Latest News

Menguak Misteri Ouija Papan Permainan Pemanggil Arwah

Menjelang film Ouija dioutar, kami ingin mengulas ihwal papan yang dikatakan sebagai alat untuk memanggil arwah ini. Ouija yaitu sebuah papan terbuat dari kayu yang berisikan karakter A hingga Z dan angka dari 0 hingga dengan 9 serta kata Ya dan Tidak, juga sebagai epilog kata Good Bye, dilengkapi dengan Planchette sebagai indikator yang bergerak mengikuti karakter maupun angka yang katanya digerakkan oleh kekuatan gaib. Pada tahun 1920, keberadaan papan ini sangat terkenal yang dipakai untuk menghubungi orang yang sudah mati. Namun hal tersebut hanya diceritakan dari lisan ke lisan yang tentu saja bukti nytanya masih misteri hingga ketika ini. Disini kami akan mengulas secara lengkap ihwal papan ouija dan kisah kisah yang terdpat di dalamnya.


Sejarah Papan Ouija



Papan Ouija mempunyai akar dalam Spiritualisme, yang dimulai di Amerika Serikat pada tahun 1840-an akhir.Beberapa okultis terkait penggunaan papan Ouija dengan ancaman kerasukan setan membuat  Ouija menjadi sarana bagi  paranormal atau supranatural berkomunikasi dengan roh. Papan ouija menjadi sangat populer, dan pada 1 Juli  1890, pengusaha Obligasi Elia, Charles dan William Kennard HA Maupin mempunyai ide untuk mengubah papan menjadi mainan.  Mereka mengajukan paten pertama untuk permainan yang disebut papan Ouija, yang dioperasikan menyerupai papan berbicara di Ohio. Hak paten terbit pada tahun 1891.  Nama, berdasarkan Kennard, berasal dari kata Mesir kuno yang berarti “good luck/ selamat.”

Perusahaan Novelty Kennard menjadi Perusahaan Novelty Ouija. William Fuld , seorang karyawan di sana, kesudahannya mengambil alih produksi papan, pada tahun 1901, ia mulai membuat papan sendiri di bawah nama Ouija, yang Fuld menyampaikan berasal dari kombinasi dari kata-kata Perancis dan Jerman untuk “ya”-etimologi yang diterima ketika ini.  Fuld merancang banyak sekali versi Quija (ia memegang paten dan hak cipta Ouija lebih daripada orang lain dalam sejarah-grand total 21 registrasi di tiga negara-termasuk desain untuk planchette yang modern ).  Karena sukses besar, sejumlah pesaing untuk mencoba membuat sendiri Ouija-seperti perangkat.  Fuld menggugat banyak kematiannya pada tahun 1927.  Pada tahun 1966, Fuld estate yang menjual bisnis keluarga yang meliputi lebih dari sekedar papan Ouija-ke Parker Brothers, yang memproduksi papan modern menyerupai hari ini.

Pada tahun 1991, Parker Brothers dijual ke Hasbro, yang kini memegang semua hak paten Ouija. Dalam perjalanannya papan Quija pernah di anggap sebagai permainan dan  benda yang berbahaya lantaran mengukuhkan kemusyikan pada agama, pada kenyataannya papan Quija pernah mempunyai tugas di sastra. Papan Ouija telah menjadi sumber wangsit bagi karya-karya sastra, yang dipakai sebagai aliran dalam menulis, atau sebagai bentuk penyaluran karya sastra.  Sebagai hasil dari papan Ouija menjadi terkenal di awal periode 20, oleh 1920-an banyak buku “psikis” yang ditulis dari banyak sekali kualitas sering dimulai dengan memakai papan Ouija. Seperti penulis Mark Twain, Patience Worth,  penyair James Merrill dan juga menjadi wangsit film.

