Latest News

Farmakologi Kesehatan - Ilmu Keperawatan

Difinisi Farmakologi

Farmakologi merupakan sebuah kata yang berasal dari kata farmakon yang artinya obat dan logos yang berarti ilmu. Kaprikornus , farmakologi sanggup diartikan sebagai ilmu yang mempelajari wacana obat – obatan.

farmakologi

Obat merupakan zat kimia yang sanggup mempengaruhi proses hidup (dalam arti yang luas). Obat juga merupakan senyawa kimia yang sangat kuat.

Obat terbuat dari materi atau adonan materi setengah jadi atau materi jadi yang tidak diolah maupun yang telah diolah terlebih dahulu yang dipergunakan untuk mencegah , mengobati , menyembuhkan , memperbaiki fisik maupun psikis pada insan atau makhluk lain.

Bahan – Bahan Untuk Membuat Obat

Obat merupakan suatu sediaan yang terbuat dari beberapa bahan. Berikut yaitu bahan-bahan yang biasan dipakai untuk menciptakan obat.

Berasal dari hewan

Bahan-bahan obat yang berasal dari binatang antara lain yaitu kelenjar binatang (hormon tiroid , insulin , hormon seksual hewan) , kerang , tulang , Lilin lebah dan sanggup ular.

Berasal dari tumbuhan

Bahan-bahan obat yang berasal dari tumbuhan biasanya yaitu akar (digitalis , sarsaparilla) , risoma (aspidium) , daun (belladona , peppermint) , bunga , buah dan biji. Kaprikornus hampir dari semuah tumbuhan obat sanggup dimanfaatkan untuk menciptakan obat.

Berasal dari materi mineral           

Bahan-bahan obat yang berasal dari bahan-bahan mineral yaitu menyerupai magnesium Sulfat , Alumunium dan lain-lain.

Dibuat secara sintetik

Selain dari binatang , tumbuhan dan bahan-bahan mineral , obat juga sanggup dibentuk dari materi sintetik. Contohnya yaitu kortikosteroid , transquilizer , kemoterapi dan obat energizer psikis.

Cabang-Cabang Ilmu Farmakologi

Ilmu farmakologi bukan hanya ilmu wacana obat-obatan. Ilmu farmakologi jga mempunyai cabang-cabang ilmu yang saling bekerjasama dengan ilmu farmakologi muladi dari cara pembuatan obat hingga cara kerja obat.
  • Farmakognosi : ilmu yang mempelajari bentuk makroskopik dan mikroskopik aneka macam tumbuh – tumbuhan , dan organisme lainnya yang sanggup dipakai dalam pengobatan.
  • Farmasi : ilmu yang mempelajari cara menciptakan , mencampur dan formulasikan obat , menyimpan dan menyediakan obat.
  • Biofarmasi : menyelidiki dampak formulasi obat terhadap imbas teraupetiknya
  • Farmakokinetik : ilmu yang mempelajari penyerapan , distribusi , metabolisme (biotransformasi) dan ekskresi obat atau asfek farmakologi yang meliputi nasib obat di dalam tubuh.
  • Farmakodinamik : ilmu yang mempelajari cara kerja obat , imbas obat terhadap fungsi aneka macam organ dan dampak obat terhadap reaksi biokimia berbagai  organ badan serta prosedur kerjanya.
  • Farmakoterapi : ilmu yang mempelajari penggunaan obat untuk menyembuhkan penyakit.
  • Farmakologi klinik : ilmu farmakologi yang mempelajari imbas obat pada manusia.
  • Farmakologi terapi : ilmu yang mempelajari relasi penggunaan obat dalam pencegahan dan pengobatan penyakit. Dalam farmakologi terapi ini dipelajari aspek farmakokintik dan farmakodinamik suatu obat , pengetahuan ini penting biar kita sanggup memakai obat secara rasional.
  • Toksikologi : ilmu yang mempelajari keracunan oleh aneka macam zat kimia terutama obat yang dipakai dalam rumah tangga , industri maupun lingkungan hidup contohnya insektisida , pestisida dan zat pengawet.

Itulah tadi pembahasan tentang farmakologi yang sanggup saya sampaikan , mudah-mudahan sanggup bermanfaat bagi anda.

Baca juga Pembagian Golongan Obat BerdasarkanPeredarannya.

Silahkan submit email anda untuk mendapat update artikel terbaru dari Ilmu Keperawatan:

0 Response to "Farmakologi Kesehatan - Ilmu Keperawatan"

Total Pageviews