan balik negatif yang mengatur sintesis dan sekresi testosteron.
  • Penurunan konsentrasi testosteron yang bersirkulasi menstimulasi produksi GnRH hipotalamik yang kemudian menstimulasi sekresi FSH dan LH. FSH menstimulasi spermatogenesis dalam tubulus seminiferus dan LH menstimulasi sel interstisial untuk memproduksi testosteron.
  • Peningkatan kadar testosteron dalam darah menunjukkan kendali umpan balik negatif pada sekresi GnRH dan pada sekresi FSH dan LH hipofisis.
  • Inhibin disintesis dan disekresi  oleh sel sertoli untuk merespons terhadap sekresi FSH. Hormon ini bekerja melalui umpan balik negatif eksklusif pada kelenjar hipofisis untuk menghambat sekresi FSH. Inhibin tidak mensugesti pelepasan LH (ICSH).
  • Protein pengikat androgen yaitu suatu polipeptida yang juga diproduksi oleh sel sertoli untuk merespons sekresi FSH. Protein mengikat testosteron untuk mempertahankan konsentrasinya dalam tubulus seminiferus 10sampai 15 kali lebih besar dibandingkan sengan konsentrasinya dalam darah. Hal ini kemudian meningkatkan penerimaan sel terhadap pengaruh testosteron dan berfungsi untuk menunjang spermatogenesis.

Masa pubertas

Pada masa pubertas tingkat hormone dipicu oleh peningkatan sekresi GnRHe. Berikut yaitu penjelasannya:
  • GnRH dihambat melalui umpan balik negatif dari sejumlah kecil testosteron yang bersirkulasi sebelum pubertas.
  • Saat pubertas , maturasi otak dan penurunan sensivitas hipotalamus terhadap penghambatan testosteron mengakibatkan peningkatan sekresi GnRH yang kemudian meningkatkan sekresi FSH dan LH hipofisis. Ini mengakibatkan terjadinya spermatogenesis , produksi testosteron , dan pembentukan karakteristik seks sekunder pada laki-laki.
  • Peningkatan kadar GnRH mengakibatkan peningkatan sekresi FSH dan RH oleh kelenjar hipofisis anterior.

Baca artikel selanjutnya tentang system reproduksi wanita

Silahkan submit email anda untuk mendapat update artikel terbaru dari Ilmu Keperawatan:

0 Response to "Pengaturan Hormonal Sistem Reproduksi Laki-Laki - Ilmu Keperawatan"

Total Pageviews