Cara Bermain Papan Ouija



Pertanyaananya bagaimanakah cara memainkannya? Caranya yaitu letakkan koin/alat untuk penunjuk karakter dan angka tadi di atas papan yang telah diberi simbol-simbol ouija sempurna di tengahnya. Lalu, letakkan sebatang lilin yang telah dinyalakan di sebelah papan. Untuk memanggil roh atau arwah supaya mau masuk dan ikut ke dalam permainan, kita harus membaca sebuah mantra pemanggil. Mantranya sebagai berikut “Spirit, spirit of the coin. Spirit, spirit of the coin. Spirit, spirit of the coin. Please come out and play with us! Mantra tersebut dibaca sambil menempelkan jari telunjuk pada koin. Jika yang mengikuti permainan ini 4 orang, semuanya harus menempelkan telunjuknya. Jangan lupa, gerakkan memutar secara perlahan dan sangat pelan. Mantra di atas sanggup dibaca berulang-ulang hingga kedatangan roh sanggup dirasakan. Biasanya ditandai dengan api lilin yang bergoyang atau koin mulai terasa berat ketika digerakkan.


Kisah Kejadian Papan Ouija



Sebuah peringatan dari dunia lain gagal menghentikan Angela Jackson dari Kilbarchan, Renfrewshire, untuk berbuat iseng dengan Ouija Board atau Papan Ouija. Namun kini, ibu dari 2 anak ini pribadi meratapi keputusannya ketika beliau mendapatkan ancaman dari dunia roh. Ini semua berawal ketika Angela mendapatkan pesan dari mendiang ayahnya di pertemuan spiritualis, demikian menyerupai yang diwartakan Mirror. "Sambil membawa secangkir teh, saya duduk di aula pertemuan. Seorang perempuan berdiri di panggung depan. Dia mengamati kerumunan, kemudian matanya tertuju padaku. Dia bilang: Selamat tiba di duniaku, kemudian mulai menyanyi lagu Jim Reeves", ungkap Angela, menceritakan awal kejadian.

"Aku menggeliat di bawah tatapan intensnya. Dan tiba-tiba saya menyadari, itu lagu kesukaan ayahku, Charlie, yang meninggal 20 tahun yang lalu. Lagu terhenti dan beliau berkata: Ayahmu menunggumu. Kamu berfikir untuk memakai Papan Ouija, jangan lakukan! Tidak ada laba bermain dengan itu". "Saya sangat terkejut, beliau benar, saya memang berencana melakukannya". Angela terobsesi dengan kehidupan dunia lain sesudah dirinya pernah dilaporkan mengalami mati suri pada ketika dirinya kecil. Ditambah lagi dengan mimpi-mimpinya yang sering menjadi kenyataan, mambuat Angela semakin ingin tau dengan segala macam acara yang ada di dunia yang tak kasat mata itu. "Itu memang beresiko lantaran kau tidak tahu roh siapa yang terkoneksi denganmu. Roh iblispun sanggup masuk. Aku memutuskan mungkin hal itu yang ayahku khawatirkan. Namun sesudah menerima peringatan, saya tetap tidak sanggup menyingkirkan pikiran itu", terang Angela.

Suatu malam, tetangga Angela mengundangnya untuk minum dan mereka tertuju pada topik kehidupan sesudah kematian. Dari pembahasan itulah kemudian membuat mereka memutuskan untuk memakai Papan Ouija. "Di bawah cahaya lilin, kami bertiga duduk di lantai sambil bersila mengelilingi papan. Jantungku berdetak cepat dan bersemangat ketika kami meletakkan jari di papan dengan gelas minuman yang dibalik", tutur Angela. "Benda itu mulai bergerak tanpa arah. Robert, tetanggaku memulai pertanyaan: Dengan siapa Anda ingin berbicara? Gelas bergerak ke arah karakter yang dieja menjadi 'A-N-G-E-L-A'. Roh itu ingin berbicara denganku. Namun kata-kata berikutnya yang keluar yaitu 'd-i-e-b-i-t-c-h'". "Aku bilang: Itu tidak lucu. Namun Robert menjawab: Angela, kami tidak melaksanakan apapun. Dia menarik jarinya dari gelas dan pintu di ruangan itu tertutup kencang dengan sendirinya". "Saya bertanya: Siapa Anda? Dengan jari yang tersisa hanya jariku, gelas itu bergerak dengan cepat dan mengatakan: Saya dibunuh, itu telah tertulis sama halnya dengan dirimu. Lalu saya bertanya lagi: Siapa Anda? Dengan cepat gelas itu mengeja 'S-A-T A-N'. Aku kemudian berteriak: saya tidak takut dengan Anda!"

