Latest News

Bagaimana Menciptakan Catatan Kaki Artikel?

 Catatan kaki artikel biasanya dibentuk untuk memberikan pesan kepada pengunjung blog Bagaimana menciptakan catatan kaki artikel?
Catatan kaki artikel biasanya dibentuk untuk memberikan pesan kepada pengunjung blog. Baik itu ucapan terima kasih, ataupun peringatan untuk tidak melaksanakan copy paste tanpa menunjukkan kredit bagi blog kita.

Pada umumnya catatan kaki ini juga sudah terintegrasi dengan rich snippet, jadi rujukan yang diberikan kali ini akan memadukan catatan kaki dengan rich snippet review yang sudah dibentuk sebelumnya.

Makara untuk membuatnya ikuti langkah-langkah sederhana berikut ini:
  • Masuk ke dalam akun blogspot anda
  • Pilih sajian Template dan klik Edit HTML
  • Lanjutkan dan pilih Expand Widgets Template
  • Cari instruksi <data:post.body/>
  • Letakkan instruksi berikut di bawah instruksi <data:post.body/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div class='vcard' id='hcard-Ricky-Pratama' style='margin-top: 30px; padding: 10px; font-size: 12px; font-family: Arial; background: #ffe6a3; line-height: 1.3em; color: #cc0000'>
<span style='color:#cc0000; font-size:18px; margin-top:10px'>Terima Kasih Atas Kunjungan Anda</span><br/>
Judul: <span itemprop='itemreviewed'><data:post.title/></span><br/>
Ditulis Oleh <span class='fn n'><span class='given-name'><span itemprop='reviewer'><data:post.author/></span></span></span><br/>

<span style='text-align: justify'>Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel <b><a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a></b> ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya</span>
</div>
</b:if>
Keterangan instruksi di atas:
  • Kode dengan latar kuning yaitu instruksi untuk memerintahkan HTML code hanya dihukum pada halaman-halaman artikel saja. Makara instruksi ini tidak akan tampil di beranda blog.
  • kode latar biru yaitu kotak untuk tampilan instruksi ini. Saudara dapat mengubah warna untuk color dan background sesuai dengan selera. Jangan lupa mengubah nama Ricky-Pratama, menjadi nama saudara di blogger.
  • kode dengan latar hijau yaitu perintah untuk mengeksekusi instruksi rich snippet microdata review.
  • kode tercetak tebal warna merah yaitu instruksi yang diperlukan untuk menampilkan judul artikel dan URL artikel.
Catatan: Jika instruksi <data:post.body/> lebih dari satu, saudara dapat coba pasang salah satunya dulu. Jika tidak tampil segera pindahkan instruksi ini ke yang lainnya lagi.

Contoh tampilan dari instruksi di atas dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Demikianlah cara menciptakan catatan kaki artikel yang lengkap dengan rich snippet bintang lima. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu.

0 Response to "Bagaimana Menciptakan Catatan Kaki Artikel?"

Total Pageviews