Istilah-istilah yang dipakai dalam Toko Online Toko Online atau Online Shop semakin hari semakin diminati orang dalam bertransaksi di dunia maya. Kemudahan transaksi yakni salah satu alasan yang paling banyak ditemui. Selain itu efisien dalam mencari dan menentukan produk yang diinginkan melengkapi alasan sebelumnya.
Untuk bertransaksi di toko online Anda hanya perlu mempunyai koneksi internet, Lalu mengunjungi situs-situs online shop, mencari produk yang diinginkan, kemudian membayar sejumlah uang sejumlah yang tertera. Dan hanya dalam hitungan hari, produk yang telah Anda beli akan datang di rumah. Sangat gampang bukan ...?
Bagi Anda yang sudah pernah atau sering kali bertransaksi di toko online tentu tidak absurd dengan banyak sekali istilah yang dipakai dalam toko online. Namun bagi orang awam tentu akan merasa absurd dan tidak mengerti akan bahasa yang digunakan.
Nah, Bagi Anda yang masih awam mengenali istilah-istilah tersebut, berikut ini telah saya buatkan rangkumannya untuk membantu Anda memahaminya. Silahkan disimak aja yaa :
1. COD
Istilah ini sering kali dipakai dalam transaksi online, COD yang merupakan singkatan dari Cash On Delivery yaitu suatu transaksi yang terjadi melalui perjanjian bertemu di suatu tempat. Kaprikornus istilah kasarnya ada barang ada uang, Saat penyerahan barang maka uang eksklusif dibayarkan ketika itu juga. Banyak pembeli yang menentukan cara ini untuk menghindari terjadinya penipuan.
baca juga : Cara Membuat Toko Online Gratis
2. Sold
Artinya barang sudah terjual. Kaprikornus setiap barang yang telah laris (terjual) biasanya ditandai dengan kata sold.
3. Resi
Resi di sini biasanya berupa secarik bukti pengiriman barang yang dipesan. Resi ini akan menambah keyakinan pembeli bahwa barang yang dipesan sudah diserahkan ke jasa pengiriman barang.
Misalnya pengiriman melalui JNE, Ketika final menyerahkan barang akan diberikan secarik kertas berisikan nama dan alamat penerima, nama dan alamat pengirim, berat barang. Secarik kertas inilah yang disebut dengan resi. Kaprikornus sesudah Anda membeli suatu produk, Anda berhak untuk menagih resi kepada si penjual.
4. Ongkir (Ongkos Kirim)
Yaitu biaya pengiriman barang yang dikenakan dalam suatu transaksi (pembelian). Umumnya biaya ini dibebankan kepada pembeli dari penjual. Biaya ini sangat tergantung kepada jarak pengirim ke tujuan dan berat produk yang dibeli. Kaprikornus jangan lupa tanyakan kepada penjual berapa ongkos kirim ketika membeli suatu produk.
5. Buyer
Artinya pembeli atau orang yang akan membeli suatu barang di toko online.
6. Seller
Artinya penjual barang atau pemilik toko online
7. Reseller
Adalah pelaku bisnis atau orang yang menjual kembali produk maupun jasa dari distributor, produsen atau pemilik toko online yang telah mereka gandeng. Seorang reseller biasanya perlu melaksanakan persediaan barang atau produk yang akan dijual.
8. Dropship
Suatu kolaborasi pemasaran online dimana para pelaku bisnis toko online atau penjual tidak perlu menyimpan stok barang banyak, Karena ketika mendapat orderan dari konsumen maka penjual eksklusif meneruskan detail pengiriman kepada pemilik toko online, produsen, atau distributor.
9. Return
Artinya mengembalikan produk yang telah dibeli, Proses return sanggup terjadi ketika seseorang mendapat barang yang tidak sesuai dengan kriteria pesanan. Tentunya harus didahului dengan persetujuan atau perjanjian yang berlaku antara penjual dan pembeli ketika bertransaksi.
10. Refund
Sedangkan refund berarti membatalkan transaksi yang sudah disetujui. Proses refund biasanya terjadi ketika ada kesalahan teknis menyerupai uang sudah terlanjur di transfer, ternyata stok barang kosong. Sehingga pihak pembeli sanggup meminta refund atau pengembalian uang.
11. Testimonial
Testimonial yakni pernyataan dari pihak pembeli mengenai suatu produk yang telah dijual. Fungsinya ialah sebagai materi evaluasi terhadap barang yang diperjual belikan.
14. Out Of Stock
Merupakan kebalikan dari Ready Stock, yaitu stok barang yang akan dibeli sedang tidak ada (kosong).
15. DP ( Down Payment)
DP yakni pembayaran yang dilakukan oleh pembeli kepada penjual, Jumlah yang dibayarkan tidak seluruhnya. biasanya sekitar 10% dari keseluruhan transaksi. Namun tidak menutup kemungkinan pembayaran di atas 10 %.
16. FP (Full Payment)
Kebalikan dari DP, Pembeli melaksanakan pembayaran secara menyeluruh terhadap harga yang telah ditentukan.
Nah, itulah beberapa istilah yang dipakai dalam toko online. Masih banyak istilah yang juga digunakan, namun istilah di atas yakni yang umum digunakan. Semoga sanggup memperlihatkan manfaat.
Untuk bertransaksi di toko online Anda hanya perlu mempunyai koneksi internet, Lalu mengunjungi situs-situs online shop, mencari produk yang diinginkan, kemudian membayar sejumlah uang sejumlah yang tertera. Dan hanya dalam hitungan hari, produk yang telah Anda beli akan datang di rumah. Sangat gampang bukan ...?
