Latest News

Prestasi Menakjubkan Orang-Orang Dengan Down Syndrome

Terlahir dengan kondisi fisik dan mental yang tepat yaitu harapan semua orang. Fisik yang utuh dan daya pikir yang baik tentu saja bisa menjadi senjata untuk meraih harapan dan kesuksesan. Namun sayangnya tak semua insan di dunia ini mendapatkan anugerah yang demikian. Tak sedikit kemampuan mereka dibatasi dengan fisik yang kurang, tak jarang ada juga yang terbatas kemampuan berpikir. Akan tetapi tak semua dari mereka yang gampang mematahkan mimpi alasannya yaitu keterbatasannya. Down syndrome atau sindrom down yaitu suatu kelainan genetik yang menyebabkan keterbelakangan pertumbuhan fisik dan mental akhir sepasang kromosom yang tak bisa membelah. Orang dengan down syndrome biasanya mempunyai ciri fisik yang sama menyerupai kepala dan hidung yang lebih kecil serta rata-rata IQ 30 saja. Dengan modal IQ yang jauh dari rata-rata orang normal, nyatanya masih banyak diantara mereka yang mempunyai prestasi menakjubkan,  menyerupai di bawah ini.


Zhou Zhou



Seorang pengidap down syndrome namun mempunyai prestasi menakjubkan yang pertama berasal dari Negeri Tirai Bambu, Cina. Pria dengan nilai IQ 30 ini berjulukan Zhou-Zhou. Memiliki seorang ayah yang berprofesi sebagai pemain cello ini ternyata yaitu mukjizat bagi kehidupan Zhou-Zhou. Berawal dari seringnya ia mengikuti ayah yang sedang berlatih orkestra, Zhou kecil seringkali memperhatikan orang-orang bermain musik dan menirukan gaya dirigen atau konduktor yang memimpin pertunjukan musik melalui bahasa arahan tersebut. Suatu kali ada seorang pelajar yang menciptakan film documenter tengah memperhatikan Zhou yang asyik menirukan gerakan konduktor secara persis. Hingga kemudian ada ajun yang bercanda menyampaikan jikalau Zhou bisa memimpin pecahan selanjutnya dari pertunjukan musik tersebut. Lantas Zhou pribadi meraih tongkat dan menciptakan penonton tertegun alasannya yaitu ia bisa berhasil melaksanakannya. Pria kelahiran tahun 1978 ini ketika ini berhasil menjadi konduktor untuk beberapa pertunjukan music besar baik di Cina maupun mancanegara. Uniknya ia yaitu satu-satunya konduktor di dunia yang tak bisa membaca not balok.


Noelia Garella



Setelah dari Cina, kita terbang ke Argentina untuk melihat prestasi andal dari seorang pengidap down syndrome lainnya. Kali ini yaitu seorang perempuan bagus kelahiran 30 tahun yang kemudian berjulukan Noelia Garella. Yup, Noelia Garella yaitu seorang guru taman kanak-kanak di Argentina sekaligus satu-satunya guru Taman Kanak-kanak dengan kelainan genetik tersebut. Noelia yaitu sarjana di bidang ekonomi dan manajemen organisasi di bidang pariwisata yang menyayangi dunia pendidikan khususnya anak-anak.  Sejak kecil impiannya yaitu menjadi guru Taman Kanak-kanak dan memang hobi membacakan dongeng untuk mereka. Noelia sangat dicintai oleh murid-muridnya, bahkan orang bau tanah dari muri-muridnya taka da yang mempermasalahkan keterbatasan fisiknya ini. Sejak tahun 2012 sampai ketika ini Noelia Garella masih terus menekuni profesinya tersebut. Hebatnya, Noelia selalu menjalani hidupnya layaknya orang “normal” lainnya, diapun berencana untuk menikah dengan pasangannya yang juga mengidap down syndrome berjulukan Nicolas. Cita-cita yang mulia dengan mencerdaskan belum dewasa dari seorang pengidap down syndrome.


