Latest News

Pengertian, Manfaat Dan Jenis Jenis Jaringan Komputer

 manfaat dan jenis jenis jaringan komputer PENGERTIAN, MANFAAT DAN JENIS JENIS JARINGAN KOMPUTER

Pengertian, manfaat dan jenis-jenis jaringan komputer Jaringan komputer merupakan suatu sistem yang terdiri komputer dan perangkat lainnya yang dirancang untuk sanggup bekerja gotong royong dalam banyak sekali manfaat dan tujuan antara lain untuk berkomunikasi, jalan masuk informasi, mendapatkan maupun menunjukkan layanan. Bagian yang mendapatkan layanan disebut Client dan bab yang menunjukkan layanan disebut Server. Sistem ini dikenal sebagai sistem client-server yang sudah dipakai pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Pengertian jaringan komputer

Jaringan komputer merupakan sistem yang terdiri dari adonan beberapa perangkat komputer yang didesain untuk sanggup membuatkan sumber daya, berkomunikasi dan jalan masuk isu dari banyak sekali tempat.antar komputer yang satu dengan komputer yang lain.

Manfaat jaringan komputer

1. Berbagi sumber daya / pertukaran data
2. Mempermudah berkomunikasi / bertransaksi
3. Membantu jalan masuk informasi
4. Mampu menunjukkan jalan masuk isu dengan cepat dan up-to-date

Jenis-jenis jaringan komputer menurut jangkauan


1. LAN ( Local Area Network)
Local Area Network sering kita jumpai diperkantoran, kampus, maupun warnet. Jaringan ini sanggup menghubungkan lebih dari 2 komputer di ruangan jarak bersahabat (terbatas) sampai beberapa KM saja. Jaringan ini biasanya terdiri dari komputer, printer, dan perangkat lainnya.

2. MAN (Metropolitan Area Network)
Sesuai dengan namanya maka jenis jaringan ini menunjukkan layanan sampai wilayah yang luas dan kemampuan transfer datapun berkecepatan sangat tinggi. Wilayah yang sanggup menjadi cakupannya berkisar sampai 50 KM. MAN ini merupakan rangkaian LAN yang berukuran dan berjarak lebih besar.

3. WAN (Wide Area Network)
Jenis jaringan ini menunjukkan layanan lebih luas lagi dibanding MAN ialah sanggup menghubungkan suatu wilayah bahkan negara lain. WAN intinya merupakan kumpulan beberapa LAN yang ada di beberapa lokasi sehingga diperlukan sebuah device untuk menghubungkannya dan device itu kita sebut router.

Jenis-jenis jaringan komputer menurut fungsinya

1. Client - Server
Merupakan jaringan komputer yang dikhususkan sebagai client dan server, layanan ini bisa diberikan oleh 1 atau lebih komputer.

2. Peer-to-Peer
Merupakan jaringan komputer yang setiap host nya sanggup menjadi sebuah server atau menjadi client secara bersamaan.

Jenis-jenis jaringan komputer menurut topologi

1. Topologi Bus
2. Topologi Ring
3. Topologi Tree
4. Topologi Mesh
5. Topologi Linier
untuk penjelasannya silahkan anda klik tautan macam-macam topologi jaringan

Jenis-jenis jaringan komputer menurut media transmisi

1. Jaringan berkabel ( Wired Network)
Jaringan ini mengunakan media kabel dalam menghubungkan setiap komputer dalam jaringan

2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Jaringan ini tidak memakai media kabel sebagai alat pengbungnya, tetapi memakai gelombang elektromagnetik dalam setiap kiriman sinyal informasinya.

Demikianlah artikel pengertian, manfaat dan jenis jenis jaringan komputer, agar sanggup menunjukkan manfaat, salam blogger.


0 Response to "Pengertian, Manfaat Dan Jenis Jenis Jaringan Komputer"

Total Pageviews