Latest News

Hipernatremia - Ilmu Keperawatan

Definisi Hipernatremia

Hipernatremiadidefinisikan sebagai natrium serum lebih besar dari 145 mmol / l dan selaludikaitkan dengan keadaan hiperosmolar.

Adamorbiditas dan mortalitas yang signifikan terkait dengan hipernatremia yangsulit untuk dihitung alasannya ialah hubungannya dengan komorbiditas serius lainnya.

Beberapastudi telah mengutip angka ajal setinggi 75% akhir hipernatremia.(Semenovskaya Z , 2007).

Hipernatremiamenyebabkan kehilangan cairan tubuh sel yang menimbulkan sel-sel menyusut.

Sel-selmerespon dengan mengangkut elektrolit melintasi membran sel dan mengubahpotensial membran menjadi istirahat.

Sekitarsatu jam kemudian bila masih ada hipernatremia , larutan organik intraselulerdibentuk untuk mengembalikan volume sel dan mencegah kerusakan struktural.

Olehkarena itu dikala mengganti air harus dilakukan dengan sangat perlahan untukmemungkinkan akumulasi zat terlarut untuk menghindari edema serebral.(Semenovskaya Z , 2007).

Jikahipernatremia berlanjut dan sel-sel mulai menyusut , perdarahan otak dapatterjadi alasannya ialah peregangan dan pecahnya pembuluh darah menjembatani (subdural ,subarachnoid atau intraserebral). (The College of Emergency Medicine &Doctors.net.uk , 2008)

Penyebab dan Klasifikasi Hipernatremia

Penyebabhipernatremia sanggup dibagi menjadi tiga kategori besar menyerupai yang ditunjukkanpada Tabel berikut.

Penyebabhypernatremia:

Reduced water intake
Loss of free water

Sodium gain






Unwell infants e.g. with
1. Extra-renal:

Primary

diarrhoea and vomiting
Dehydration

hyperaldosteronism
Intubated patients
Burns

(Conns)

Institutionalised elderly
Exposure

Secondary


Gastrointestinal losses

hyperaldosteronism   e.g.

2. Renal:

CCF , liver cirrhosis , renal

Osmotic  diuretics
e.g.
failure ,
nephrotic






Penyebabhypernatremia pada tabel diatas sering mempunyai penyebab iatrogenik dan yangpaling berisiko pada pasien yang diintubasi , bayi yang hanya meminum susuformula , atau orang renta dan orang-orang dalam perawatan yang tidak memilikicairan yang tersedia bagi mereka atau mereka yang mempunyai penurunan reseptorkehausan. (The College of Emergency Medicine & Doctors.net.uk , 2008).

Gejala Klinis Hipernatremia

Gambaranklinis hipernatremia non spesifik menyerupai anoreksia , mual , muntah , kelelahandan gampang tersinggung.

Sepertinatrium meningkat akan ada perubahan dalam fungsi neurologis yang lebihmenonjol bila natrium telah meningkat pesat dan tingkat tinggi.

Padabayi cenderung mengatakan takipnea , kelemahan otot , gelisah , tangisan bernadatinggi , dan kelesuan menimbulkan koma.

Diagnosisdiferensial utama untuk gejala-gejala tersebut pada populasi ini ialah sepsisyang sanggup diperparah oleh hipernatremia. (The College of Emergency Medicine& Doctors.net.uk , 2008).

Anamnesa Pasien Hipernatremia

Anamnesaharus mengikuti pendekatan yang sama untuk hiponatremia dengan perhitungankesenjangan osmolar , natrium urin dan osmolalitas bersama dengan penyelidikanlebih lanjut untuk mengidentifikasi penyebab yang mendasari. (The College ofEmergency Medicine & Doctors.net.uk , 2008).

Denganginjal penyebab kehilangan air , osmolalitas urin akan sangat rendah , sedangkanpada penyebab ekstra-ginjal , osmolalitas urin akan sangat tinggi (≥ 400 mosm /l) , ginjal mencoba untuk menghemat air. (The Colleg e of Emergency Medicine& Doctors.net.uk , 2008)

Pengobatan Hipernatremia

Manajemendari pengobatan hypernatremia terdiri dari mengobati penyebab yang mendasaridan memperbaiki hipertonisitas tersebut.

Sepertidengan hiponatremia , hukum umum ialah untuk memperbaiki tingkat natrium padatingkat di mana ia naik.

Jikanatrium tersebut diperbaiki terlalu cepat ada risiko menimbulkan edemaserebral.

Saranyang baik ialah bertujuan untuk 0 ,5 mmol / l / jam dan maksimal 10 mmol / l /hari dalam semua kasus kecuali onsets sangat akut.

Dalamhipernatremia akut (≤ 48 jam) natrium sanggup diperbaiki dengan cepat tanpamenimbulkan masalah.


Namun ,jika ada keraguan untuk tingkat onset , natrium harus diperbaiki perlahan selamasetidaknya 48 jam. (The College of Emergency Medicine & Doctors.net.uk ,2008).

Silahkan submit email anda untuk mendapat update artikel terbaru dari Ilmu Keperawatan:

0 Response to "Hipernatremia - Ilmu Keperawatan"

Total Pageviews