Tim Harris



Beberapa waktu yang kemudian sempat muncul video perihal pernyataan cinta seorang laki-laki down syndrome kepada calon kekasihnya ketika itu yang juga mengidap kelainan sama. Para netizen sempat geger, alasannya yaitu video tersebut penuh dengan suasana romantis. Ternyata laki-laki tersebut yaitu Tim Harris, laki-laki kelahiran 1986 dengan kondisi down syndrome namun berhasil membangun restorannya sendiri! Yup, Harris benar-benar berhasil menciptakan restoran dan dinilai sebagai restoran ter-ramah yang ada di Amerika Serikat. Prestasi Harris memang tak bisa disepelekan, ia lulus dari Eldorado High School di Albuquerque, New Mexico dengan predikat Pelajar Terbaik! Setelah lulus, ia sempat bekerja di restoran dan menciptakan pendapatan di restoran tersebut meningkat pesat. Tim Harris kemudian elanjutkan pendidikan kuliahnya dan lulus di Eastern New Mexico University dengan akta Food Service, Office Skills and Restaurant Hosting. Uniknya restoran ini selalu menyambut pengunjungnya dengan “pelukan”. Dengan prestasi serta keberhasilannya ini, Tim Harris sering berkeliling dunia untuk menawarkan wangsit serta semangat bagi orang-orang yang berkebutuhan khusus tampaknya juga bisa meraih kesuksesan. Tim Harris juga pernah dijamu makan malam oleh Presiden Obama dalam rangka Olimpiade Khusus di bulan Juli tahun 2014.


Angela Covadonga Bachiller



Seorang perempuan dengan keterbatasan fisiknya yakni down syndrome nyatanya juga bisa duduk di dingklik pemerintahan! Dan perempuan andal tersebut ialah Angela Covadonga Bachiller. Wanita asal Spanyol ini memulai karir politiknya ketika di tahun 2010 menjadi staf manajemen di kantor Balai Kota Valladolid. Sewaktu Jesus Garcia Galvan yang tak lain yaitu anggota dewan di Spanyol terjerat korupsi kemudian mengundurkan diri, Bachiller mendapatkan kesempatan tersebut. Dengan derma dari banyak pihak termasuk Wali Kota Leon de la Riva yang telah berkuasa semenjak tahun 1995, kesudahannya Bachiller berhasil mendapatkan posisi sebagai dewan kota menggantikan Jesus Garcia Galvan dan dilantik pada tanggal 29 Juli 2013. Atas keberhasilannya ini, Bachiller menjadi perempuan pertama dengan kondisi down syndrome yang menduduki dingklik Dewan Kota dan menjadi orang kedua di wilayah Eropa sehabis sebelumnya ada Stephen Green yang juga down syndrome dan duduk di dewan legislatif Inggris.

Sahabat anehdidunia.com mempunyai keterbatasan fisik bukanlah suatu alasan untuk menghambat harapan dan menggagalkan kesuksesan. Justru dengan keterbatasan fisik yaitu cara pembuktian atas kemampuan yang bisa sepadan dan bahkan setara dengan orang-orang normal lainnya. Tentu saja selain orang-orang diatas masih banyak orang down syndrome yang juga berprestasi lainnya. Semoga kisah ini menginspirasi dan semakin banyak yang menghargai dan mengapresiasi.

Sumber referensi:
http://global.liputan6.com/read/2434434/kisah-8-anak-down-syndrome-berprestasi
http://specialreads.com/tuesday-topic-zhouzhou-orchestra-conductor/
http://www.lanacion.com.ar/1673978-la-historia-de-noelia-garella-la-primera-maestra-con-sindrome-de-down
http://www.dailymail.co.uk/news/article-3414789/I-got-hit-love-bug-America-s-syndrome-restaurant-owner-close-closer-girlfriend-meeting-special-needs-forum.html
http://www.timsplace.com/meettheman/
http://mamiverse.com/angela-bachiller-down-syndrome-firsts-44644/

0 Response to "Prestasi Menakjubkan Orang-Orang Dengan Down Syndrome"

Total Pageviews