Setelah teriakan dari Angela. Papan itu secara tiba-tiba terbang dari meja dan menghantam dinding. Tetangga Angela sangat ketakutan, dan mereka menyalakan lampu kemudian bergegas mematikan lilin. "Kita dihentikan melaksanakan ini lagi", kata tetangga Angela. Angela menyampaikan kepada tetangganya jikalau bukan mereka yang menerima peringatan kalau akan dibunuh, melainkan hanya dirinya saja. Hal ini semakin membuat Angela ingin tau dan mengaku butuh isu yang lebih. Beberapa bulan kemudian, Angela membujuk tetangganya untuk melaksanakan lagi, namun roh itu tidak pernah kembali.

"Lalu suatu malam saya terbangun sambil berteriak dan berkeringat dari mimpi buruk. Aku bermimpi telah diserang oleh sosok laki-laki misterius dengan membawa palu", terang Angela. "Saat itu saya menyadari bahwa keadaan sudah di luar batas. Aku ketakutan setengah mati. Aku tidak akan bermain Papan Ouija lagi, saya bersumpah". Setelah tragedi itu, tetangganya dilaporkan telah pindah ke daerah yang baru, dan Angela berusaha melupakan tragedi itu. Namun, Angela menjelaskan bahwa pesan dari roh tersebut masih terus terngiang dalam pikirannya. "Aku takut keluar rumah dan jikalau saya melakukannya, saya merasa ada yang mengawasi", ungkapnya. "Tidak usang setelahnya, saya pergi mengunjungi anakku, Darren, yang tinggal tidak jauh dari kediamanku. Aku kemudian mengunci pintu rumahku dan melangkah menuju tangga teras". "Dari belakang terdengar bunyi menggeram menyerupai kata-kata yang tertulis ketika bermain Papan Ouija pada waktu itu. Aku terpaku dan ketakutan, saya berbalik dan melihat seorang laki-laki berbaju putih sambil memegang palu". "Aku berteriak ketika beliau menjatuhkan senjatanya ke kepalaku. Dia memukulku lagi hingga saya sanggup mencicipi darah hangat di wajahku". "Aku tidak sanggup melihat terang orang yang menyerangku, saya hanya ingin pergi. Sambil berlumuran darah saya berhasil hingga ke pintu dan pingsan. Terbangun di rumah sakit dengan perasaan galau dan kesakitan. Dokter bilang saya diserang dan mengalami kerusakan tengkorak kepala".

Penjelasan Ilmiah Permaianan Papan Ouija



Itu jikalau kita melihatnya dari sisi yang telah beredar di masyarakat, sebuah sugesti akan datangnya makhluk halus yang mempunyai dimensi diatas kita, dan memberi tahu rahasia-rahasia yang tidak ada yang tahu. Namun tentu saja, selalu ada klarifikasi ilmiah dibelakangnya. Mari kita lihat dari sisi ilmiahnya, sains selalu butuh penjelasan. Dan tentu saja, hal homogen hantu pun ada penjelasannya dalam sains. Termasuk permainan Ouija. Rupanya, sebuah efek yang disebabkan oleh sugesti yaitu penyebabnya. Efek Ideomotor. Efek Ideomotor yaitu sebuah efek dimana subjek melaksanakan sesuatu dengan keadaan sadar, menyerupai badan yang memproduksi air mata lantaran menanggapi sebuah emosi, atau gerakan-gerakan badan lainnya yang terjadi secara tidak sadar, dan tentu saja akan dikait-kaitkan dengan fenomena supernatural lantaran sang subjek merasa tidak melakukannya. Dalam kasus permainan Ouija, efek ini yang menimbulkan subjek, secara pribadi memilih gerakan tangannya, baik sadar maupun tidak. Sebuah kecendrungan atau impian secara tidak sadar untuk melihat sesuatu yang 'aneh' maupun 'seram' akan muncul, kemudian tangan kita bergerak perlahan lantaran impian kita sendiri yang lagi, merupakan impian yang tak kita sadari.

referensi:
/search?q=sejarah-singkat-tentang-papan-ouija
/search?q=sejarah-singkat-tentang-papan-ouija
/search?q=sejarah-singkat-tentang-papan-ouija

0 Response to "Menguak Misteri Ouija Papan Permainan Pemanggil Arwah"

Total Pageviews