Latest News

Cara Mengatasi Sumber Daya Yang Diblokir

Cara Mengatasi Sumber Daya Yang Diblokir Salah satu problem yang menciptakan kita pusing yaitu ketika mendapat pesan error sumber daya yang diblokir melalui Search Console atau kita lazim kita sebut Google Webmasters Tools (GWT).

Error ini sanggup terjadi alasannya yaitu sumber daya yang dipakai pada blog tidak sanggup dirayapi dengan tepat (diblokir) sehingga Googlebot tidak sanggup menggunakannya dengan baik ketika merender halaman itu.

Hampir sanggup dipastikan tidak ada blog yang tidak memakai CSS, JavaScript, atau gambar bertautan. Ketika sumber daya tersebut tidak sanggup dibaca dengan baik (diblokir) maka Search Console akan memperlihatkan warning ( peringatan ) tersebut bahwa ada pemblokiran yang dilakukan oleh robots.txt.

Padahal ketika melaksanakan ujicoba memakai penguji robots.txt di Search Console tidak terdapat pemblokiran alias semuanya DIIZINKAN.

Apabila robots.txt yang Anda pasang pada blog merupakan script yang umum (default robots.txt) dipakai maka sudah sanggup dipastikan laporan sumber daya yang diblokir (Blocked Resources Report) akan tampil banyak host yang terblokir. ( lihat gambar di bawah ).


Cara Mengatasi Sumber Daya Yang Diblokir CARA MENGATASI SUMBER DAYA YANG DIBLOKIR


CARA MEMBEBASKAN BLOKIR SUMBER DAYA



Nah, Salah satu upaya untuk membebaskan sumber daya yang diblokir yaitu dengan mengatur kembali robots.txt. Settinglah robots.txt blog Anda mendukung Googlebot merayapi setiap sumber daya yang dipakai dalam situs atau blog,

Anda sanggup gunakan settingan ibarat di bawah ini ( jangan lupa sesuaikan dengan sumber daya yang diblokir, lihat klarifikasi di artikel bab bawah juga yaa ) :

User-agent: Googlebot
Allow: /*.js
Allow: /*.css
Allow: /*.jpg
Allow: /*.png
Allow: /*.gif
Allow: /

User-agent: Adsbot-Google
Allow: /*.js
Allow: /*.css
Allow: /*.jpg
Allow: /*.png
Allow: /*.gif
Allow: /

Makara robots.txt di atas akan memperlihatkan keleluasaan perayapan terhadap sumber daya yang dipakai sebuah blog.


APA YANG TERJADI JIKA SUMBER DAYA DIBLOKIR ?



Seperti yang dijelaskan di atas bahwa tidak ada blog yang tidak memakai CSS, JavaScipt, dan Gambar. File - file ibarat itu harus sanggup terbaca oleh Googlebot sehingga Googlebot sanggup membaca dan melihat tampilan halaman artikel ibarat penglihatan seorang manusia. Googlebot perlu sanggup mengakses ke banyak sekali sumber di halaman Anda untuk sanggup merender dan mengindeksnya dengan baik dan optimal.

Jika perayapan sumber daya tidak sanggup dicapai dengan optimal oleh Googlebot maka hal ini akan menghipnotis peringkat halaman dalam penelusuran Google.

Lambat tapi pasti, Satu per satu artikel Anda akan turun peringkat bahkan hingga jauh terlempar ke halaman yang kesekian. Wuihhh.. Serem kan ... ?


CARA MELIHAT SUMBER DAYA YANG DIBLOKIR



Untuk sanggup mengatasi error sumber daya yang diblokir tentulah harus mengetahui File apa saja yang diblokir oleh robots.txt. Hal ini sanggup kita lakukan dengan memakai render (ambil sebagai Google) di Search Console.

Caranya :

1. Klik Sumber daya yang diblokir ( di Search Console )
2. Klik host (laman yang terpengaruh)
3. Klik sumber daya yang diblokir
4. Klik laman


Cara Mengatasi Sumber Daya Yang Diblokir CARA MENGATASI SUMBER DAYA YANG DIBLOKIR


5. Klik Ambil sebagai Google
6. Klik Ambil dan Render
7. Lihat bab Status, Bila seluruh maka tidak ada masalah.
8. Bila sebagian maka ada bab yang terblokir, Klik tanda >>
9. Lihat Tab Merender maka

akan terlihat jenis sumber daya yang diblokir alasannya yaitu Googlebot tidak menemukannya pada halaman tersebut (terblokir) dan harus ditambahkan ke dalam robots.txt semoga dibuka blokir nya sehingga sanggup ter-crawl dengan baik dan sempurna.

Saya kira itu saja cara mengatasi sumber daya yang diblokir robots.txt semoga sanggup memperlihatkan manfaat. Salam sukses.


0 Response to "Cara Mengatasi Sumber Daya Yang Diblokir"

Total Pageviews