Bagi Anda yang sudah pernah atau sering kali bertransaksi di toko online tentu tidak absurd dengan banyak sekali istilah yang dipakai dalam toko online. Namun bagi orang awam tentu akan merasa absurd dan tidak mengerti akan bahasa yang digunakan.
Nah, Bagi Anda yang masih awam mengenali istilah-istilah tersebut, berikut ini telah saya buatkan rangkumannya untuk membantu Anda memahaminya. Silahkan disimak aja yaa :
Istilah Dalam Toko Online
1. COD
Istilah ini sering kali dipakai dalam transaksi online, COD yang merupakan singkatan dari Cash On Delivery yaitu suatu transaksi yang terjadi melalui perjanjian bertemu di suatu tempat. Kaprikornus istilah kasarnya ada barang ada uang, Saat penyerahan barang maka uang eksklusif dibayarkan ketika itu juga. Banyak pembeli yang menentukan cara ini untuk menghindari terjadinya penipuan.
baca juga : Cara Membuat Toko Online Gratis
2. Sold
Artinya barang sudah terjual. Kaprikornus setiap barang yang telah laris (terjual) biasanya ditandai dengan kata sold.
3. Resi
Resi di sini biasanya berupa secarik bukti pengiriman barang yang dipesan. Resi ini akan menambah keyakinan pembeli bahwa barang yang dipesan sudah diserahkan ke jasa pengiriman barang.
Misalnya pengiriman melalui JNE, Ketika final menyerahkan barang akan diberikan secarik kertas berisikan nama dan alamat penerima, nama dan alamat pengirim, berat barang. Secarik kertas inilah yang disebut dengan resi. Kaprikornus sesudah Anda membeli suatu produk, Anda berhak untuk menagih resi kepada si penjual.
4. Ongkir (Ongkos Kirim)
Yaitu biaya pengiriman barang yang dikenakan dalam suatu transaksi (pembelian). Umumnya biaya ini dibebankan kepada pembeli dari penjual. Biaya ini sangat tergantung kepada jarak pengirim ke tujuan dan berat produk yang dibeli. Kaprikornus jangan lupa tanyakan kepada penjual berapa ongkos kirim ketika membeli suatu produk.
5. Buyer
Artinya pembeli atau orang yang akan membeli suatu barang di toko online.
6. Seller
Artinya penjual barang atau pemilik toko online
7. Reseller
Adalah pelaku bisnis atau orang yang menjual kembali produk maupun jasa dari distributor, produsen atau pemilik toko online yang telah mereka gandeng. Seorang reseller biasanya perlu melaksanakan persediaan barang atau produk yang akan dijual.
8. Dropship
Suatu kolaborasi pemasaran online dimana para pelaku bisnis toko online atau penjual tidak perlu menyimpan stok barang banyak, Karena ketika mendapat orderan dari konsumen maka penjual eksklusif meneruskan detail pengiriman kepada pemilik toko online, produsen, atau distributor.
9. Return
Artinya mengembalikan produk yang telah dibeli, Proses return sanggup terjadi ketika seseorang mendapat barang yang tidak sesuai dengan kriteria pesanan. Tentunya harus didahului dengan persetujuan atau perjanjian yang berlaku antara penjual dan pembeli ketika bertransaksi.
10. Refund
Sedangkan refund berarti membatalkan transaksi yang sudah disetujui. Proses refund biasanya terjadi ketika ada kesalahan teknis menyerupai uang sudah terlanjur di transfer, ternyata stok barang kosong. Sehingga pihak pembeli sanggup meminta refund atau pengembalian uang.
11. Testimonial
Testimonial yakni pernyataan dari pihak pembeli mengenai suatu produk yang telah dijual. Fungsinya ialah sebagai materi evaluasi terhadap barang yang diperjual belikan.
12. PO
PO atau Pre Order yakni proses pemesanan suatu barang yang posisi barangnya akan dipesankan oleh penjual. Pembeli perlu memesan dan membayar terlebih dahulu, Kemudian penjual (pemilik toko online) akan memesankan barang yang telah dipesan oleh pembeli.
PO atau Pre Order yakni proses pemesanan suatu barang yang posisi barangnya akan dipesankan oleh penjual. Pembeli perlu memesan dan membayar terlebih dahulu, Kemudian penjual (pemilik toko online) akan memesankan barang yang telah dipesan oleh pembeli.
13. Ready Stock
Artinya barang tersedia dan siap dibeli oleh calon pembeli.
Artinya barang tersedia dan siap dibeli oleh calon pembeli.
Merupakan kebalikan dari Ready Stock, yaitu stok barang yang akan dibeli sedang tidak ada (kosong).
DP yakni pembayaran yang dilakukan oleh pembeli kepada penjual, Jumlah yang dibayarkan tidak seluruhnya. biasanya sekitar 10% dari keseluruhan transaksi. Namun tidak menutup kemungkinan pembayaran di atas 10 %.
Kebalikan dari DP, Pembeli melaksanakan pembayaran secara menyeluruh terhadap harga yang telah ditentukan.
Nah, itulah beberapa istilah yang dipakai dalam toko online. Masih banyak istilah yang juga digunakan, namun istilah di atas yakni yang umum digunakan. Semoga sanggup memperlihatkan manfaat.
0 Response to "Istilah-Istilah Yang Dipakai Dalam Toko Online"